Hukum Mencukur Bulu Alis

Ada apa dengan wanita masa kini ? mereka mencukur alisnya hingga habis kemudian menggambarnya dengan pensil alis, why ? Laki-laki saja kalau sudah cukur kumis tidak pernah digambar dengan pensil kumis, hehee

Tapi tak apalah bukan masalah wanita dengan alis Sinchan nya atau laki-laki yang kesulitan mencari pensil kumis nya, tapi disini saya akan membahas perilaku wanita masa kini yang mencukur habis alisnya.

Tidak banyak yang tau bahwa trend yang sedang merajai para kaum wanita ini ada hukum yang membatasinya. Padahal jelas sesungguhnya mencukur alis ini adalah salah satu perilaku yang dilarang bahkan hukumnya haram menurut syariat Islam (yang non-muslim mah boleh deh mau cukur alis juga). Seperti yang diterangkan dalam hadist berikut :

لَعَنَ النَّبِيُّ صلّى الله عليه وسلّم النَّامِصَةَ وَالمُتَنَمِّصَةَ

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknak wanita yang sengaja menghilangkan alisnya, dan wanita yang meminta agar alisnya dihilangkan.” (HR. Abu Dawud, oleh Al-Bukhari & Muslim)

Iblis pernah berkata, bahwa dia akan mengoda manusia dari awal lahir hingga masuk liang lahat, ini telah dibuktikan oleh iblis, mereka berhasil memperdayai manusia dengan menggoda manubisa untuk merubah-ubah apa yang telah diciptakan oleh Allah SWT, dan parahnya yang banyak terjebak ini adalah kaum wanita.

Bukan masalah intimidasi atau tidak kesetaraan dalam gender, wanita memang kerap kali yang merubah-ubah apa yang telah Allah pantaskan. Jika wanita memiliki kumis dan jenggot maka mereka boleh mencukurnya, karena kumis dan jenggot bukan merupakan bawaan lahir dan hanya tumbuh pada laki-laki, dan ini pun boleh untuk dicukur karena bisa dianggap memperburuk rupa.

Tetapi alis adalah hiasan mata, sudah seharusnya bulu yang tumbuh diatas mata itu tidak dihilangkan, karena sama saja merubah ciptaan Allah, sama hal nya dengan wanita yang suka mengiir gigi, ini hukumnya pun haram.

Banyak hadist yang membahas tentang jangan pernah mengubah-ubah apa yang telah Allah ciptakan, dan banyak juga para ulama yang telah memberikan arahan dan jawaban yang sangat mudah dipahami tentang merubah kondisi tubuh yang normal dan dengan sengaja di buat tidak normal.

Mungkin sekian pembahasan kali ini, bukan bermaksud untuk menyudutkan sebagian pihak, tapi artikel ini bertujuan untuk saling mengingatkan.

Wallahul Musta’an.
Tags :

Related : Hukum Mencukur Bulu Alis

0 Response to "Hukum Mencukur Bulu Alis"

Post a Comment

PERHATIAN !!!

Terima Kasih Telah Berkunjung.
Saya sangat senang dengan pengunjung saya yang memberikan komentar setiap kali selesai membaca artikel saya, itu adalah cara untuk memberitahu saya bahwa dia telah membaca artikel saya, dan membuat saya dengan senang hati akan mengunjungi blog pengunjung tersebut (jika pengunjung mempunyai blog)

- Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan
- No Link Aktif
- Boleh Rekomendasi
- Suka ? Bagikan !