Khulafaur Rasyidin (Sahabat Nabi)

Khulafaur Rasyidin (bahasa Arab: الخلفاء الراشدون) atau Khalifah Ar-Rasyidin adalah empat orang khalifah (pemimpin) pertama agama Islam, yang dipercaya oleh umat Islam di seluruh dunia sebagai penerus kepemimpinan Nabi Muhammad, bukan penerus Nabi tapi sebatas penerus kepemimpinan (Presiden).Sepeninggal Wafat Beliau. Keemapat Sahabat Nabi ini adalah empat orang yang paling dekat dengan Nabi semasa kerasulan Nabi Muhammad SAW. bukan diambil dari garis keturunan nabi, tapi diambil dari segi kredibilitas semasa perjuangan penyebaran agama Islam semasa kerasulan Nabi Muhammad SAW.

1. Abu Bakar As Sidiq (Abdullah ibni Abi Quhaafah)
Abu Bakar As Sidiq adalah salah satu sahabat yang paling dekat dengan rasul, beliau juga termasuk kedalam Assabiqunal Awwalun yaitu orang yang pertama kali masuk Islam.

Beliau dilahirkan di tahun yang sama dengan Rasulullah yaitu anatara 571/571 Masehi di tanah suci Mekah, Nama asli beliau adalah Abdullah ibni Abi Quhaafah, Abu bakar sendiri bukan lah nama asli, arti abu bakar sendiri adalah 'ayah gadis', yaitu ayah dari siti Aisyah istri Rasulullah SAW.

Sementara gelar As Sidiq beliau dapatkan ketika peristiwa Isra' Mi'raj Rasulullah, beliau yang langsung mempercai kebenaran Isra' Mi'raj tanpa banyak bertanya kepada Rasul, karena beliau menganggap semua yang di ungkapkan oleh Rasul adalah benar kebenarannya.

Masuk Islam
Awal kedatangan islam, pemeluknya adalah orang-orang tertindas, dan para pemuda yang haus akan keadilan di kota mekah, tetapi meskipun abu bakar termasuk dari golongan yang kuat memutuskan untuk bergabung dengan Islam, dan menjadi dorongan yang kuat untuk orang lain memeluk islam bersama Abu Bakar. 

Abu Bakar adalah satu-satu nya teman nabi yang ikut hijrah ke Madinah pada tahun 622 Masehi, beliau bersama Rasul menyusuri tandus nya padang pasir dan selalu melindungi Nabi di perjalanan.

Khalifah Pertama
Selepas Wafat nya baginda Rasulullah SAW, Abu Bakar lah yang memegang kursi pemerintahan Islam, bukan menggantikan tugas Rasul sebagai Nabi, tetapi sebatas menggantikan tahta pemimpin Negara kala itu. Abu Bakar adalah khalaifah pertama.

Wafatnya Abu Bakar
Abu Bakar As Sidiq menjadi khalifah dalam kurun waktu 2 tahun. Abu Bakar meninggal pada tanggal 23 Agustus 634 di Madinah. Beliau dimakamkan di samping makam Rasullullah SAW. Selanjutnya posisi khalifah digantikan oleh Umar bin Khatab.

2. Umar bin Khatab
Umar bin Khattab dilahirkan 12 tahun setelah kelahiran Rasulullah. Ayahnya bernama Khattab dan ibunya bernama Khatamah. Perawakannya tinggi besar dan tegap dengan otot-otot yang menonjol dari kaki dan tangannya, jenggot yang lebat dan berwajah tampan, serta warna kulitnya coklat kemerah-merahan.

Umar bin Khattab Masuk Islam
Umar bin Khatab adalah orang yang paling keras menetang ajaran Rasul, beliau adalah orang yang patuh pada ajaran Nenek moyang sebelum memeluk islam, Baliau memeluk Islam pada tahun ke-6 masa kenabian tiga hari setelah Hamzah bin Abdul Muthalib masuk Islam.

Kepemimpinan Umar bin Khattab
Keislaman dan kepemimpinan beliau memberikan andil yang sangat kuat bagi kerajaan Islam. Beliau berhasil menaklukkan Persia, Mesir, Syam, Irak, Burqah, Tripoli bagian barat, Azerbaijan, Jurjan, Basrah, Kufah dan Kairo. juga Suriah dan Palestina, yang kala itu menjadi bagian Kekaisaran Byzantium. Dalam pertempuran Yarmuk (636 M), pasukan Islam berhasil memukul habis kekuatan Byzantium. dan masih banyak lagi yang di taklukan pada masa kepemimpinan beliau.

Beliau juga adalah orang yang sangat cerdas, beliau lah yang pertama kali menghimpun Al-Qur'an dalam bentuk mushaf, dan juga menerapkan sistem kalender hijriah, dan banyak lagi jasa beliau semasa kepemimpinannya.

Wafatnya Umar bin Khattab
Pada hari Rabu bulan Dzulhijah tahun 23 H Umar Bin Kattab wafat. Beliau ditikam ketika sedang melakukan shalat Subuh oleh seorang Majusi yang bernama Abu Lu’luah (al Fairus dari Persia), budak milik al Mughirah bin Syu’bah diduga ia mendapat perintah dari kalangan Majusi. Umar bin Khattab dimakamkan di samping Rasulullah dan Abu Bakar, beliau wafat dalam usia 63 tahun.

3. Utsman bin Affan
Utsman bin Affan (sekitar 574 –656) adalah sahabat Nabi Muhammad SAW yang merupakan Khulafaur Rasyidin yang ke-3. Nama lengkap beliau adalah Utsman bin affan Al-Amawi Al-Quarisyi, berasal dari Bani Umayyah. Lahir pada tahun keenam tahun Gajah. Kira-kira lima tahun lebih muda dari Rasullulah SAW. gelar nya Dzunnurrain yang berarti 2 cahaya.

