Penyebab Bounce Rate Pada Blog dan Website

Pada tahun 2012 ketika saya awal-awal ngeblog, saya pernah mengalami menjadi blogger yang kaya akan konten tetapi pengunjung saya sangat sepi, padahal saya selalu update artikel setiap hari, apa mungkin saya terkena virus bounce rate ? Ko virus ? yang merugikan sebut saja virus, setuju ?

Lah A, apa bounce rate ? Kenapa disebut virus ? Sebagian dari banyak blogger sering mempertanyakan hal seperti itu, dan saya juga sering menemui pertanyaan seperti itu pada halaman forum blog, dan makanya juga saya menuliskannya, lumayan dapat ilmu langsung ditulis.

Apakah bounce rate itu adalah bola yang memantul ?
Jawabannya adalah iya jika anda adalah pemain tenis meja, tetapi jika anda blogger itu adalah salah karena bounce rate disini adalah rasio pengunjung yang jumlahnya banyak tetapi hanya membuka halaman itu-itu saja pada blog anda.
Misal, anda mempunyai pengunjung sebanyak 5000/ hari, sedangkan 1 halaman pada blog anda dibuka oleh mereka sebanyak 200 kali, jadi bounce rate blog anda adalah 4%, hitung saja (200/5000)x100%= berapa hayo ? yaitu dia 4%. 

Semakin besar jumlah porsi bounce rate pada blog anda semakin buruk pula kinerja blog anda, 20% menjadi angka maksimal untuk bounce rate tersebut, ini merupakan jumlah normal, jika lebih dari itu maka habislah blog kita, anda bisa melihat atau menganalisa bounce ini dengan bantuan Google Analytics

Penyebab utama bounce rate
Besar kecilnya bounce rate pada blog anda, biasanya akan ditentukan dari beberapa segi berikut ini :

1. Kecepatan loading halaman blog.
Blog yang mempunyai kecepatan loading yang super cepat akan mengurangi jumlah bounce pada blog anda, karena jumlah pengunjung yang akan membatalkan mengunjungi artikel selanjutnya dari blog anda semakin kecil, jika blog anda berat maka ketika pengunjung akan membuka artikel lain mereka mulai bosan dan membatalkan untuk mengunjungi halaman lain pada blog anda.

2. Navigasi yang teratur dan rapih
Hal ini juga bisa mengurangi jumlah bounce rate pada blog anda, karena dengan rambu-rambu lalu lintas yang baik pada blog anda akan memudahkan pengunjung untuk berselancar ke halaman lain pada blog anda.

3. Kemegahan Konten
Jelas ini adalah faktor utama dari yang utama, kemegahan konten berarti konten dalam blog anda memiliki porsi yang sama rata, atau dengan kata lain sama berkualitasnya antara konten satu dengan yang lainnya, pengunjung akan mulai penasaran pada konten anda yang lainnya ketika mereka berada pada konten anda yang mereka dapatkan.

4. Internal Link
Semakin banyak internal link yang ada blog anda juga akan menjadi penentu blog memiliki nilai bounce besar atau kecil, ini sama halnya dengan no.2

Si Bounce ini terkadang tidak begitu diperhatikan oleh para blogger, tetapi alangkah baiknya kita memulai dan menjadi pelopor bahwa bounce rate juga akan mempengaruhi nilai SERP anda.

Semoga artikel kali ini membuat anda sadar, dari yang tidak tau menjadi tau, dari yang tau menjadi sangat tau, dari yang sangat tau menjadi lebih tau, dari yang lebih tahu bisa menambahnya dengan kecap biar lebih enak. Terima Kasih.
Tags :

Related : Penyebab Bounce Rate Pada Blog dan Website

1 Response to "Penyebab Bounce Rate Pada Blog dan Website"

  1. Maaf nih bang iman.....di atas abang menuliskan 20% adalah angka maksimal bounce rate bagus buat blog...kalau tidak bisa berbahaya...tapi kenyataannya setelah saya cek menggunakan seo quake blog abang ini memiliki bounce rate yang sangat fantastis......yaitu 87,5%.

    Saran sebaiknya jangan menetapkan angka pasti jika kita tidak dapat membuktikkannya....

    Terima kasih, semoga komentar saya ini tidak membuat abang marah.Karena tujuan saya hanya memberikan masukkan buat admin....dan kebaikan kita bersama.

    ReplyDelete

PERHATIAN !!!

Terima Kasih Telah Berkunjung.
Saya sangat senang dengan pengunjung saya yang memberikan komentar setiap kali selesai membaca artikel saya, itu adalah cara untuk memberitahu saya bahwa dia telah membaca artikel saya, dan membuat saya dengan senang hati akan mengunjungi blog pengunjung tersebut (jika pengunjung mempunyai blog)

- Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan
- No Link Aktif
- Boleh Rekomendasi
- Suka ? Bagikan !