5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Blogger Pemula. Ini Sangat Penting Untuk Diperhatikan

Semalaman tidak tidur, hingga pagi seperti ini belum bisa tidur juga, akhirnya saya memberikan komentar pada blog teman saya yang menggunakan jenis iklan pop up dari salah satu penyedia iklan yang tidak bisa saya sebutkan disini, kenapa saya mau mengomentari blog tersebut ? karena itu blog teman saya, dia dan saya sama-sama sedang berjuang menjadi blogger sesunggunya.

Itu hanya sedikit intermezzo pagi ini, kenapa saya bahas pembuka seperti itu, karena pembahasan kali ini masih berkaitan dengan hal tersebut, atau yang patut dihindari dari seorang blogger.

5 Kesalahan Para Blogger Pemula
Banyak sekali blogger pemula termasuk saya yang melakukan kesalahan yang fatal, bukan fatal sih karena masih bisa di tanggulangi, kesalahan yang sering di lakukan blogger pemula sebenarnya sangat banyak sekali, tetapi saya akan membahas 5 kesalah blogger termasuk topik obrolan tadi dengan Pak Andri, blogger yang sama-sama berjuang dengan saya.


Saya menuliskan 5 kesalahan ini adalah untuk menjadi perhatian dan semoga saja bisa membantu teman-teman blogger yang baru menggeluti dunia blogging. Sebenarnya ini adalah pengalaman saya, dan ini sangat berharga ketika saya pertama kali juga masuk di dunia blogging, ini dia :

1. Terlalu Percaya Blogger Lama (Senior)
Percaya sama orang lain memang sangat diharuskan apa lagi ketika kita sedang tahap belajar, blogger senior biasanya memberikan saran lewat artikel-artikelnya, dan ada juga blogger senior yang langsung memberitahukan tanpa artikel. Contoh : Saya mencari template yang bagus, kemudian ada senior yang mengatakan bahwa template yang bagus itu adalah yang ini ini ini, tapi saya tidak melihat template model seperti itu di blog nya, ini perlu sedikit diperhatikan, karena apa yang dikatakan harus dengan bukti setuju ?

Lain lagi dengan kasus artikel, ada blogger yang mengulas tentang "Cara mengatasi pencurian konten dengan script anti copas", tetapi ketika di coba eh artikel dia sendiri masih bisa di copas, ini kan sama saja dia tidak menerapkan apa yang dibagikan pada blognya, suruh sehat tapi dia sendiri tidak sehat, benar tidak ?

Beda lagi dengan kasus seperti ini, ada blogger yang mengatakan bahwa kita harus begini begitu agar blog kita seperti itu. Dan kita lihat blog orang yang mengatakan seperti tadi menerapkannya juga di blog kita, nah orang seperti ini yang seharusnya di ikuti tetapi perlu di lihat juga, orang tersebut meyakinkan apa tidak dengan apa yang dibicarakannya.

Intinya jangan terlalu banyak percaya sama orang, jika orang itu hanya bicara tanpa menerapkannya, ini bisa menjadi fatal buat anda jika mengikuti tanpa penyelidikan yang lebih lanjut.

2. Percaya Hal-hal Gaib (Mendapatkan banyak uang lewat blog)
Ini masih berhubungan dengan poin satu, percaya sama hal-hal gaib kalau menurut ajaran islam itu adalah hal yang diharuskan, tetapi kalau di dunia blogging jangan sampai deh. Percaya hal gaib disini adalah percaya script dan alat SEO yang bisa menaikan popularitas blog anda.

Kenapa tidak boleh, seperti yang pernah saya bilang di artikel saya sebelumnya bahwa hanya ada beberapa Teknik SEO yang abadi, selebihnya bisa saja termakan oleh waktu, ini yang paling berbahaya dari percaya hal gaib lewat script, anda menerapkan script pada HTML milik anda tanpa tau apa itu sebenarnya alias tidak anda pelajari terlebih dahulu, mending kalau kode tersebut nyata tidak berbahaya, kalau berbahaya bagaimana ? meskipun tidak berbahaya apakah anda bisa menghapusnya di kemudian hari, hayoo ?

