Tips Mencegah Dan Mengatasi Google Deindex Pada Blog Dan Website, Saran Master SEO

Google Deindex, Google Dance, Banned Google, Google Panda, Google Pinguin, Google Cicak, Google Ayam Jantan, banyak sekali istilah google yang baru untuk saya, dan sangat ingin saya pelajari satu persatu, saya sering sekali menjumpai nama-nama tersebut di forum-forum besar di Indonesia terutama forum blogger.

Munculnya algoritma baru dari google seperti beberapa yang saya sebutkan di atas banyak trik SEO yang telah diterapkan oeh para blogger menjadi masalah atau tidak berfungsi, Seperti google bergoyang (google dance) dan google deindex, saya adalah orang yang jauh dari kata ahli SEO bahkan tidak mengerti SEO sempat bertanya kepada para master dan mencoba mempelajari nya dari mereka, terutama tentang google deindex yang sangat merugikan para blogger di bidang SEO, tujuan SEO adalah membuat website dan blg berada di puncak pencarian mesin google, tapi optimasi mereka malah membuat website dan blog nya tidak terdeteksi oleh google atau deindex ini.

Lalu apa yang saya dapat dari pelajaran saya dari master SEO tentang google Deindex ini ? salah satunya pengecekan apakah blog dan website saya terkena deindex atau tidak, cara nya sangat gampang, anda bisa ikuti langkah di bawah ini :
  • Silahkan ada masuk ke www.google.com atau www.google.co.id.
  • Kemudian anda ketikan (site:namabloganda.com), contoh site:imammunandar.com, maka di mesin pencarian akan terlihat seperti ini

Hasil diatas menunjukan bahwa blog dan website anda aman dari deindex, karena kalau Halaman Home, kemudian halaman lain tidak ada di hasil pencarian, berarti blog dan website anda bermasalah dalam kasus ini bisa di sebut terkena wabah Deindex.

Nah kemudian saya bertanya kembali kepada master SEO, "Master bagaimana cara nya agar blog kita terhindar dari google deindex ini ?", kemudian sang master menjawab dengan tenang, dia hanya mengatakan, follow me :

Cara Mencegah Google Index Pada Blog / Website
Mencegah lebih baik dari pada mengobati dan kata master itu ini dia cara yang terpat agar kita terhindar dari google deindex tersebut :

1. Fresh Content / Artikel yang baru dan berkualitas
Algoritma google yang menggunakan dari nama burung ES atau pinguin ini sangat menyukai Fresh Content (mungkin karena pinguin suka ikan dan Fresh hampir mirip suku katanya dengan Fish, hehe...) Saya biasa nya menulis artikel 2 artikel setiap hari secara rutin, kadang saya menulis hingga 10 artikel dalam sehari (jika ada waktu senggang), tidak lain dan tidak bukan ini untuk memberi makan pinguin tadi hehe.

2. Duplicate Content
Nah ini dia virus dari segala virus di dunia blogging yaitu duplicate content, ini biasanya dialami blogger yang belum punya refutasi tinggi dan kontennya di copas oleh orang lain, tetapi ini tidak akan berlaku pada blog populer karena google sekarang cerdas, tidak akan mungkin salah untuk menghukum blog. Tapi itu adalah External Duplicate Content, anda jangan dulu tenang ketika content anda tidak di copas orang lain, bisa jadi anda sendiri yang membuat duplicate content dengan sendirinya, ini disebut Internal Duplicate Content. Contoh ketika anda membuat blog anda menjadi TLD, ini sering menjadi duplicate content, ketika anda dulu sedang berstatus blogcepot.com dan konten anda telah terindex oleh google, kemudian si blogcepot tadi anda ganti dengan www.sayaganteng.com, maka seluruh isi konten akan menjadi 2, karena semua konten anda bisa di kases lewat si blogcepot.com tadi, juga oleh domain anda yang baru, tapi jangan khawatir ini hanya bersifat sementara, mungkin butuh 2 minggu si google untuk merender blogcepot tadi ke domain anda yang baru.

3. Blog Content Otomatis
Sebelum dua binatang tersebut menjadi algoritma google (panda dan pinguin), banyak blogger yang memanfaatkan AGC untuk mendapat keuntungan dari google adsense atau pun dari program affiliate, tetapi beda hal dengan sekarang, cara tersebut mungkin bisa dikatakan expire, karena google sangat tidak menyukai blog yang menggunakan autoblog.

Masih banyak tips untuk menghindari google deindex ini, itu adalah ke3 poin penting yang harus di perhatikan, terutama SEO on page anda
Cara Mengatasi Google Deindex Pada Blog / Website
Si master SEO tersebut jga memberikan saya jurus ampuh untuk mengatasi blog kena deindex, tapi amit-amit sih, dari pada kena dindex mending kena berkah adsense setiap hari hehee. kalau blog anda terkena deindex dari google ini cara dan jurus yang hebat dari master SEO tadi, ajukan banding ke webmaster, tapi ini hanya berlaku jika penyakit (penyebab) deindex anda tidak serius, tapi sebelum anda melakukan banding sebaiknya anda lakukan beberapa tahap dibawah ini :
  1. Koreksi blog anda, perhatikan bagian mana yang melanggar TOS google, mulai dari konten (Konten Copas, Konten Berbayar, Konten Hak Cipta, Konten Sponsor, Konten yang mengandung Sara).
  2. Review HTML blog anda, apakah ada script berbahaya yang tersimpan pada blog anda apa tidak.
  3. Megajukan banding agar blog anda kembali bisa di index oleh google atau reindex google.
  4. Silahkan anda login ke Google Webmaster
  5. Buka tinjauan ulang atau untuk memudahkan anda tanpa perlu mencari, anda bisa langsung masuk lewat https://www.google.com/webmasters/tools/reconsideration
  6. Kemukakan alasan anda secara singkat dan langsung menuju maksud dan tujuan anda, dan ungkapkan juga bahwa anda telah mereview juga memperbaiki isi blog anda secara menyeluruh.
Kata si master, dalam waktu 1x24 jam, anda akan menerima balasan dari pihak google, dan jika blog atau website anda tidak melanggar TOS google maka blog dan website anda akan bisa reindex kembali. semoga berhasil.

Mungkin sekian apa yang saya dapatkan dari master SEO yang saya temui di perguruan ninjutsu, semoga anda tidak puas dengan penjelasan saya sehingga anda akan memberikan komentar pada artikel ini.

Selamat beraktifitas kembali dan bye bye ...
Tags :

Related : Tips Mencegah Dan Mengatasi Google Deindex Pada Blog Dan Website, Saran Master SEO

2 Responses to "Tips Mencegah Dan Mengatasi Google Deindex Pada Blog Dan Website, Saran Master SEO"

  1. terimakasih banyak atas penjelasannya min, blog saya kena de index.. semoga lekas sembuh dengan mengajukan banding nanti :)

    ReplyDelete

PERHATIAN !!!

Terima Kasih Telah Berkunjung.
Saya sangat senang dengan pengunjung saya yang memberikan komentar setiap kali selesai membaca artikel saya, itu adalah cara untuk memberitahu saya bahwa dia telah membaca artikel saya, dan membuat saya dengan senang hati akan mengunjungi blog pengunjung tersebut (jika pengunjung mempunyai blog)

- Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan
- No Link Aktif
- Boleh Rekomendasi
- Suka ? Bagikan !