Manfaat dan Kerugian Menggunakan Domain Dot Com (TLD)

Domain adalah bungkus dari alamat blog yang mengarahkan kepada situs kita, nama domain biasanya menggambarkan konten atau pembahasaan yang dibahas pada sebuah blog, atau juga sering digunakan untuk menunjukan identitas pemilik blog itu sendiri.

Pada kesempatan ini saya tidak akan membahas cara memasang atau mengganti atau cara custom domain seperti yang telah saya bahas di artikel saya sebelumnya, sekarang saya hanya akan membahas manfaat dan kerugian dari menggunakan domain dot com atau sering kita sebut dengan Top Level Domain (TLD).

Dan apa yang membuat saya ingin membahas manfaat sekaligus kerugian menggunkan TLD ? Karena saya hanya ingin berbagi pengalaman yang telah saya dapatkan dari migrasi saya dari blogcepot ke domain TLD yaitu dot com.

Kita mulai dari Manfaat menggunakan Domain dot Com.
Banyak manfaat yang bisa kita ambil dari domain belabel dot com ini, seperti yang telah saya singgung tadi, bahwa ini adalah kategori dari TLD atau Top Level Domain, karena ini adalah benar-benar domain yang mempunyai tingkatan sangat tinggi. Menggunakan domain TLD ini sangat bermanfaat bagi anda karena domain kita menjadi ringkas dan pendek, apalagi saya menggunkan domain yang saya ambil dari nama saya sendiri, jelas ini akan mudah diingat dan menunjukan bahwa siapakah pemilik domain ini.

Domain TLD juga tidak jarang menempati posisi nomor satu pada hasil Search engine. Itu lah yang menyebabkan banyak kemungkinan mendapatkan banyak pengunjung organik yang berasal dari google itu sendiri, meskipun tidak jarang juga bahkan banyak domain gratis menduduki nomor satu, tergantung dari SEO blog itu sendiri.

Blog yang menggunakan TLD mempunyai nilai tinggi dibanding blog yang menggunakan domain gartis, karena saya yakin blog yang menggunakan domain TLD dikelola dengan serius dan bahkan menjadi blog yang paling disayang oleh pemiliknya, meskipun sering juga saya melihat blogger dengan domain gratis yang memiliki nilai yang tinggi dan harga yang pantas disebut blog jagoan bagi pemilinya, entah apa alasannya mereka tidak mau migrasi ke TLD.

Tinggakat kepercayaan yang tinggi menjadi manfaat terakhir yang bisa dirasakan oleh blog yang menggunakan TLD, dengan tanda bahwa domain tersebut menggunakan domain berbayar, maka pengunjung juga akan menganggap bahwa si pemilik blog adalah orang ahli dibidangnya, bahkan jika blog anda berkonten tentang keilmuan, tidak menutup kemungkinan artikel anda dijadikan bahan referensi tugas bahkan karya ilmiah, karena kembali pada manfaat yang terakhir tadi, tingkat kepercayaan yang tinggi dari pengunjung.

Jika ada kelebihan pasti ada kekurangan, begitupun jika ada manfaat pasti ada kerugian, itu sudah menjadi hukum alam.

Dan berikut adalah Kerugian Menggunakan TLD
Meskipun ada kerugian dalam penggunakan TLD ini, tetapi masih kalah dengan banyak manfaat yang kita dapatkan, kerugian yang paling mendasar adalah dibidang materi, dimana kita harus membayar setiap tahunnya untuk jasa sewa domain, yaitu TLD tadi.

Tetapi menurut saya harga domain itu tidak terlalu mahal, kalau pun mahal itu berdurasi setahun bro, setahun itu lama, sementara harga domain yang saya pakai ini hanya berharga Rp. 125.000,- /tahun.

Harga itu tidak cukup membebani bagi blogger yang akan serius dengan blog nya, apalagi jika blog anda menghasilkan dollar dengan mengikuti atau menjadi mitra pengiklan, tentu saja tidak menjadi sebuah beban yang berat.

Meskipun saya sebutkan ini adalah kerugian, tapi tingkat kerugiannya hanya 10% dari manfaat nya, 90 berbading 10 itu adalah ukuran yang sangat jauh.

Jadi apa yang bisa sarankan untuk artikel saya kali ini ? Saya hanya bisa menyarankan kepada anda siapapun anda, baik itu pemula yang ingin menggunakan TLD atau pun master yang enggan menggunkan TLD. Tidak ada salahnya untuk mencoba migrasi ke TLD, bukankah anda ingin serius menjadi blogger, mulailah dari alamat yang anda gunakan.
Tags :

Related : Manfaat dan Kerugian Menggunakan Domain Dot Com (TLD)

1 Response to "Manfaat dan Kerugian Menggunakan Domain Dot Com (TLD)"

PERHATIAN !!!

Terima Kasih Telah Berkunjung.
Saya sangat senang dengan pengunjung saya yang memberikan komentar setiap kali selesai membaca artikel saya, itu adalah cara untuk memberitahu saya bahwa dia telah membaca artikel saya, dan membuat saya dengan senang hati akan mengunjungi blog pengunjung tersebut (jika pengunjung mempunyai blog)

- Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan
- No Link Aktif
- Boleh Rekomendasi
- Suka ? Bagikan !