7 Cobaan Bagi Seorang Blogger Pada Saat Pertama Kali Menulis Blog

7 Cobaan Bagi Sorang Blogger Pada Saat Pertama Kali Menulis Blog adalah sesuatu yang sangat wajar, disini saya akan menuliskan pengalaman saya pada saat pertama kali saya menulis, dan mungkin Cobaan atau godaan ini sama hal nya dengan yang anda alami.

Nulis blog itu ternyata banyak godaan dan cobaan, jika ada yang mengatakan bahwa blogging itu sangat gampang, itu salah besar, menurut mereka yang belum pernah menjalani rutinitas sebagai blogger, menjadi blogger itu sangat gampang, cukup ngetik (nulis) artikel, kemudian publish, seperti itulah, padahal kenyataannya sangat berbeda dengan apa yang mereka ungkapkan.

Tapi semua itu memang salah adanya, menjadi blogger itu sama saja dengan menjadi orang yang bertaqwa hehe, iya soalnya banyak coban dan godaan yang menghadang. Kendala ketika awal membangun sebuah blog sangatlah berat, jika anda tidak kuat mental maka setelah membuat sebuah blog anda akan menutup kembali browser yang anda gunakan tanpa menuliskan apa-apa, kalau boleh sedikit share inilah kendala, godaan dan cobaan saat saya kembali ke dunia blogger ini :

Catatan : Kenapa saya bilang kembali ke dunia blog, saya bukanl blogger baru, saya menulis blog sudah dari tahun 2010, setelah masa kuliah dalam masa sulit saya berhenti ngblog, dan baru sekarang kembali lagi ke dunia blog, tapi dari dulu sampai sekarang saya masih bego dalam hal ngblog
1. Menentukan Judul Blog (Nama Blog)
Dulu saya mengelola 4 buah blog yang tema nya membahas itu itu saja, dengan kata lain blog saya adalah blog niche, tetapi saat saya kembali lagi ke dunia blog saya membuat blog gado-gado, karena dulu saya mengelola 4 buah blog dan hasil nya NOL, malah capek sendiri.

Ketika akan menamai blog gado-gado ini saya sedikit kebingungan, berbagai nama telah menjadi list penamaan blog ini, mulai dari "Pabaliut" sampai pada "Lalieur" sudah pernah menjadi nama blog ini, betapa sangat tidak mudah menamai blog gado-gado, beda hal nya dengan membuat blog yang bertema konsisten, contoh saya ambil blog nya "StrukturCode" ini jelas pembahasannya seputar code HTML (blog, SEO bisa masuk), sementara saya yang membahas ini ono kucrut kebingungan menamai blog ini.

Dan akhirnya suatu pagi saya berkunjung ke blog nya Mas Sugeng, yang bernama sugeng.id, dan juga blog nya Kang Ismet juga sama menggunakan nama sendiri dengan embel-embel nama panggilan khas masing-masing daerahnya, disanalah saya menemukan inspirasi kuat untuk nama blog saya, akhirnya terciptalah Blog Aa Imam ini.

Dan hal tersebut menjadi sebuah cobaan bagi awal ngeblog, dimana kita hanya memikirkan nama, tanpa menghasilkan tulisan yang relevan.

2. Menulis Konten
Membuat tulisan pertama dalam sebuah blog adalah sebuah moment penting, itu menurut saya, saya mengalami ini sampai pada titik yang sangat klimaks hehe. saya tidak tau apa yang harus saya tulis, judul apa yang akan saya tulis, gaya bahasa yang bagaimana yang akan saya gunakan, pasti anda pun ketika pertama kali menulis konten sama seperti yang saya alami, betul apa betul ? hehehe

Jelas sekali itu akan menjadi faktor penting dan menjadi cobaan bagi anda, betul ?

3. Gaya Bahasa Baku
Saya yakin semua blogger juga tidak berbicara dalam bahasa baku setiap harinya, mereka hanya menggunakan bahasa baku ketika menulis konten, dan ini juga menjadi cobaan saat pertama kali menulis konten, masih banyak bahasa gaul, tidak menjadi engga, iya hanya ditulis ia, dan saya yakin anda juga pasti mengalami ini, iya kan ? Iya iya sebagian dari anda hehe

Pasti ini juga menjadi cobaan, artikel kita terlihat seperti artiel alay yang tidak layak mendapatkan apresiasi lebih, akhirnya bongkar pasang pun terjadi, penulisan terbengkalai.

