Kerja Keras VS Kerja Cerdas, Think Again !!

Akhir-akhir ini banyak sekali perdebatan (pro dan kontara), antara kerja keras dan kerja cerdas, antara istirahat dan kurang istirahat, antara real manusia dan manusia robot. Kita manusia yang membutuhkan waktu sejenak melepaskan semua beban pekerjan, hidup ini bukan hanya tentang bekerja. ada waktu lain yang perlu di perhatikan, yaitu kesehatan.

Tahukan anda bahwa otak anda adalah mesin yang sangat luar biasa hebatnya, google yang menjadi mesin terbaik belum ada apa-apanya dengan kehebatan otak manusia (ingat : google diciptakan oleh manusia). Otak kita yang sangat luar biasa ini dipenuhi dengan jutaan lapis potensi di dalam nya dan menunggu untuk di buka dan diakses oleh user, yaitu kita.

Dan untuk menunjang hal itu dibutuhkanlah oleh setiap orang dan pekerja yaitu tekhik kerja cerdas, dimana kita menggunakan porsi bekerja tidak lebih dari orang lain. Orang yang bekerja cerdas tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk bekerja, mereka yang bekerja cerdas bisa dengan bijaksana menggunakan waktu mereka diluar jam kerja, contohnya : banyak waktu berkumpul dengan keluarga dan teman-teman mereka.


Penelitian telah membuktikan, bahwa otak kita telah di setting untuk kerja cerdas bukan kerja keras, jika anda telah siap untuk melakukan pergantian strategi dalam bekerja, alangkah baiknya jika anda mulai membaca poin demi poin artikel dibawah ini. Tips demi tips di bawah ini adalah rujukan dari para ahli dengan penelitiannya yang sudah tidak mungkin bisa kita tepis.

1. Retreat. Penelitian ultradian irama memberitahu kita bahwa otak kita hanya bisa bertahan fokus nya selama 90 menit. Jadi kita perlu mengambil istirahat selama 15 menit setelah 90 menit bekerja, itu adalah cara yang sangat efektif jika anda ingin kesehatan otak anda terjamin dan terjaga.

2. Catat Daftar pekerjaan. Pertama-tama anda perlu membuat catatan kecil tetapi sangat penting untuk pekerjaan anda setiap harinya, anda buat list pekerjaan anda yang akan anda lakukan besok dengan mengaturnya dari hal terpenting terlebih dahulu, kemudian anda ikuti dengan kegiatan yang mungkin kurang penting, ini akan membuat anda terorganisir dalam hal pekrjaan, tanpa perlu befikir lagi apa yang harus dikerjakan selanjutnya setelah anda menyelesaikan tugas anda, dengan metode mencatat poin ini anda bisa lebih menggunkan waktu lebih terorganisir.

3. Mambuat Batasan. Jangan mau bekerja sepanjang waktu, buatlah batasan yang penting dalam hidup anda, jangan mencampurkan urusan pekerjaan ketika anda sedang dirumah, hindari membuka atau menjawab email pekerjaan ketika anda sedang di rumah, gunakanlah waktu di rumah untuk keluarga dan lingkungan anda, dan pergunakan juga waktu di lingkungan kerja untuk berkerja, cukup adil bukan ? kecuali jika anda bukan pekerja kantoran, misal blogger, tentu di manapun jadi hehe..

4. Identifikasi Pemborosan Waktu. Pemboros waktu biasa nya terjadi ketika anda membuka media sosial, dan terlalu lama menggunakan aplikasi tersebut, ini akan menghambat anda dalam urusan pekerjaan, dan juga teman kerja anda yang sering mengajak anda bergosip ria, ini jelas akan menghambat waktu kerja anda. Bukan anda tidak boleh menggunakan media sosial atau anda bergosip, boleh-boleh saja dan gunakan waktu luang seperti di 15 menit waktu istirahat anda dalam 90 jatah anda bekerja seperti yang saya tulis di poin pertama.

Mungkin sekian tips yang bisa saya berikan, semua tergantung kepada anda, ingin kerja keras atau kerja cerdas semua nya anda yang menentukan, tapi waktu yang terorganisir dengan baik akan memberi kesan baik pula kepada anda dan kesahaatan anda, terutama kesehatan otak anda.

Semoga bermanfaat, terima kasih.
Tags :

Related : Kerja Keras VS Kerja Cerdas, Think Again !!

0 Response to "Kerja Keras VS Kerja Cerdas, Think Again !!"

Post a Comment

PERHATIAN !!!

Terima Kasih Telah Berkunjung.
Saya sangat senang dengan pengunjung saya yang memberikan komentar setiap kali selesai membaca artikel saya, itu adalah cara untuk memberitahu saya bahwa dia telah membaca artikel saya, dan membuat saya dengan senang hati akan mengunjungi blog pengunjung tersebut (jika pengunjung mempunyai blog)

- Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan
- No Link Aktif
- Boleh Rekomendasi
- Suka ? Bagikan !