3 Tips Ampuh Menghadapi Wawancara Kerja

Wawancara kerja yang baik, ini akan sangat bermanfaat bagi anda yang sedang atau akan menjalani wawancara kerja dalam waktu singkat.

Bekerja, satu kata mempunyai makna yang begitu besar, kita analogikan disini dan kita ambil contoh yang saya alami (kejadian nyata). Tahun 2014 saya lulus dari salah satu perguruan tinggi di Bandung, dan tepat satu tahun setelah itu saya bertemu dengan teman saya, dan menanyakan hal yang menurut saya itu adalah sakral dan seperti petir di siang bolong, sama hal nya dengan di tanya "kapan nikah ?".

Teman saya bertanya kepada saya "Bro, sekarang kerja dimana ?", jujur saya bingung menjawabnya, karena memang saya pada saat ditanyakan seperti itu belum bekerja, nah bagaimana jika ini kepada anda, anda akan menjawab apa jika mendapatkan pertanyaan seperti itu ?

Mungkin dalam beberapa hari ini ada diantara anda yang akan menjalani wawancara kerja. Oh iya selamat mendapat panggilan wawancara, ini adalah langkah awal anda, karena tidak mudah untuk mendapat panggilan kerja dari perusahan, betul ? lakukan semua ini dengan baik dan benar, sedikit kesalahan saja bisa berpengaruh buruk bagi karir anda.

Kenapa wawancara kerja itu sangat penting ?
Karena, di posisis sekarang ini anda sedang di test awal, arti nya anda sedang dalam proses memperkenalkan diri anda pada perusahaan, sejauh apa yang anda bisa dan juga kemampuan verbal apa yang anda mampu, berikan kesan positif karena ini adalah kesan pertama anda bertemu dengan perusahaan yang anda lamar. 

Memberikan kesan pertama yang sangat positif sangatlah penting, dimana anda bersama kandidat lain yang sama menungu jatah wawancara yang akan menjadi saingan anda masuk ke perusahaan tersebut, tunjukan pula persyaratan yang harus dibawa selengkap mungkin, jika anda di suruh membawa 10 dokumen, maka bawalah 10 dokumen yang di rekomendasikan, kalau bisa yang tidak di rekomendasikan tapi bersifat penting, apa salahnya juga di bawa, contoh : sertifikat keterampilan lainnya.

Dari sisi perusahaan juga, proses wawancara ini sangat penting, mereka akan melihat anda secara utuh didepan mereka, dan mereka akan memperhatikan segalanya, jangan sampai anda melakukan kesalahan dalam berbicara atau penampilan, meskipun ini bukan bagian dari skill, tapi ini juga sangat berpengaruh dalam wawancara kerja.

Tips persiapan yang baik pada saat wawancara kerja
Berikut saya akan berikan tips wawancara yang bai dan benar, perhatikan poin demi poin nya, ini yang akan membantu anda menjalani pandangan pertama tersebut :

  1. Persiapkan fisik yang fit. Kenapa fisik erlu disiapkan ? kita mau wawancara bukan mau latihan olah raga ? jangan salah paham, fisik disini adalah kondisi tubuh anda, kita ambil analogi kembali, jika anda bertemu seseorang yang spesial dan pada kondisi tersebut anda kurang tidur dan otomatis pula muka anda pucat, pikirkan dalam hati anda, bagaimana perasaan orang yang spesial tersebut, bisa jadi mereka akan ilfeel kepada kita, begitu pun wawancara kerja, ingat penampilan adalah segalanya, segala sesuatu akan di tilai dari cover terlebih dahulu sebelum ke tahap selanjutnya, apakah anda ingin memberikan kesan negatif pada penilaian pertama ini ? pikir kembali.
  2. Persiapkan mental yang kuat. Ini memang bukan latihan militer, tapi segala sesuatu atau menghadapi sesuatu butuh mental yang kuat dan kokoh, kenapa mental ini harus di bangun sebelum wawancara ? karena pewawancara biasa nya memberikan pertanyaan yang sedikit nya membuat kita drop, gugup sedikit wajar itu adalah sifat alamiah dari manusia. pertanyaan yang sering menyudutkan calon karyawan misalnya di tanya seputar gaji yang ingin di dapatkan, jelas ini akan membuat gugup, karena kita tidak tau menau soal gaji di perusahaan tersebut, hadapi dengan tenang dan jika mental kita kuat kita akan bisa lebih tenang tanpa tekesan di buat-buat, dan berikan jawaban yang mengandung pertanyaan balik kepada pewawancara, contoh : "Berapa anda pantas di bayar untuk bekerja di posisi ini ?" anda jawab dengan tekhnik tadi dengan sopan "Mohon maaf sebelumnya, berapa yang anda tawarkan kepada saya, sebagai refensi penghasilan saya ?" seperti itu cukup memperlihatkan mental baja yang anda miliki.
  3. Datanglah 1 jam lebih cepat dari jadwal. Ini bukanlah sesuatu yang bersifat buang-buang waktu, anda datang 1 jam lebih awal menunjukan keseriusan anda untuk bersaing di perusahaan tersebut, dan pasti pewawancara akan menilai bahwa anda orang yang disiplin waktu. Kenapa disiplin waktu ini saya simpan di no.3, ini karena waktu adalah segalanya dan waktu adalah penentu karir anda, keterlambatan akan membuat perusahaan menilai anda sebagai pemalas, jadi pergunakan waktu anda sebaik mungkin.
Mungkin beberapa tips itu bisa membantu anda dalam menghadapi test wawancara kerja, kenapa saya berikan hanya 3 poin ? karena 3 poin diatas adalah yang sering dilupakan oleh beberapa orang atau para calon karyawan, seperti cara berbicara dan yang lainnya sering di lihat di artikel lain, tapi 3 oin diatas sangat jarang dan nyaris luput dari pengamatan para penulis lain.

Semoga bermanfaat. Terima kasih.
Tags :

Related : 3 Tips Ampuh Menghadapi Wawancara Kerja

0 Response to "3 Tips Ampuh Menghadapi Wawancara Kerja"

Post a Comment

PERHATIAN !!!

Terima Kasih Telah Berkunjung.
Saya sangat senang dengan pengunjung saya yang memberikan komentar setiap kali selesai membaca artikel saya, itu adalah cara untuk memberitahu saya bahwa dia telah membaca artikel saya, dan membuat saya dengan senang hati akan mengunjungi blog pengunjung tersebut (jika pengunjung mempunyai blog)

- Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan
- No Link Aktif
- Boleh Rekomendasi
- Suka ? Bagikan !