4. Money Blogging $$$
Banyak sekali sumber yang mengatakan bahwa tujuan dari blogger baru adalah mendapatkan dollar dari internet, ini sah saja jika memang memahami apa saja yang perlu di siapkan, sama hal nya seperti saya, saya terus berusaha menjadi publisher adsense, dan anda tau yang saya dapat ? Dollar entah dimana, blog saya tak terurus.

Tetapi untuk saat ini bagi saya dollar dari blog tidak menjadi impian lagi, saya sudah cukup bangga mengemban gelar blogger, hanya mengemban gelar blogger, memang saya tidak munafik saya juga masih berusaha mendapatkan pundi-pundi dollar itu, tapi itu tidak menjadi prioritas lagi, bagi saya untuk menjadi seorang blogger yang sukses harus di dasari dengan hati yang ikhlas, cukup menulis konten tidak lebih.

5. Infrastruktur Blog (Design & Template)
Jujur, ketika saya kembali memutuskan untuk menjadi blogger saya sangat kepincut dengan template blog yang kata orang disebut template SeoFriendly atau Responsive itu, saya berkunjung ke blog nya para master dan saya sangat ingin mempunyai tampilan blos seperti beliau-beliau itu, ini juga menjadi salah satu cobaan, dimana anda berusaha membuat template yang bagus tapi anda melupakan kualitas tulisan anda, hancur sudah.

6. Top Level Domain (TLD)
imammunandar.blogspot.com dengan imammunandar.com bagusan mana ? Nah ini juga menjadi kendala bagi saya ketika pertama kali nulis blog, saya merasa kurang PD menggunakan domain yang ada blogcepot nya, saya ingin merubah domain saya menjadi TLD, tujuannya agar saya terlihat profesional dan serius dalam blogging, tetapi ini jelas sedikit menjadi cobaan, dimana anda yang harusnya menulis konten, anda malah sibuk dengan mencari domain gratisan, atau mencari tau informasi domain dll.

7. SEO
Nah ini yang selalu membuat blogger putus asa, mereka tidak mengerti dengan yang nama nya SEO, mencari informasi kesana kemari tentang cara optimasi mesin pencari ini dan hasilnya masih NOL BESAR, ini termasuk saya juga hehe.

Kebanyakan mencari tau tentang SEO kadang blogger melupakan tugas utamanya yaitu menulis konten, memang SEO perlu di pelajari dan sah sah saja jika kita tidak mengerti, tapi yang menjadi kendala adalah tekhnik SEO yang membingungkan, jujur sangat membingungkan, saya pernah hanya mengurus SEO selama 3 hari dan amsih belum terlihat ini ono kucrut nya, yang saya dapat hanyalah pusing di kepala dan artikel saya yang harusnya sudah 9 (3 hari x 3 artiel), menjadi hasilnya 0 (3 hari x 0 artikel).

Mungkin sekian saya membagi kisah saya dengan anda, semoga anda membaca ini sambil tersenyum malu karena mengingat pengalaman anda juga saat pertama kali menulis blog anda.

Kesimpulan yang saya ambil dari segala hikmah yang ada adalah, Content Is KING (Konten Adalah Raja), jadi sebagaimana baiknya anda optimasi segala macam hal, jika konten anda nihil atau kurang atau jelek, semua menjadi percuma dan buang-buang waktu saya.

Terima kasih telah membaca tulisan saya, semoga anda tidak pusing karena tulisan saya jelek, saya juga sering di marahi guru karena tulisan saya seperti cacing kepanasan, hehe..

Wassalam.
Tags :

Related : 7 Cobaan Bagi Seorang Blogger Pada Saat Pertama Kali Menulis Blog

1 Response to "7 Cobaan Bagi Seorang Blogger Pada Saat Pertama Kali Menulis Blog"

PERHATIAN !!!

Terima Kasih Telah Berkunjung.
Saya sangat senang dengan pengunjung saya yang memberikan komentar setiap kali selesai membaca artikel saya, itu adalah cara untuk memberitahu saya bahwa dia telah membaca artikel saya, dan membuat saya dengan senang hati akan mengunjungi blog pengunjung tersebut (jika pengunjung mempunyai blog)

- Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan
- No Link Aktif
- Boleh Rekomendasi
- Suka ? Bagikan !