Itu kalau soal kode script, sekarang alat SEO yang saya sebut gaib pula, yaitu backlink yang melimpah dari Backlink Generator, ini jelas lebih bahaya bagi kesehatan blog, kenapa berbahaya ? Karena sekali submit URL kita ke situs generator tersebut biasanya mendapatkan langsung ribuan backlink dari blog-blog yang tidak kita ketahui bagaimana kalau dari situs porn* atau situs perjuadian, kan bahaya. Apalagi gratisan, teknik SEO gratis biasanya 30% bermanfaat dan selebihnya merugikan, saya pernah membuktikannya sendiri. 

Meskipun mereka sebut kalau situs backlink generatos yang mereka rekomendasikan aman dari situs terlarang ini masih patut di waspadai, dari yang saya tau, backlink berlebih dalam satu hari ini bisa menyebabkan spamming pada blog kita, 1000/hari bukan bagus tapi jelek dan sangat jelek.

3. Sering Mengganti Template
Nah ini juga pengalaman saya, sering mengganti template malah membuat blog kita tidak bagus, kenapa tidak bagus ? karena perlu anda ketahui, struktur template meskpun telah anda ganti dengan yang lain, template sebelumnya tidak hilang seluruhnya dan itu bisa tertimpah lagi dengan template baru anda, mengakibatkan banyak yang double pada blog anda, biasanya di daerah widget yang sering mengalami double dan error ini.

Selain anda mengalami banyak error, anda harus paham juga, mengganti template itu juga bisa membuat rangking blog anda menurun, kenapa bisa seperti itu ? Karena kode meta anda otomatis akan berubah ketika anda berganti template. Pakai ini biar anda tidak banyak bergonta ganti template, koleksi template.

Saran saya sebelum anda mengganti template, anda download (backup) terlebih dahulu template anda yang akan anda ganti, kalau bisa anda simpan dulu sema script template anda yang akan di ganti pada Notepad, lebih bagus pada Notepad++ agar keaslian kodenya tidak berubah.

4. Terlalu ingin cepat dapat penghasilan dari Adsense dan yang lainnya
Tidak munafik juga ini adalah tujuan awal saya ngeblog, tetapi itu dulu, sekarang saya serius menjadi blogger, biarlah adsense dan dollar mengalir seperti air. Saya pernah menuliskan bahwa untuk menjadi publisher adsense itu tidak mudah, dan ini juga perlu di pahami oleh orang yang memang yang memang bertujuan untuk mendapatkan dollar dari blog.

Bukan tidak boleh mengharapkan uang dari blog, bahkan saya juga sama mengharapkan uang dari blog, bahkan blogger senior pun saya yakin sama, ini adalah seuatu kebanggan jika menjadi kenyataan mendapatkan dollar dari blog, setuju ?

Saran saya, ngeblog aja dulu, nanti juga kalau memang blog anda bagus anda akan mudah mendaftar adsense, jangankan adsense menjadi penyedia iklan mandiri pun anda akan bisa, anda tinggal pasang kolom iklan kosong dan ada pemasang iklan yang meminta anda, beres kan ? Asal jangan pasang iklan Popup, karena akan menggangu pengunjung juga hehe Sorry Pak Andri :p

5. Percaya Mitos
Tantangan pertama menjadi blogger adalah sebuah mitos turun menurun dari blogger lain yang lebih dulu terjun ke dunia blogging, banyak sekali mitos yang berkeliaran yang membuat buntu para blogger, bahkan ada juga mitis yang menyesatkan, saya sebenarnya pernah menuliskan 7 Mitos Dalam dunia blogging, dan anda bisa membacanya disana.

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan, banyak sekali sebenarnya kesalahan lain yang saya lakukan dulu sebagai blog pemula, tetapi 5 hal itu lah yang menurut saya paling banyak terjadi, dan bahkan semua blogger sampai blogger senior dan master pun pernah mengalaminya, sekian dulu, terima kasih.
Tags :

Related : 5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Blogger Pemula. Ini Sangat Penting Untuk Diperhatikan

0 Response to "5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Blogger Pemula. Ini Sangat Penting Untuk Diperhatikan"

Post a Comment

PERHATIAN !!!

Terima Kasih Telah Berkunjung.
Saya sangat senang dengan pengunjung saya yang memberikan komentar setiap kali selesai membaca artikel saya, itu adalah cara untuk memberitahu saya bahwa dia telah membaca artikel saya, dan membuat saya dengan senang hati akan mengunjungi blog pengunjung tersebut (jika pengunjung mempunyai blog)

- Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan
- No Link Aktif
- Boleh Rekomendasi
- Suka ? Bagikan !