Fakta Fenomena Gerhana Matahari Total (9 Maret 2016)

Sejarah kembali terulang, ternyata Gerhana Matahari betah menetap di Indonesia, fenomena alam eksotis ini, kali ini akan melintasi 12 provinsi atau 18 kota di Indonesia. Gerhana Matahari Total dipastikan akan terjadi tanggal 9 maret besok dan hanya terjadi di Indonesia saja, tetapi tidak seluruh kota akan kebagian kunjungan dari Gerhana Matahari kali ini, dan hebatnya, banyak orang asing yang sengaja datang ke Indonesia hanya untuk menyaksikan fenomena alam yang sangat jarang terjadi.

Berikut saya telah merangkum beberapa fakta Gerhana Matahari Total yang akan terjadi besok di Indonesia :

1. Terjadi 33 Tahun Sekali
Fenomena hebat ini bukanlah sesuatu yang sering terjadi, bahkan jangka waktu Gerhana Matahari Total ini berjarak sangatlah jauh, jadi ini adalah moment spesial atau langka yang akan disaksikan oleh masyarakat Indonesia dan dunia, kisaran tahun atau jadwal Gerhana Matahari Total ini adalah 33 tahun sekali, dan ini selalu terjadi di Indonesia, tahan air kita. sebelumnya pernah terjadi juga pada tahun 1983 di Inonesia, ini artinya jika besok tanggal 9 Maret 2016 berarti Gerhana selanjutnya akan terjadi pada tahun 2046 mendatang, sangat lama.

2. Hanya Terjadi di Indonesia
Kembali ditahun 2016, Indonesia tetap menjadi negara yang sebagian wilayahnya akan dikunjungi oleh gerhana matahari total, momen ini dapat anda saksikan di 12 provinsi Indoneisa, dan selebihnya akan bisa dilihat pada wilayah samudra pasifik.

3. Durasi Terlama
Tahun ini bos saya (google), membuat sebuah skema peta iteraktif yang membahas Gerhana Matahati Total dengan label Greatest Duration (GD), untuk mengetahui wilayah mana yang akan mengalami fase totalitas gerhana terlama. Lokasi yang dipilih oleh gerhana adalah wilayah timur Indonesia yaitu di tengah samudra Pasific. sekitar garis lintang 10.0669 derajat dengan garis bujur 148.7007 derajat. daerah ini akan dilintasi Gerhana Matahari total kurang lebih selama 5 menit.

Beda lagi dengan di Indonesia, pulau Maba di Halmahera Timur adalah tempat yang dipilih akan menjadi lokasi terjadinya Gerhana Matahari Total dengan durasi waktu yang cukup lama. Daerah lain memiliki durasui kisaran 1 - 2 menit dan di Pulau Maba ini akan terjadi sedikit lebih lama yaitu 3 menit 20 detik.

4. Berpusat di Belitung
Belitung menjadi wilayah yang dipih oleh gerhana ini untuk melakukan metamorfosa nya, dengan garis pantai yang indah akan sangat menarik jika menyaksikan fenomena ini di daratan belitung.

5. Kota yang Akan Dilewati
Gerhana ini akan melintasi 12 provinsi dan 18 kota di Indonesia, tentu anda bisa menyaksikan fenomena ini di wilayah yang dapat delewatinya yaitu :Palembang, Bangka, Belitung, Palangkaraya, Balikpapan, Sampit, Luwuk, Ternate, Tidore, Palu, Poso dan Halmahera.

6. Siaran Langsung Televisi
Ini yang membuat unik dari segala unik dan hanya terjadi di Indonesia, dimana fenomena alam dapat langsung di siarkan oleh televisi, ini bukan suatu keanehan lagi, segala sesuatu juga bisa disiarkan langsung oleh televisi di Indonesia, mulai dari Pernikahan Raffi Ahmad, sampai persalinan Istrinya Anang Hermansyah yaitu Assyanti, tidak heran jika fenomena ini juga menjadi siaran langsung di Televisi Indonesia.
Tags :

Related : Fakta Fenomena Gerhana Matahari Total (9 Maret 2016)

0 Response to "Fakta Fenomena Gerhana Matahari Total (9 Maret 2016)"

Post a Comment

PERHATIAN !!!

Terima Kasih Telah Berkunjung.
Saya sangat senang dengan pengunjung saya yang memberikan komentar setiap kali selesai membaca artikel saya, itu adalah cara untuk memberitahu saya bahwa dia telah membaca artikel saya, dan membuat saya dengan senang hati akan mengunjungi blog pengunjung tersebut (jika pengunjung mempunyai blog)

- Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan
- No Link Aktif
- Boleh Rekomendasi
- Suka ? Bagikan !