Bismillah Bukan Sekedar Kalimat

Bismillah, secara umum memiliki arti "Dengan menyebur nama Allah", sering dan sudah menjadi kewajiban diucapkan ketika seorang muslim akan hendak mengerjakan suatu perkara. Banyak hadist yang telah menganjurkan untuk membaca kalimat ini sebelum mengerjak suatu hal atau pekerjaan, kecuali pekerjaan yang buruk.
Diriwayatkan oleh Imam Muslim pada satu hadist shahih bahwa baginda Rasul pernah berkata kepada Syayidina Umar bin Abu Salamah dalam suatu kesempatan dimana beliau masih dalam asuhan Rasul SAW semasa kecilnya "Ucapkanlah Bisamillah, makan dengan tangan kananmu dan makanlah apa yang berada didekatmu". Bahkan para Ulama selalu menyarankan dan mewajibkan untuk membaca Bismillah sebelum makan.

Bismillah diawai dengan huruf 'Ba'
Kenapa Bismillah diawali dengan huruf Ba ? ini karena huruf Ba adalah huruf yang di ucapkan oleh seluruh manusia di dunia pada masih berada di alam arwah. Ketika para arwah ditanya oleh Dzat Allah "Apakah Aku adalah Tuhanmu ?', maka mereka menjawab dengan kalimat "Balaa", yang artinya "Betul". Dalam bahasa Arab kalimat Balaa diawali dengan huruf Ba.

Kenapa tidak di awali dengan huruf Alif yaitu sama dengan huruf awal dari Dzat Allah ? ini adalah peringatan untuk manusia itu sendiri, jika huruf Ba dengan harakat kasrah memiliki arti ketidak berdayaan manusia, maka dari itu ketika hendak melakukan segala sesuatu harus diawali dengan bismillah, itu karena kita tidak akan pernah berdaya tanpa kuasa Allah SWT.

Makna Bismillah

Kitan Tafsir Mariful Qur'an telah menjawab segala makna yang terkandung dalam bismillah, lewat analisa secara bahasa Mufti Shafi Usmani RA tentang makna dari Bismillah, beliau mengatakan ada 3 suku kata yang menjadi kalimat bismilah, yaitu Ba, Ism dan Allah

Kata Ba sendiri mempunyai 3 arti dalam bahasa Arab yaitu :
  1. Menggambarkan kedekatan antara dua benda yang hampir tidak mempunyai jarak penghalang diantaranya
  2. Mencari Pertolongan 
  3. Mencari Berkah
Ism sendiri mempunyai arti yang sederhana yaitu "Nama" diambil dari kata Ismun, Sedangkan Allah adalah Dzat Allah SWT.

Jadi dengan 3 suku kata tadi kita bisa mengambil suatu kalimat yang berbunyi "Kita dekat, Kita meminta pertolongan, kita mencari berkah kepada Allah" Wallahu A'lam.

Segala sesutu yang diawali dengan membaca Bismillah maka itu sama saja kita meminta pertolongan kepada Allah untuk dilancarkan dalam segala urusan pekerjaan yang akan dikerjakan. Juga menjadi jembatan kita untuk meminta berkah kepada Allah agar pekerjaan yang dikerjakan menjadi berkah.

Mungkin itulah yang bisa saya gambarkan, segala sesuatu kembali lagi pada kita dan untuk kta, tidaklah sulit mengucapkan Bismillah ketika akan melakukan sesuatu, khususnya para blogger yang menunggu review adsense, baca bismillah dulu bro sebelum menulis artikel biar cepat diterima adsense hehee, dan yang sudah diterima adsense pun tetap baca bismillah yah, agar dollar nya menjadi dollar syariah alias berkah, amiin. 

Sudahkan anda mengucap Bisamillah hari ini ?
Tags :

Related : Bismillah Bukan Sekedar Kalimat

0 Response to "Bismillah Bukan Sekedar Kalimat"

Post a Comment

PERHATIAN !!!

Terima Kasih Telah Berkunjung.
Saya sangat senang dengan pengunjung saya yang memberikan komentar setiap kali selesai membaca artikel saya, itu adalah cara untuk memberitahu saya bahwa dia telah membaca artikel saya, dan membuat saya dengan senang hati akan mengunjungi blog pengunjung tersebut (jika pengunjung mempunyai blog)

- Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan
- No Link Aktif
- Boleh Rekomendasi
- Suka ? Bagikan !