4 Teknik Rahasia SEO Abadi Yang Akan Berguna Selamanya

Sebenarnya saya belum pantas membicarakan tentang Search Engine Optimization yang selalu anda sebut dengan SEO, karena memang saya adalah blogger yang tidak suka bergeming soal SEO ini. Saya adalah blogger yang hanya mengandalkan update rutin (yang kata ahli seo adalah kesia-siaan semata) dan webmaster tools.

Tetapi saya kemarin Alhamdulillah saya di longok (karena saya sedang sakit), oleh blogger yang juga adalah ahli SEO, yang mempunyai banyak blog, blogger asal bandung, beliau awalnya tidak membahas tentang dunia kami (blogging), tetapi ujung-ujungnya saya bertanya kepada beliau "Sudah sadar SEO itu tidak penting ?", beliau malah menjawab dengan nada sinis "harusnya saya yang bertanya sebaliknya", dan kami pun sedikit berdebat.

Yang menjadi pokok pembahasan kemarin adalah beliau mengakui bahwa SEO tidak terlalu penting, saya katakan seperti ini "Jika anda menerapkan SEO tahun ini, kemudian teknik tersebut tidak berlaku tahun depan apa yang terjadi ?" beliau menjawab "Sia-sia saja optimasi seperti itu malah akan merusak blog dari SERP", kemudian saya tambahkan pertanyaan saya seperti ini 'Apa yang anda lakukan jika anda tidak tau letak SEO yang anda terapkan tahun ini, jika sekarang ini adalah tahun depan", beliau sedikit terdiam karena memang banyak yang menerapkan SEO tanpa tau apa fungsi dan dimana itu ditempatkan, artinya jika semua itu sudah tidak berguna malah akan merusak blog anda, beliau pun mengambil kesimpulan, bahwa "SEO tidak penting untuk yang tidak mengerti, jangan asal menerapkan SEO jika anda tidak tau fungsinya", cukup bijak sana menurut saya.

Kemudian karena dia mengalah saya pun mengajukan pertanyaan seputar SEO, saya tanyakan seperti poin-poin dibawah ini :

SEO On Page dan SEO Off Page yang terpenting ?
Beliau menjawab, keduanya sama penting, tapi merujuk pada perbincangan kami tadi, bahwa beliau mempunyai kesimpulan, SEO on Page lebih penting, karena hal tersebut adalah optimasi pada blog nya itu sendiri, tanpa campur tangan dari luar, dan jika teknik seo sudah tidak berlaku, kita tau dimana letak yang tidak berlakunya, karena kita sendiri yang menerapkan.

Tahun sebelumnya google telah mendatangkan algoritma terbaru yang bisa membantai teknik SEO jadul, ini artinya teknik SEO yang telah dibantai tadi akan menjadi boomerang bagi blog kita sendiri, langkah yang bisa di ambil adalah, sebelum dibantai algoritma google sebaiknya kita bantai teknik jadul pada optimasi yang telah kita lakukan, jawaban yang sempurna yang semakin memperkuat keyakinan saya. kemudian saya tanyaan lagi seperti ini

Adakah Teknik SEO Abadi, yang Akan Berguna Selamanya ?
Beliau pun sedikit terdiam kemudian membuak laptop dan memberikan ramuan rahasia, karena beliau ini adalah master SEO, beliau pun mempunyai sejarah dan catatan penting tentang SEO dari tahun ke tahun.

Beliau menjawab dengan sedikit tersenyum, beliau bilang "ada", dan isi nya ada 6 poin, rahasia SEO yang abadi yang akan berguna selamanya, beliau pun dengan yakin mengatakan bahwa 6 teknik ini tidak akan mengalami perubahan untuk selamanya :

1. Gunakan Template SEO Friendly dan Responsive
Tampilan blog menjadi perhatian pertama para ahli SEO, ini di ibaratkan sebuah tempat tinggal yang isi nya adalah barang-barang berharga, barang berharga tersebut adalah kumpulan artikel kita. Agar tempat kita mudah dicari dan tamu betah, maka rumah kita harus bersih dan ramah lingkungan.

SEO friendly bertugas untuk memudahkan Spider Google mendeteksi dan menemukan artikel kita, Responsive adalah sebagai penyeimbang tampilan untuk dapat menyesuaikan blog jika dibuka di layar ukuran berapapun akan mengikuti layar tersebut, jelas template  seperti ini akan menjadi teknik SEO yang abadi. Jika anda mencari template gratis, kunjungi saja, Kumpulan template SEO Friendly, sekali klik dapat banyak.

