Anda Salah Dan Keliru Menilai Seorang Penulis Blog (Blogger)

Ada sebuah pemahaman yang salah dan cara pandang yang salah ketika mereka ingin menjadi penulis blog, tetapi mereka takut untuk memulai, mereka menganggap menjadi blogger harus ini itu dan itu ini, padahal menjadi blogger hanya perlu media dan kemauan. 

Media, banyak sekali media yang bisa dijadikan medan perang anda menjadi seorang blogger, saya sebutkan yang gratis saja, diantaranya adalah, Blogger, Wordpress, Tumblr, Weebly, Multiply dan Blogdetik juga banyak yang lainnya, meskipun Blogger dan Wordpress yang sangat populer di dunia khusus nya di Indonesia sendiri.

Kemauan/ keinginan, ini juga merupakan modal penting bagi anda, dan bukan sekedar hanya ingin dan mau cobalah bergerak atau mulailah 'ngeblog', jika hanya membuat blog dalam hati anak TK juga bisa.

Tetapi ada pemahaman yang salah yang menyebar turun menurun, yang menyebutkan bahwa kegiatan ngeblog ini adalah kegiatan ekslusif yang hanya bisa dilakukan oleh orang-orang tertentu, dan menjadikan sebuah ketakuan orang lain untuk mulai membuat blog atau menjadi blogger meskipun hanya sekedar mencoba. Padahal siapa saja bisa membuat blog dan menjadi blogger asal ada dua modal tadi, yaitu media dan kemauan.

Berikut saya survei dari beberapa sumber dan menurut saya ini adalah pemahaman yang salah yang berkembang saat ini tentang dunia penulis blog.

1. Blog hanya orang yang bisa menulis dengan benar
Ini merupakan sebuah pemahaman yang luar biasa salah, memang siapa yang akan menghukum anda ketika anda tidak bisa menulis dengan benar, anda juga tidak akan pernah di kasih tugas tambahan oleh guru anda ketika anda salah menerapkan EYD dalam tulisan anda.

Jangan pernah berfikir blogger atau penulis blog adalah orang-orang yang bisa menulis dengan benar, coba anda search di google, tulis kata pencarian anda dengan kalimat gaul saya beri contoh "Gue Bakal Ngasih Tutorial bla bla bla", pasti ada dan bahkan akan banyak di jumpai, banyak blogger yang menggunakan bahasa gaul dan tidak memperhatikan EYD. Jangan Salah Paham saya juga tidak bisa menulis dengan benar, bahkan tulisan saya jelek, sering kena marah guru bahasa Indonesia hehe

2. Berjiwa reporter baru menjadi blogger
Ini sebuah ke konyolan terstruktur menurut saya, yang mempunyai anggapan bahwa blogger hanya untuk orang yang berjiwa reporter sesungguhnya dia tidak mempunyai saham di google (tidak pernah menggunakan google), anda lihat saja, banyak sekali blog yang isi nya tips dan trik, pelajaran, bahkan banyak pula blog pribadi yang mengulas kesehariannya (Buku Harian Online), jangan pernah punya anggapan sekonyol ini, saya juga tidak bisa mewawancarai seseorang dan juga tidak bisa menjadi reporter sepak bola, perlu bicara yang sangat cepat brohh, hehe.

3. Blog hanya kegiatan orang pintar
Perlu anda ketahui, orang pintar tidak suka menulis blog, orang pintar akan lebih suka membuat ramuan khusus, cek saja di labolatorium pasti banyak orang pintar yang sedang membuat ramuan khusus menyuburkan rambutnya.

Maaf itu hanya Intro hehee, coba anda teliti baik-baik, apakah benar penulis blog harus pintar, menurut saya tidak juga, malahan kebanyakan blogger di Indonesia adalah blogger learn, yaitu blogger yang menuliskan artikelnya dari apa yang sedang dia pelajari, dan sangat salah jika anda menganggap blogger harus pintar, jangan salah paham lagi, blogger pintar itu tidak ada, semuanya sama-sama belajar. ingat itu kawan, saya juga tidak pintar tapi saya blogger, karena saya tidak pintar itu yang menjadikan saya blogger sekalian tambah-tambah wawasan.

4. Blogger hanya untuk pencari dollar
Yang ini malahan lebih aneh menurut saya, bagaimana bisa nulis blog menghasilkan uang, siapa yang mau membayar tulisan anda, dari pada mereka membayar tulisan anda, yang ada mereka membeli buku di toko buku yang sudah jelas terjamin kualitasnya.

Kecuali anda mendaftarkan blog anda kepenyedia iklan semisal google adsense, tapi ketika anda menjadi blogger tidak ada hukum wajib bagi anda untuk mendaftar adsense, dan tidak wajib pula untuk anda mendapatkan penghasilan. Saya juga mempunyai blog dan tidak mempunyai penghasilan dari blog.

5. Blogger harus jago komputer
Coba saya ingin bertanya kepada anda, scoba sebutkan siapa blogger yang jago komputer di dunia ini ? Kalau memang blogger untuk yang jago komputer, mungkin tukang service komputer diseluruh dunia lah yang menguasi dunia blog, betul tidak ? Cukup bisa mengoprasian komputer secara standar seperti saya, anda pasti bisa menjadi blogger.

6. Harus pintar membuat design yang bagus dan coding HTML
Apalagi yang satu ini, saya memang bisa coding HTML karena saya berada di jurusan itu, tapi urusan seni nya saya kurang bisa, membuat design adalah seni bukan sebatas HTML, dan HTML pun tidak diwajibkan di dunia blogger, dan anda juga tidak diwajibkan menggunakan template buatan anda sendiri pada blog anda, penyedia blog pasti sudah menyiapkannya untuk anda. Lagi pula anda tidak perlu pusing-pusing memikirkan design yang bagus, pentingkan postingan anda, update setiap hari.

7. Artikel Blog harus original
Kalau yang ini memang iya sih, tapi ada alternatif lain jika anda memang tidak punya ide untuk di tulis, yaitu menggunkan tekhnik rewrite, atau menulis ulang artikel orang lain dengan tata bahasa dan cara anda berkomunikasi, intinya artikel anda harus beda dengan artikel yang anda buat sebagai panduan, tetapi tujuan mengarah sama ke satu titik dengan artikel yang anda buat sebagai panduan anda menulis artikel.

Kesimpulan :
Tidak ada kriteria khusus untuk menjadi bogger, jangan pernah takut untuk memulai hal baru, saya yakin kegiatan blogging ini sangat bermanfaat dan nilai positif nya diatas rata-rata.

Happy Blogging....
Tags :

Related : Anda Salah Dan Keliru Menilai Seorang Penulis Blog (Blogger)

2 Responses to "Anda Salah Dan Keliru Menilai Seorang Penulis Blog (Blogger)"

  1. ocree aa Imam.. tar kunjungi jg Blog anE ya.. hehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah om, sering sering aja mampir kesini, ntar juga kecepretan berkah, aaminn hehee

      Delete

PERHATIAN !!!

Terima Kasih Telah Berkunjung.
Saya sangat senang dengan pengunjung saya yang memberikan komentar setiap kali selesai membaca artikel saya, itu adalah cara untuk memberitahu saya bahwa dia telah membaca artikel saya, dan membuat saya dengan senang hati akan mengunjungi blog pengunjung tersebut (jika pengunjung mempunyai blog)

- Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan
- No Link Aktif
- Boleh Rekomendasi
- Suka ? Bagikan !