Cara Cek Fitur Mobile Friendly dan Responsive Pada Template Blog dan Website

Sebut saja anda mempunyai sebuah blog, eh lupa jangan disebut juga kali yah, karena pasti anda punya blog, makanya anda berhadapan dengan blog saya. Tapi apakah blog yang anda punya sudah Mobile Friendly apa belum ? Jika anda tidak tau maka baca selanjutnya dibawah sini.

Banyak sekali sekarang penyedia template yang mengaku bahwa template mereka adalah template mobile friendly, anda seharusnya hati-hati jika ingin mengunkan template gratisan yang mengatasnamakan template blog mobile friendly, banyak kasus yang terjadi. Kecuali template anda premium, penjual template nya tidak mungkin membohongi anda.

Mobile Friendly ini biasa juga orang yang menyebutnya Responsive, padahal ini berbeda meskipun tujannya sama saja, tidak semua mobile friendly responsive, tapi sudah pasti yang responsive adalah mobile friendly, bingung yah ? Mobile friendly adalah fitur sebuah template untuk bisa berjalan di perangkat seluler seperti smart phone dan handphone yang lainnya, sementara responsive adalah fitur template yang mempunyai kelebihan bisa mengikuti layar.

Jika masih bingung saya jelaskan nanti saja di kolom komentar hehe, sekarang sesuai judul, karena kata master juga tulisan yang baik itu yang mempunyai tingkat relevansi antara judul dan isi, jika saya terus membahas apa itu kedua makhluk tadi, berarti tidak relevan, setuju ? hehe

Cara Cek Template Blog Mobile Friendly
Seperti yang saya singgung diatas bahwa fitur mobile friendly ini adalah fitur sebuah template blog untk bisa di akses di smartphone dan lainnya, ini sangat penting karena akhir-akhir ini memang banyak pengguna smartphone dalam hal ini android yang menggunakan gadget nya untuk berselancar di dunia maya, maka dari itu kita sebagai penyedia konten di dunia maya sudah seharusnya mempunyai blog yang mengusung mobile friendly.

Apakah blog anda sudah mobile friendly ? Jika belum mari anda lihat sendiri disini :
  1. Buka Google Mobile-Friendly Test
  2. Maka akan nampak seperti  gambar dibawah ini, kemudian anda masukan URL blog anda ke dalam kotak yang tersedia. 
  3. Klik Analyze.
  4. Maka hasilnya akan seperti ini
Lihat yang ada pada kotak merah yang ada tulisan warna hijau, itu adalah status apakah situs anda mobile friendly atau tidak. Mudah kan cara cek blog anda.

Cara Cek Template Blog Responsive
Kemudian untuk anda  yang memerlukan pengecekan template yang responsive cara nya lebih mudah lagi, tanpa menggunakan situs lainatau pun tools yang lainnya, anda hanya menggunakan browser yang anda pakai saat ini, itu pun jika anda membuka artikel ini dengan komputer atau laptop, begini caranya saya akan ilustrasikan hanya dengan gambar dan sekit tulisan :

Pertama, hanya dengan menggunakan tools restore down tepat seperti gambar dibawah ini, yang saya berikan tanda panah.
Untuk hasilnya anda bisa lihat gambar dibawah ini, jika tampilan blog anda tidak mengikuti ukuran browser anda atau kepotong, maka bisa disimpulkan bawa blog anda tidak responsive, ini hasil dari blog saya :
Lihat yang ditunjuk dengan tanda panah, itu adalah tampilan blog saya, mengikuti bentuk dari browser yang digunakannya.

Jika anda membutuhkan template yang telah menggunakan 2 fitur tadi, saya punya banyak koleksinya, dan yang pasti ini gratis tanpa ada biaya apapun, tapi kalau mau ngasih sama saya, saya juga kagak nolak hehe, ga deh gan jangan dianggap becanda ah, eh serius maksudnya. Nih sedot saja disini gan. Kumpulan template saya, sekali download dapat banyak.
Tags :

Related : Cara Cek Fitur Mobile Friendly dan Responsive Pada Template Blog dan Website

3 Responses to "Cara Cek Fitur Mobile Friendly dan Responsive Pada Template Blog dan Website"

  1. terima kasih atas informasinya tentang cek fitur mobilenya gan

    ReplyDelete
  2. Terima kasih...
    Info sangat bermanfaat...
    Salam Komukote...

    ReplyDelete

PERHATIAN !!!

Terima Kasih Telah Berkunjung.
Saya sangat senang dengan pengunjung saya yang memberikan komentar setiap kali selesai membaca artikel saya, itu adalah cara untuk memberitahu saya bahwa dia telah membaca artikel saya, dan membuat saya dengan senang hati akan mengunjungi blog pengunjung tersebut (jika pengunjung mempunyai blog)

- Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan
- No Link Aktif
- Boleh Rekomendasi
- Suka ? Bagikan !