Tukar Link Sama Sekali Tidak Bermanfaat Untuk SEO, Malah Merugikan

Anda mungkin pernah mendengar teknik tukar link atau tukaran link sesama pengguna blog ? atau anda pernah melihat di menu navigasi blog seseorang terdapat navigasi untuk tukar link ? Kalau iya mari kita bahas hal ini bagus atau tidak untuk blog anda, tetapi kalau tidak cari tau dulu sana, eh jangan deh, saya akan jelaskan sedikit.

Apa Itu Tukar Link (Tukaran Link) ?
Tukar link adalah pertukaran link, loh sama aja yah hehee, ya pokoknya intinya begitu, blog satu dengan blog yang lainnya di nikahkan dengan cara menaruh link yang di tukar tadi di dalam blog yang di tukar link nya, biasanya disimpan di footer, tapi banyak juga yang menyimpanya di slidebar.

Jujur saja, saya pribadi beranggapan bahwa tukar link ini adalah sesuatu yang sangat tidak disarankan pisan, bahkan aktifitas seperti ini tidak akan pernah dan tidak akan pernah saya lakukan jika saya mempunyai sebuuah blog (Loh ini juga kan blog) sorry salah.

Ini menjadi sebuah fenomena yang berkecambuk dalam pikiran saya, saya sering bertanya, ini tujuannya apa coba ? jika tujuannya untuk mendatangkan trafik jelas link yang di sliderbar lebih menang dibanding yang di footer, tapi pertanyaannya apakah ada orang yang klik ? hmm.

Jika tujuannya mencari backlink, mungkin PR yang di dapat N/A, kecuali yang di tukarnya berPR tinggi ini beda lagi, tapi kebanyakan yang tukaran link ini berPR 0, asal anda tau saja, link-link yang tertukar ini jarang sekali di lihat oleh google, karena seperti judul sinetron, Link yang tertukar hehee.
Disini saya bukan mengajak anda untuk tidak melakukan tukeran link, tapi saya mengajak berfikir, coba anda pikirkan dengan tenang, apa yang saya katakan salah apa benar ?

Tukar Link Sama Sekali Tidak Bermanfaat
Dari 2 tujuan praduga saya diatas yaitu mendatangkan trafik dan mencari backlink, maka saya vonis tukar link adalah sesuatu yang salah. Tukar link seharusnya mempunyai tujan untuk kepentingan pengunjung, yaitu dengan merekomendasikan blog lain yang sama pembahasannya dengan blog anda, tapi saya lihat antara blog memasak dan service komputer bisa bertukar link, ini nyambungnya dimana ? Masa iya masak diatas komputer, biar kekinian kali yah hehe

Tukar Link Adalah Ilegal
Wow, sadis ini sub judulnya, tapi memang kebanyakan dari blogger negeri tercinta ini mungkin termasuk saya dan anda, tapi saya mah tidak ah, aktifitas ini adalah bersifat ilegal, saya bukan memvonis tanpa bukti, saya hanya memberikan pemikiran jernih kepada anda.

Anda pernah lihat tukar link di luar Indonesia ? saya rasa tidak, karena saya tau anda jarang buka blog orang di luar Indonesia. Mereka disana mengganggap hal ini adalah tindakan ilegal, karena ini sama saja memaksa blog anda untuk di optimasi, mereka tidak mau terkena UUITE, karena tindakan ilegal di dunia internet sudah lama ada dilar Indonesia, jadi mereka mengerti bahwa tindakan seperti ini menyalahi TOS dunia internet. Kalau saya salah bicara tunjukan dimana salahnya ? hehe

Jangan mudah percaya sama orang, meskipun itu sahabat
Sub judul ini adalah pepatah, anda pasti sering mendengarnya kan ? Apalagi jika anda sedang merasa di khianati. Nah nasihat ini pun berlaku, berlakunya jika salah satu dari terdakwa tukar link ini bersikap egois dan menghapus link temannya, jelas ini akan merugikan blog temannya itu kan ?

Berarti backlink hilang, backlink kecil hilang, sudahlah pupus harapannya hehe, bukan hanya backlink yang hilang, link juice page blog akan berceceran terbagi kesana kemari jika anda sedang mendalami SEO ini bisa bahaya, kecuali link tadi nofollow, maka ini masih aman.

Dan trafik pun akan sedikit terpengaruhi, anda mengerti maksud saya, link sudah hilang apa yang mau diharapkan dari mendapat trafik, betul ?

Jadi apakah semua tukar link tidak bagus ?
Bukan begitu maksud saya, tukar link bisa menjadi bagus dan legal jika anda melakukan tukar link sesuai prosedur Google, yaitu link nofollow dan tidak terlalu berlebihan, dan ingat jangan sampai blog masak tukar dengan blog service komputer ini jelas melanggar relevansi nya google, kecuali blog gado-gado, masih enak lah di tambahin kecap.

Jika anda melakukan tukar link sesuai aturan google maka link teman anda yang anda pasang harus beraliran nofollow. Sistem tukar link di Indonesia kebanyakan beraliran dofollow, ini jelas berbahaya jika kejadian praduga seperti tadi.

Jadi kesimpulannya tukar link ini sangat tidak bermanfaat jika anda tidak melakukan apa yang sudah menjadi aturan google atau menyalahi aturan, kalau anda mematuhi aturan google maka link yang anda tukar menjadi legal dan aman.

Maaf jika ada pihak-pihak yang tersinggung, jangan mudah marah, marah itu tidak baik, saya yakin jika anda pelaku tukar link yang sesuai aturan google, bukan asal tempel link, kalau pun anda pelaku tukar link yang tidak mematuhi aturan google, saya mohon maaf, saya hanya ingin sekedar mengingatkan para pemula yang akan terjerumus jika tidak diingatkan, hehehe sekali lagi saya minta maaf dan terima kasih.
Tags :

Related : Tukar Link Sama Sekali Tidak Bermanfaat Untuk SEO, Malah Merugikan

2 Responses to "Tukar Link Sama Sekali Tidak Bermanfaat Untuk SEO, Malah Merugikan"

PERHATIAN !!!

Terima Kasih Telah Berkunjung.
Saya sangat senang dengan pengunjung saya yang memberikan komentar setiap kali selesai membaca artikel saya, itu adalah cara untuk memberitahu saya bahwa dia telah membaca artikel saya, dan membuat saya dengan senang hati akan mengunjungi blog pengunjung tersebut (jika pengunjung mempunyai blog)

- Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan
- No Link Aktif
- Boleh Rekomendasi
- Suka ? Bagikan !