Cara Paling Mudah Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster Tools

Dari dahulu hingga saat ini raja nya situs di seluruh dunia adalah google.com, di ikuti oleh Facebook dan yang lainnya, fakta dan bukti inilah yang jangan pernah anda anggap sebele oleh blogger atau webmaster, makanya saya sebutkan pula bahwa blogger.com adalah anak emas karena masih keturuanan dari kerajaan google.com, setuju ?

Intinya kita tidak pun tidak boleh menyianyiakan fasilitas yang telah diberikan oleh google untuk para blogger diseluruh dunia, baik yang menggunakan CMS (blogspot & wordpress) atau pun website tingkat tinggi, kenapa tingkat tinggi ? karena mereka membangun website benar-benar dari awal penerapan huruf pertama (pengkodean).

Fungsi dari blog anda didaftarkan dan di verifikasi ke webmaster tools nya google adalah untuk mempercepat index pada blog kita, intinya mempercepat craw dari robot google untuk mengindex blog kita.

Cara Mendaftarkan Blog ke Webmater Tools Google dan Memverifikasinya
Untuk pergi ke Webmasternya google tentu anda harus masuk terlebih dahulu ke situsnya webmaster google, anda bisa klik disini https://www.google.com/webmasters/tools/.

Setelah anda masuk ke website webmaster tools  google, anda akan langsung disuguhi dengan menu untuk memasukan URL blog anda ke sana, kira-kira tampilannya seperti ini

Isikan saja URL blog anda ke dalam kotak yang berwarna merah tersebut, kemudian anda klik tombol merah "Tambahkan Properti", ini artinya anda telah berhasil mensubmit alamat blog anda ke webmaster, tetapi anda belum berhasil mendaftarkannya karena anda belum memverifikasikan blog anda ke webmaster, lalu bagaimana cara memverifikasi blog kita ke webmaster google, lihat gambar dibawah ini
Ikuti alur pahan tersebut, itu adalah cara paling mudah untuk memverifikasinya, sebenarnya untuk memverifiasi ada banyak caranya, anda lihat saja pada gambar, bisa menggunakan Upload HTML, anda HTML tag, ada Google analytics dll. Dan sini saya akan menggunakan Verifikasi dengan Tag HTML karena sangat mudah dan saya rasa semua nya menggunakan metode yang satu ini, lihat alur panah terakhir, itu adalah kode meta dari google, anda tinggal copy kode tersebut, kemudian anda pasang di blog anda di bawah kode <head>.

Setalah anda mecopas kode tersebut di blog, maka anda klik saja verifikasi di webmaster, maka blog anda telah berhasil didaftarkan ke webmasternya google.

Setelah itu tugas anda belum sepenuhnya selesai, ada satu hal lagi yang harus anda lakukan, yaitu mengirimkan peta situs blog anda atau dengan kata lain submit sitemap blog anda, sitemap disini adalah file berbentuk .xml, coba anda ketikan seperti ini dihalam baru browser anda. www.imammunandar.com/sitemap.xml. ganti URL blog saya dengan URL blog anda.
Untuk mengirimkan peta situs anda perhatikan gambar diatas, dan ikuti tahap per tahap nya, sangat mudah. anda tinggal masuk kebagian Crawl dalam bahasa Indonesia "perayapan" kemudian anda masuk ke sitemap dalam bahasa Indonesia "Peta Situs", kemudian anda perhatikan gambar yang di dalam kotak warna merah, itu adalah sitemap.xml yang tadi saya katakan, anda tinggal ketikan saja seperti pada gambar diatas, maka seluruh postingan anda akan terkirim ke webmaster, tunggu 2x24 jam untuk melihat pengindekan, dalam hal ini biarkan dulu google bekerja untuk merayapi situs anda.

Fungsi dari pengiriman sitemap.xml ini adalah mempercepat atau kita menyuruh google untuk mempercepat pengindexan pada situs kita. Anda bisa mengirimkannya kembali setiap kali anda memposting artikel, tetapi jangan terlalu sering, jika anda menulis 5 artikel sehari, jangan setiap satu artikel anda submit, tetapi bereskan dulu 5 artikel tersbut kemudian anda submit semua setelah anda selesai memposting 5 artikel tadi.

Bagaimana, mudah bukan mendaftarkan blog ke google webmaster tools ? Karena anda sudah menganggap mudah saya sudahi dulu ceramah saya. Terima Kasih.
Tags :

Related : Cara Paling Mudah Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster Tools

0 Response to "Cara Paling Mudah Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster Tools"

Post a Comment

PERHATIAN !!!

Terima Kasih Telah Berkunjung.
Saya sangat senang dengan pengunjung saya yang memberikan komentar setiap kali selesai membaca artikel saya, itu adalah cara untuk memberitahu saya bahwa dia telah membaca artikel saya, dan membuat saya dengan senang hati akan mengunjungi blog pengunjung tersebut (jika pengunjung mempunyai blog)

- Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan
- No Link Aktif
- Boleh Rekomendasi
- Suka ? Bagikan !