Biografi Lengkap Dr. Zakir Naik Dari Seorang Dokter Menjadi Pendakwah

Dari sebagian pembaca blog saya ada yang menanyakan seperti ini, "A kenapa sih sering membuat artikel tentang Dr. Zakir", saya jawab singkat "Karena saya menyukai beliau". Saya menyukai beliau ketika pertama kali saya melihat Video beliau di YouTube, dan betapa takjub saya melihat jawaban beliau kepada para penonton yang bertanya, hingga menjabarkan lengkap isi Al-Qur'an juga kitab kepercayaan lain.

Dan ini yang mendorong saya untuk menuliskan dengan bangga biografi dan perjalanan beliau, karena beliau ini adalah pembicara muslim yang sangat lugas dalam penyampaiannya. Beliau juga adalah penulis buku islam dan perbandingan agama.

Nama lengkap beliau adalah Zakir Abdul Karim Naik, yang dilahirkan di Mubai India pada 18 oktober 1965. Zakir kecil memulai pendidikannya di St. Peter's High School (ICSE) di kota yang juga menjadi kota kelahirannya yaitu mumbai. Setelah lulus Zakir remaja mulai menapakan pendidikan dan masuk di Kishinchand Chellaram College yang dilanjutkan pula ke Topiwala National Medical College, di Universitas tersebut Zakir remaja memperlajari banyak hal tentang dunia kesehatan, sehingga mendapat gelar Dokter.

Dari Seorang Dokter Menjadi Pendakwah
Dr. Zakir menyelesaikan kuliahnya di University of Mumbai dan Lulus sebagai Sarjana Kedokteran dan mendapatkan gelar MBBS (Bachelor of Medicine Bachelor of Surgery). Setelah mendapatkan gelar tersebut Dr. Zakir kemudian bekerja sebagai sorang Dokter di kota kelahirannya.

Pada tahun 1991, beliau mengambil keputusan besar dan berhenti sebagai dokter dan beralih menjadi seorang pendakwah Islam. Keputusan besar ini beliau ambil dari inspirasi Ahmad Deedat, seorang pendakwah Islam yang sangat aktif hingga 40 tahun lebih.

Tujuan dari beliau berdakwah adalah untuk memberantas habis pandangan negatif yang selalu disematkan kepada umat Islam setelah tragedi 11 september 2001 di Amerika Serikat.

Selama menggeluti dunia dakwah, beliau sudah berdakwah kepenjuru dunia dan berkeliling untuk berdakwah ke berbagai dunia, dan rata-rata yang hadir dalam acara dakwah beliau jumbalnya puluhan ribu dari muslim hingga non muslim hingga atheis.

Banyak jurnalis yang menuliskan bahwa dakwah dari Dr. Zakir adalah kejam, namun sejak aktif sebagai pendakwah, Dr. Zakir sudah banyak menjaring non-muslim untuk menjadi muslim. Kebanyakan yang menjadi mualaf adalah mereka yang hadir dan memberikan pertanyaan atau masuk sesi debat dengan beliau, dan merasa bahwa logika dan ilmu yang di paparkan oleh Dr. Zakir ini adalah nyata dan masuk akal.

Tanggal 1 April 2004, Dr. Zakir mendapatkan kesempatan untuk meghadiri debat publik dengan William Campbell dengan mnghidangkan topik "Islam dan Kristen dalam Ipek". Kedua dari pendebat ini membicarakan kesalahan yang terdapat dalam kitan suci masing-masing lawan. Bahkan Dr. Zakir pernah menantang Sri Paus untuk berdebat publik, tetpai hingga saat ini belum ada jawaban dari Vatikan untuk debat tersebut.

Dr. Zakir juga menuliskan artikel tentang Islam, yang banyak dipublikasikan oleh majalah di India, salahsatunya ISlamic Voice.

Al Quran dan Hadist Serta Pemahaman Kuat Terhadap Kitab-Kitab Kepercayaan Lain
Salah satu anugrah Allah SWT yang diberikan kepada beliau adalah dapat dengan lugas memaparkan isi dari A-Qur'an dan Al-Hadis serta memahami secara fasih kitab-kitab lain di luar Islam, seperti weda, tripitaka dan bhagvan gita sampai koreksi lengkap terhadap isi Bibel, dan beliau mengkoreksi tanpa kitab, alias hafal diluar kepala.

Indian Express memasukan nama beliau kedalam list 100 orang India terkuat 2009. Juga termasuk kedalam list 10 guru spiritual terbaik di India, dan beliau lah satu-satunya muslim yang masuk kedalam list tersebut. 

Beliau menikah dengan seorang gadis yang sekarang bernama Farhat Naik, dan mempunyai dua orang anak yang bernama Fariq dan Rushda. 

Biodata Lengkap Dr. Zakir Naik
Nama Lengkap : Dr. Zakir Abdul Karim Naik
Lahir : Mumbai, 18 Oktober 1965.
Orang Tua : Abdul Karim Naik
Istri : Farhat Naik
Anak : Fariq Zakir Naik, Rushda Naik
Pendidikan: 
  • St. Peter's High School (ICSE)
  • Kishinchand Chellaram College
  • Topiwala National Medical College
  • University of Mumbai (Bachelor of Medicine Bachelor of Surgery)
Pekerjaan : 
  • Dokter
  • Penulis
  • Pembicara Publik (Dakwah)
Jabatan : 
  • President of Islamic Research Foundation
  • Pendiri Peace TV, Peace TV Bangla dan Peace TV Urdu
Penghargaan : 
  • King Faisal International Prize for Service to Islam tahun 2015
  • 10 Guru Spiritual Terbaik di India
  • 100 Orang India Terkuat 2009.
Itulah sedikit pembahasan dan biografi serta biodata lengkap dari Dr. Zakir Naik. Semoga semakin menginpirasi Muslim di seluruh dunia. Aamiin.

Diambil dari berbagai sumber terpercaya.
Tags :

Related : Biografi Lengkap Dr. Zakir Naik Dari Seorang Dokter Menjadi Pendakwah

1 Response to "Biografi Lengkap Dr. Zakir Naik Dari Seorang Dokter Menjadi Pendakwah"

  1. SubhanAllah, begitu menginspirasi. semoga bisa mendidik anak-anak kita mencontoh beliau, tidak hanya sukses di dunia tetapi juga sukses di akhirat. inshaAllah.. amiiin yaa robbal alamiin....

    ReplyDelete

PERHATIAN !!!

Terima Kasih Telah Berkunjung.
Saya sangat senang dengan pengunjung saya yang memberikan komentar setiap kali selesai membaca artikel saya, itu adalah cara untuk memberitahu saya bahwa dia telah membaca artikel saya, dan membuat saya dengan senang hati akan mengunjungi blog pengunjung tersebut (jika pengunjung mempunyai blog)

- Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan
- No Link Aktif
- Boleh Rekomendasi
- Suka ? Bagikan !