Platform Dari Google (blogger.com) Tetap Yang Terbaik

Baru beberapa jam saya menyatakan ingin hijrah ke Worpress, eh ko kenapa tiba-tiba ada artikel saya yang menyatakan bahwa blogger.com adalah tetap yang terbaik, dan memang terbukti ini adalah yang terbaik, pilihan yang paling tepat untuk blogger baru seperti saya terutama dalam hal menghemat hehe.

Kenapa saya tidak jadi hijrah dan menyatakan bahwa blogger.com yang terbaik, itu karena setelah tadi saya mengatakan ingin pindah ke wordpress kemudian saya tuliskan artikelnya, setelah itu saya coba-coba buka worpress dan mendaftar, saya sudah berhasil memindahkan semua isi artikel saya ke sana, tara jadilah Blog Aa Imam ini di Platform yang baru.

Setelah sekian lama utak atik dan ternyata fitur wordpress telah banyak sekali mengalami perubahan semenjak saya terakhir menggunakan wordpress ini. Saya asumsikan bahwa wordpress ini adalah penyedia blog gratis yang matre. Loh ko matre ? Apa-apa bayar sob. Iya lah bayar pipis aja bayarkan hehee.

Bukan itu masalahnya, saya sudah punya domain TLD, tapi kalau mau dipasang di wordpress meskipun wordpress.com yang gratis itu, tetap saja harus bayar lagi 13 dollar/tahun, ini namanya matre, kalau pakai domain yang dikasih disana yaitu xxxx.wordpress.com saya rasa kurang PD, soalnya yang umum itu yang dibelakangnya blogspot.com jarang yang pake belakangan wordpress.com.

Soal tema apalagi, kudu premium sob. Tidak ada ceritanya disana bisa pasang template yang sudah kita punya, apa mungkin saya tidak tau caranya kali yah hehe.

Kemudian saya mulai membandingkan Wordpress dengan Blogger, tapi ini yang menjadi perbandingan adalah dasarnya saja :

1. User Friendly
Jelas sekali nampak pada dashboard kedua Platform ini jauh sekali berbeda, pemenangnya dalam hal User Friendly adalah Blogspot atau Blogger, untuk pemula saya rasa menggunakan Wordpress akan keteteran, kalau di blogger sekali anda lihat pasti anda langsung bisa menggunkan setiap fitur yang tersedia di blogger, ingat menu dasar bukan untuk kalangan master.

2. Template
Untuk hal premium mungkin wordpress akan menjadi pemenang, tetapi kita sedang membicarakan menu dasar, coba bayangkan anda menggunakan blogger dan mempunyai template gratis, anda bisa dengan mudah menerapkannya pada blog anda, dan sangat mudah, jika anda menggunakan wordpress anda akan kesulitan kalau pun bisa menerapkan template selain product dari wordpress pasti ada plugin khusus untuk memasangnya, intinya ribet, pemula pasti kerepotan.

3. Edit HTML (Pengkodean)
Menjadi blogger pemula tidak menutup kemungkinan menguasai bahasa pemograman, setuju ? Diblogger anda bisa mendapatkannya dengan praktis, tinggal masuk ke menu template kemudian Edit HTML, selesai. Wordpress juga bisa jika anda menggunakan wordpress.org yang disebut wordpress premium pasti fitur ini akan anda dapatkan, kalau yang gratis jangan harap. Tapi itu premium, ingat premium sob, mahal juga. Coba kalau blogger ada versi premium pasti lebih kaya fitur nya. Siapa yang setuju ?

4. Kekayaan Tools 
Ini dia kelebihan blogger dibanding wordpress, meskipun wordpress.org sekalipun akan kalah. Mudahnya mengintergrasikan blogger.com ke berbagai tools google, mulai dari Analytic, Webmaster bahkan adsense sekalipun sangat mudah untuk blogger. Wordpress juga bisa, iya bisa tapi menggunkan kunci lain, alias harus daftar ini ono dulu, kalau di blogger kan sudah otomatis, ingat satu akun untuk semua tools, tidak percaya ?

Ini jelas bahwa blogspot lebih unggul ketimbang wordpress, meskipun wordpress premium memang sedikit lebih ngeri, tetapi kelebihan yang dimiliki wordpress harus dibeli, ini seperti kasus Manchester City yang kaya raya membeli semua pemain bagus hingga menjadi juara dan sekarang menjadi salah satu klub sepak bola yang siap bersaing di Inggris atau di luar Inggris.

Mungkin sekian dari saya, anda pengguna wordpress jangan tersinggung, karena ini bukan untuk menyinggung anda, ini review saya saja, terima kasih.
Tags :

Related : Platform Dari Google (blogger.com) Tetap Yang Terbaik

0 Response to "Platform Dari Google (blogger.com) Tetap Yang Terbaik"

Post a Comment

PERHATIAN !!!

Terima Kasih Telah Berkunjung.
Saya sangat senang dengan pengunjung saya yang memberikan komentar setiap kali selesai membaca artikel saya, itu adalah cara untuk memberitahu saya bahwa dia telah membaca artikel saya, dan membuat saya dengan senang hati akan mengunjungi blog pengunjung tersebut (jika pengunjung mempunyai blog)

- Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan
- No Link Aktif
- Boleh Rekomendasi
- Suka ? Bagikan !