2. Konten Original
Konten juga termasuk sebagai teknik SEO yang abadi, tetapi bukan asal konten, konten disini adalah konten original dan berkualitas, jelas sekali bahwa ini adalah pokok utama dalam sebuah blog, kita analogikan, blog tanpa SEO masih sah, tetapi blog tanpa konten ? hmm jawab sendiri saja, saya pernah mengulas tentang konten yang abadi juga, mungkin anda bisa mempelajarinya, Konten All Time

3. Hidupkan Blog Anda
Hidupkan blog anda bukan berarti blog anda jalan-jalan, bukan itu, tapi hidupkan blog anda dengan membuat artikel satu saja dalam sehari, ini akan membuat blog anda hidup, juga jawab setiap komentar untuk membuat blog anda lebih hidup lagi.

4. Webmaster Tools
Sebenarnya SEO abadi itu adalah poin 4 ini, tetapi poin satu sampai 3 bukan berarti palsu, tapi poin empat ini adaah yang sesungguhnya tidak akan pernah mati atau abadi, cobalah untuk merawat blog anda di webmaster tools, mau itu google ataupun bing, dan selalu perhatikan kesehatan blog anda, mulai dari broken link, duplicate tittle dan lainnya lagi, ini jelas akan menjadikan blog anda mempunyai SEO abadi.

Dan setelah terbongkarnya poin satu sampai empat, kini akhirnya sang Master SEO teman saya itu pamit pulang, dan saya pun akhirnya harus menutup artikel ini dengan kata, terima kasih telah membaca artikel saya.
Tags :

Related : 4 Teknik Rahasia SEO Abadi Yang Akan Berguna Selamanya

9 Responses to "4 Teknik Rahasia SEO Abadi Yang Akan Berguna Selamanya"

  1. Terus share master biar banyak belajar kita . hhehe
    Terimakasih selalu berbagi ilmu pengetahuan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Alhamdulillah, tapi bukan master ah hahaa

      Delete
  2. nah itu yang saya cari kang imam, saya baru di blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayu kang belajar sama-sama, kebetulan sekali saya menyediakan tutorial buat para pemula, karena saya juga pemula hehe

      Delete
  3. Kebetulan saya sudah menerapkan point 4. Mendaftarkan blog ke Google Webmaster dan Google Analytics tapi masih banyak yang belum paham tools dan fungsinya. Kalau untuk melihat jumlah pengunjung itu kan harus masuk Google Analytics Ya ? dan untuk mengetahui pengunjung itu kan ada grafiknya. Kalau untuk mengetahui jumlah pengunjungnya berapa, misal hari ini 100 tapi bukan grafik itu gimana ya master ? Blog saya kan masih baru,mungkin juga belum ada pengunjungnya. Tapi saya sering membuka blog saya sendiri lewat opera mini dan chrome di ponsel. Kelihatannya lucu ya, mengunjungi blognya sendiri. Apakah aktivitas mengunjungi blog milik kita sendiri itu tercatat sebagai pengunjung ya ? Haduh pertanyaannya lugu banget hehe... tolong dijawab ya master ! Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih tercatat sebagai pengunjung juga meskipun kita mengunjungi blog kita sendiri, tapi kalau tidak mau tercatat sebagai pengunjung dan paeview bisa diatasi dengan cara memberikan perintah ada statistic bloggernya, itu ada di statistik kemudian "Mengelola pelacakan tayangan laman Anda sendiri" tapi itu sebatas ngeblog browser kita sendiri.

      kalau google analytic saya kurang memahami setiap toolsnya, soalnya saya juga jarang pakai, hanya mendaftarkan blog saja.

      dan satu lagi saya bukan master hehe

      Delete
  4. Kang saya mohon ijin untuk menulis ulang artikel akang....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh kang, tp rada d bedakeun we nya hehe

      Delete
  5. untuk point 4 mungkin bisa di ulas lebih lanjut lagi mas..

    ReplyDelete

PERHATIAN !!!

Terima Kasih Telah Berkunjung.
Saya sangat senang dengan pengunjung saya yang memberikan komentar setiap kali selesai membaca artikel saya, itu adalah cara untuk memberitahu saya bahwa dia telah membaca artikel saya, dan membuat saya dengan senang hati akan mengunjungi blog pengunjung tersebut (jika pengunjung mempunyai blog)

- Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan
- No Link Aktif
- Boleh Rekomendasi
- Suka ? Bagikan !