Memperbaiki Dan Meningkatkan Kualitas Website (Blog)

Sudah dua hari ini saya terus-terusan fokus pada halaman webmaster nya google, karena banyak error yang saya temukan pada halaman blog saya, mulai dari Duplikat Deskripsi Meta, Tag Judul yang Hilang dan Error hatom dan lain-lain, membuat saya pusing mencari-cari sumber error yang tak kunjung ditemukan, dan alhasil berdampak pada prosess akun upgrade akun adsense saya yang kemudian ditolak, miris.

Salah satu yang menarik perhatian saya pada webmaster adalah sisi lain dari dari 'PageRank Metrik', ternyata banyak sekali yang salah pada blog saya, terutama dalam hal kualitas yang masih sangat jauh untuk bersaing dengan blog lain, akhirnya saya berusaha memperbaikinya dengan mencari sumber yang dapat dipercaya dan ditemukanlah beberapa hal yang membuat mata saya terbuka atas kesalahan dan kekurang tepatan pada website saya tentunya tentang google pagerank.

Pagerank ini dikembangkan oleh Sergey Brin dan Larry Page keduanya pendiri awal google, pagerank ini menjadi algoritma penilaian ranking yang menjadi suatu kebanggaan yang dimiliki pemilik blog. Namun ada satu hal yang wajib disadari bahwa pagerank ini bukanlah sesuatu yang harus menjadi pusat fokus anda, dan ini jelas bukanlah sebuah tujuan akhir.

Jika anda perhatikan Technology Overview milik google, disana kita akan melihat bahwa top ingredients   yang mempengaruhi kemampuan SERP sebuah blog, dan itu adalah faktor relevansi yang signifikan dengan data yang banyak dicari user. Ini adalah penilaian google terhadap kinerja blog, blog diberikan rangkin bukan berdasarkan banyak pengunjung melainkan seberapa bermanfaatkah blog tersebut bagi pengunjung.

Tapi akhir-akhir ini blogger khususnya di Indonesia membuat artikel hanya fokus untuk pagerank bukan untuk relevansi, padahal pagerank bukanlah sebuah relevansi. Dan faktor yang mempengaruhi sifat blogger saat ini karena pagerank bisa di ukur dengan angka sementara relevansi tidak. Mungkin itu kalimat sederhananya.

Perbaikan dan Peningkatan Kualitas Website (Blog)
Dari pernyataan diatas, sebagai titik utama yang seharusnya diperhatikan adalah matrik dan pengukuran yang berhubungan dengan peningkatan blog secara langsung, dari pada hanya memperhatikan sebuah nilai Tracking (PageRank) pada blog. Sebagai pemilik blog kita sudah seharusnya memanfaatkan Google Analytics sekaligus tools dari webmaster google yang memungkinkan kita memonitor perkembangan blog kita secara real time.

Sebagai langkah awal untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas dari blog atau website kita, sebaiknya perhatikan indikator-indikator berikut, sebagai bahan fokus utama anda selain memperhatikan PageRank :

Conversion Rate
Ini adalah kejadian alami dimana pengunjung melakukan apa yang diinginkan pemilik blog, saya berikan contoh : pada pemilik website jualan online, pengunjung datang ke website tersebut kemudian pengunjung melakukan transaksi dalam hal ini disebut membeli produk dari website tersebut, atau pada website lain, pengunjung mengisi buku tamu, memberikan komentar dan lainnya yang bersifat interaksi pengunjung dan pemilik blog.

Cara memperbaiki hal ini adalah jelas dari segi anda menuliskan artikel dan cara anda melakukan promosi, dengan tulisan yang baik pengunjung pun akan betah di blog anda, tidak menutup kemungkinan pengunjung melakukan pembelian di website anda jika website anda adalah website jualan online.

Bounce rate dan Clickthrough Rate (CTR)
Sama halnya dengan Conversion Rate, dimana pengunjung hanya datang dan kemudian pergi lagi tanpa mengunjungi halaman lainnya, hal ini jelas membuat google melakukan penilaian bahwa blog atau website anda kurang relevan dengan apa yang dicari oleh user atau pengunjung, khusus untuk CTR ini berkaitan dengan Organic Search Result, dimana para pengunjung datang dengan sendirinya lewat bantuan dari search engine. Untuk memperbaikinya adalah perbaiki deskripsi blog anda, buatlah dengan semenarik mungkin tetapi ingat harus tetap relevan dengan isi konten anda, memperbaikinya juga bisa dengan cara seperti memperbaiki conversion rate ditambah dengan seimbangkan deskripsi, judul pada artikel anda dengan isi artikel anda, jangan sampai judul atau deskripsi berlawanan pandangan dengan isi artikel, ini bisa disebut penipuan informasi.

Selain tiga hal diatas saya rasa masih banyak lagi faktor lain yang semestinya menjadi faktor ukuran nilai baik sebuah blog, diantaranya trafik, daily reach dan jumlah pageview.

Saya rasa cukup sekian pertemuan saya kali ini dengan anda, semoga bermanfaat dan semoga anda tidak puas sehingga membuat anda memberikan komentar pada artikel ini, terima kasih.
Tags :

Related : Memperbaiki Dan Meningkatkan Kualitas Website (Blog)

1 Response to "Memperbaiki Dan Meningkatkan Kualitas Website (Blog)"

  1. Sebelumnya, terimakasih atas artikelnya gan, sangat membantu, nanti saya coba terapkan di blog saya :)

    Sebagai referensi, jika berkenan, silahkan baca panduan yang saya buat, berikut daftarnya:
    Cara Mendaftar Google Adsense Melalui YouTube Terbaru!
    Penghasilan dan Bukti Gajian Google Adsense Saya per Bulan-nya
    Alasan Penolakan Google Adsense Beserta Solusi-nya
    Kriteria Blog Yang Disukai Oleh Google Adsense

    Barangkali dapat membantu :)

    ReplyDelete

PERHATIAN !!!

Terima Kasih Telah Berkunjung.
Saya sangat senang dengan pengunjung saya yang memberikan komentar setiap kali selesai membaca artikel saya, itu adalah cara untuk memberitahu saya bahwa dia telah membaca artikel saya, dan membuat saya dengan senang hati akan mengunjungi blog pengunjung tersebut (jika pengunjung mempunyai blog)

- Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan
- No Link Aktif
- Boleh Rekomendasi
- Suka ? Bagikan !