Masa Kekhalifahan
Tiga hari setelah Umar bin Khatab wafat, di adakanlah musyawarah untuk mencari pengganti pemimpin islam kala itu, hasil sidang itu menetapkan 2 calon kuat yaitu Usman dan Sayidina Ali, dan karena Usman lebih tua dari Ali juga hasil pemilihan menunjuk Usman yang harus menjadi pemimpin, maka Usman bin Affan lah yang menggantikan kepemimpinan Umar bin Khatab dan menjadi Khalifah yang ke 3.

Beliau adalah yang memerintahkan pembangunan dan perluasan Masjidil Haram dan Mesjid Nabawi di Madinah karena banyaknya jama'ah yang melakukan ibadah haji, dan berikut garis besar jasa beliau :
  • Menaklukan Syiria, kemudian mengakat Mu’awiyah sebagai Gubernurnya.
  • Menaklukan Afrika Utara, dan mengakat Amr bin Ash sebagai Gubernur disana.
  • Menaklukan daerah Arjan dan Persia.
  • Menaklukan Khurasan dan Nashabur di Iran.
  • Memperluas Masjid Nabawi, Madinah dan Masjidil Haram, Mekkah.
  • Membakukan dan meresmikan mushaf yang disebut Mushaf Utsamani, yaitu kitab suci Al-qur’an yang dipakai oleh seluruh umat islam seluruh dunia sekarang ini. Khalifah Ustman membuat lima salinan dari Alquran ini dan menyebarkannya ke berbagai wilayah Islam.
  • Setiap hari jum’at beliau memerdekakan seorang budak (bila ada)
Banyak sekali kekacauan di masa pemerintahan beliau karena fitnah dan juga kebencian terhadap beliau, karena salah seorang gubernur yang di pecat, itu pun beliau lakuakan karena amanat dan wasiat dari Umar bin Khatab.

Wafatnya Usman bin Affan
Beliau wafat pada bulan haji tahun 35 H. dalam usia 82 tahun setelah menjabat sebagai Khalifah selama 12 tahun. Beliau dimakamkan di kuburan Baqi di Madinah.

4. Ali Bin Abi Thalib
Ali dilahirkan di Mekkah, daerah Hijaz, Jazirah Arab, pada tanggal 13 Rajab. Menurut sejarawan, Ali dilahirkan 10 tahun sebelum dimulainya kenabian Muhammad, sekitar tahun 599 Masehi atau 600 (perkiraan). Ali bin Abi Thalib adalah salah satu orang yang pertama kali beriman dengan Rasulullah SAW meskipun dia saat itu masih kecil. Dia adalah putera Ali bin Abi Thalib paman Rasulullah SAW dan di nikahkan dengan puterinya yang bernama Fatimah yang dari pihak inilah Rasulullah memperoleh keturunan. Ali semanjak kecilnya sudah dididik dengan adab dan budi pekerti Islam, dia termasuk orang yang sangat fasih berbicara dan pengetahuannya juga tentang Islam sangat luas sehingga tidak heran dia adalah salah satu periwayat yang terbanyak meriwayatkan hadits Rasulullah SAW.

Kepemimpinan Ali bin Abi Thalib
Setelah wafatnya Khalifah Usman, seluruh kaum muslimin meminta Ali bin Abi Thalib untuk menduduki kursi pemerintahan saat itu, karena menurut mereka tidak ada lagi selain Ali yang mampu menggantikan Khlaifah Usman

Dalam menjalankan kepemerintahan Ali melakukan kebijakan politik seperti sebagai berikut:
  • Menegakkan hukum finansial yang dinilai nepotisme yang hampir menguasai seluruh sektor bisnis.
  • Memecat Gubernur yang diangkat Usman bin Affan dan menggantinya dengan gubernur yang baru
Masa pemerintahan Ali yang kurang lebih selama lima tahun (35-40 H/656-661 M). semasa pemerintahan Ali, banyak sekali perang yang terjadi, diantaranaya Perang Jamal, Perang Shifin dan Tahkim. Ali bin Abi Thalib juga dikenal juga seorang penyair ternama. Seperti syair berikut:

“Janganlah kamu berlaku aniaya jika kamu mampu berlaku adil, karena tindak aniaya akan berujung pada .....,
Syair-syair Ali akhirnya dibukukan dalam kitab Nahj Al-Balaghah.

Wafatnya Ali Bin Abi Thalib
Sayidina Ali Karramallahu Wajhah wafat pada tanggal 19 Ramadhan tahun 40 H./661M.

Demikian runtutan Khulafaur Rasyidin dan sepenggal cerita nya masing-masing.
Mohon maaf bila ada kesalahan atau kehilafan. Semoga bermanfaat.
Tags :

Related : Khulafaur Rasyidin (Sahabat Nabi)

0 Response to "Khulafaur Rasyidin (Sahabat Nabi)"

Post a Comment

PERHATIAN !!!

Terima Kasih Telah Berkunjung.
Saya sangat senang dengan pengunjung saya yang memberikan komentar setiap kali selesai membaca artikel saya, itu adalah cara untuk memberitahu saya bahwa dia telah membaca artikel saya, dan membuat saya dengan senang hati akan mengunjungi blog pengunjung tersebut (jika pengunjung mempunyai blog)

- Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan
- No Link Aktif
- Boleh Rekomendasi
- Suka ? Bagikan !