Inilah Amalan Baik Yang Sangat Dibenci oleh Allah SWT, Wajib Tau !

Sebagai seorang muslim sudah suatu kewajiban untuk selalu berbuat baik terhadap sesama manusia, banyak sekali keterangan dalam Al-Qur'an yang mewajibkan Muslim untuk berbuat kebaikan dengan sesama, termasuk keterangan tersebut terdapat dalam Al-Hadis yang telah di contohkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada para sahabatNya.

Banyak sekali perbuatan baik yang akan menjadi penyelemat muslim itu sendiri yang telah jelas diperintahkan oleh Allah SWT. Tetapi ternyata tidak selamanya perbuatan baik akan mempunyai akhiran baik pula, ada beberapa amalan baik yang justru dibeci oleh Allah SWT.

Inilah Amalan Baik Yang Dibenci oleh Allah SWT
Al-Qur'an telah menjelaskan bahwa perbuatan baik yang dibenci oleh Allah SWT adalah perbuatan baik atau amalan bai yang menjadi tidak berarti atau sia-sia. Oleh sebab itu, pahala yang seharusnya milik si orang yang berbuat amalan baik tadi justru tidak dia dapatkan. Berikut beberapa amalan baik yang dibenci oleh Allah :

1. Perbuatan baik disertai dengan niat buruk
Segala sesatu memang didasari oleh niat, jika kita melakukan ibadah tetapi hanya ingin dilihat oleh orang bahwa kita adalah orang yang rajin ibadah, maka hal ini juga jelas sangat salah. Karena masih termasuk kepada sifat Riya dan Ujub.

Sifat tersebut adalah sifat yang dikecam oleh Allah SWT, meski sebenarnya orang tersebut telah melakukan kebaikan tetapi karena niatnya yang buruk, Alhasil dia tidak mendapatkan apapun dari amalan baiknya. Telah disebutkan di dalam Al-Qur'an surat AL-Maun ayat 4 sampai 7, yang artinya :
“Maka celakalah bagi orang yang shalat. (yaitu) orang yang lalai dari shalatnya. Orang yang berbuat riya”.
2. Perbuatan baik disertai perbuatan buruk
Yang kedua adalah perbuatan baik yang disertai perbuatan buruk, contohnya jika kita memberikan sesuatu atau melakukan sesuatu tetapi kita masih mengingat-ingat kebaikan kita atau malah justru diceritakan kepada orang lain.

Hal ini juga telah dijelaskan dalam Al-Qur'an yang artinya :
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari kemudian. Maka perumpamaan orang itu seperti batu licin yang di atasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, lalu menjadilah dia bersih (tidak bertanah). Mereka tidak menguasai sesuatupun dari apa yang mereka usahakan; dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir.” (QS. Al Baqarah: 264)
3. Perbuatan baik, dilakukan dengan cara yang salah
Selanjutnya adalah kesalahan dalam melakukan perbuatan baik tersebut, Misal : Ada orang yang berpuasa pada tanggal yang tidak diperbolehkan untuk berpuasa, kita ambil hari tasrik, puasa sunat adalah baik awalnya, tetapi karena orang tersebut melaksanakan sunat puasanya pada hari yang dilarang oelah Allah SWT, jelas ini menjadi dosa.

Atau orang yang bersedekah dengan uang haram, uang yang didapat secara haram, ini juga termasuk sesuatu yang sangat dibeci oleh Allah SWT.

4. Perbuatan yang berakibat buruk.
Yang terakhir adalah orang yang melakukan hal baik tetapi berakibat sangat buruk, tetapi si pelaku malah merasa telah berbuat baik, mengakibatkan amal yang di dapat adalah 0 alias sia-sia belaka.

Al-Qur'an telah menjelaskan, yang artinya :
“Yaitu orang-orang yang telah sia-sia perbuatannya dalamkehidupan dunia ini, sedangkan mereka menyangka bahwa mereka berbuat sebaik-baiknya.” (QS. Al Kahf: 104)
Demikian beberapa hal yang baik tetapi berujung kesia-siaan, dari itu mari kita hindari beberapa hal diatas untuk mendapatkan amalan baik yang benar-benar baik untuk kita, dan tidak menjadi sebuah hasil yang mengecewakan.
Tags :

Related : Inilah Amalan Baik Yang Sangat Dibenci oleh Allah SWT, Wajib Tau !

0 Response to "Inilah Amalan Baik Yang Sangat Dibenci oleh Allah SWT, Wajib Tau !"

Post a Comment

PERHATIAN !!!

Terima Kasih Telah Berkunjung.
Saya sangat senang dengan pengunjung saya yang memberikan komentar setiap kali selesai membaca artikel saya, itu adalah cara untuk memberitahu saya bahwa dia telah membaca artikel saya, dan membuat saya dengan senang hati akan mengunjungi blog pengunjung tersebut (jika pengunjung mempunyai blog)

- Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan
- No Link Aktif
- Boleh Rekomendasi
- Suka ? Bagikan !