Bagaimana Jika Iklan Adsense Tidak Di Klik Pengunjung ? Apa Masih Dibayar ? Ini Perhitungannya

Banyak pertanyaan yang saya temukan disebuah forum seputar klik iklan Google Adsense, Bagaimana jika iklan google adsense tidak ada yang klik, apakah kita masih dibayar ? Bagaimana perhitungan google adsense membayar kita ? Dan lain sebagainya.

Banyak blogger yang gagal menjadi publisher adsense, dan itu dengan berbagai alasan yang sangat berbeda, tetapi jangan menyerah, blogger bukan hanya tentang google adsense.
BACA JUGA : Jangan Mudah Menyerah Blogging Bukan Hanya Tentang Adsense
Bukan hanya di forum yang menanyakan hal ini, bahkan teman saya juga menanyakan sistem pembayaran adsense kepada publishernya. Dan menurut saya google adsense adalah paling bisa diandalkan dari pada penyedia iklan yang lainnya. Kenapa begitu ? karena banyak fitur dan sistem perhitungan iklan selain dari Klik iklan, nanti akan saya bahas dibawah, jadi mari kita mulai pembahasannya.
Bagaimana jika iklan google adsense tidak ada yang klik, apakah kita masih dibayar ? 
Untuk menjawab pertanyaan ini saya tegaskan meskipun iklan google adsense di blog anda tidak ada yang klik, anda akan tetap dibayar dengan adanya sistem RPM halaman dan RPM permintaan iklan, nanti akan saya bahas dibawah.

Intinya kita akan masih dibayar meskipun iklan di blog anda tidak ada yang klik, tetapi tetap saja penghasilan paling besar adalah dari klik iklan.

Bagaimana perhitungan google adsense membayar kita ?
Google adsense adalah situs penyedia iklan milik google yang sudah banyak terbukti membayar dan tidak jarang juga publisher adsense yang mendadak kaya, tetapi anda jangan terlalu berharap kepada google adsense.
BACA JUGA : Jangan Terlalu Berharap Dengan Google Adsense
Google adsense begitu sangat istimewa dan menjadi sebuah kebanggaan jika diterima menjadi publihser adsense, ini karena memang untuk mendapatkan akun google adsense dan cara mengelolanya tidak mudah, banyak blogger yang gagal menjadi publisher adsense, tetapi tidak sedikit pula publisher adsense yang gagal mengelola akun adsensenya, yang lebih parah adalah publisher adsense yang gagal menjadi blogger sesungguhnya.
BACA JUGA : Menjadi Publisher Adsense Itu Tidak Mudah
Saya akan mencoba menjelaskan satu persatu sistem pembayaran google adsense dan beberapa hal yang harus anda tau tentang google adsense.

Untuk bisa menayangkan iklan google adsense, anda harus terlebih dahulu menjadi publisher adsense, atau dengan kata lain anda harus mempunyai akun adsense yang full approve atau telah disetujui sepenuhnya. Akun adsense yang populer adalah akun Hosted dan akun Non Hosted. Kedua akun tersebut adalah sama-sama akun adsense tetapi beda dalam penerapan dan penayangan iklannya.
BACA JUGA : Perbedaan Akun Google Adsense Hosted dan Non-Hosted
BACA JUGA : Ternyata Akun Adsense Mempunyai 4 Jenis
Ko mau yah google membayar blogger ? Jawabannya adalah saling menguntungkan. Lantas bagaimana cara google membayar kita ? Google meyelipkan beberapa jenis iklan untuk ditayangkan dan sistem pembayaran juga jenis perhitungan iklan yang akan kita dapatkan. 

Jenis iklan adsense adalah teks, gambar, flash, video dan lainnya. Dan ini bebeapa jenis perhitungan adsense sehingga sampai pada akun adsense anda :

CPC (Cost Per Click (Biaya Per Klik). 
CPC ini dibuat untuk menghitung biaya perklik iklan. Biaya ini biasanya ditentukan oleh orang yang memasang iklan. CPC untuk setiap unit iklan berbeda. Dan kita tidak pernah diperkenankan untuk tau berapa nilai CPC setiap iklan, ini adalah rahasia google dan orang yang memasang iklan.

CTR (Click Through Rate). 
CTR digunakan untuk menghitung banyak klik iklan dan akan dibagi dengan jumlah tayangan iklan pada blog kita. Kita ambil contoh, jika iklan tayang di blog sebanyak 2000 kali dan iklannya mendapat klik sebanyak 12 kali, maka CTRnya adalah 12/2000 = 0,006 atau sama dengan 0,6%

CPM (Cost per Mille).
Jika dalam bahasa Indonesia CPM ini disebut juga BPS (Biaya PerSeribu), ini adalah perhitungan iklan atau bayaran iklan kita jika telah mencapai 1000x tayang dan kelipatannya.

RPM (Revenue Per Thoushand Impression).
Rata-rata publisher adsense bisa mendapatkan 1000 impresi, dan RPM yang akan diperoleh adalah $1 - $4, dan ini tidak monoton seperti yang saya sebutkan, dan sangat berbeda untuk wilayah tertentu, juga jenis iklan sampai pada relevansi iklan, itulah yang menjadi pembeda, RPM terbagi dari 3 bagian :
  1. RPM Kueri = (Penghasilan tertaksir / Jumlah kueri) * 1000
  2. RPM halaman = (Penghasilan tertaksir / Jumlah tampilan halaman) * 1.000
  3. RPM Permintaan Iklan = permintaan perseribu kali tayang.
Perhitungan tersebut Berdasarkan Informasi dari Google Support. Dan masih banyak lagi yang anda bisa pelajari tentang google adsense, tinggal klik link tersebut.
Tags :

Related : Bagaimana Jika Iklan Adsense Tidak Di Klik Pengunjung ? Apa Masih Dibayar ? Ini Perhitungannya

12 Responses to "Bagaimana Jika Iklan Adsense Tidak Di Klik Pengunjung ? Apa Masih Dibayar ? Ini Perhitungannya"

  1. Assalamualaikum..selamat mlm mas imam...sukses buat mas imam...
    Aamiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam, terima kasih mas.
      Semoga sama-sama sukses, aamiin

      Delete
  2. Sebelumnya, terimakasih atas artikelnya gan, sangat membantu, nanti saya coba terapkan di blog saya :)

    Sebagai referensi, jika berkenan, silahkan baca panduan yang saya buat, berikut daftarnya:
    Cara Jitu Meningkatkan CPC Google Adsense
    Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi CPC Google Adsense
    Cara Meningkatkan Penghasilan (CPC / CTR) Google Adsense
    17 Cara Mengoptimalkan (Meningkatkan) Pendapatan Google Adsense

    Barangkali dapat membantu :)

    ReplyDelete
  3. sngat membantu dalam memahami tentang adsense...cara meningkatkan trafik blog gmana ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. backlink dan share lewat medsos, nanti juga ratingnya bagus.

      Delete
  4. gan blog ane impressions 5000ribuan tapi 0 click,
    adakah ntar ke pengaruhnya di akun adsense?

    ReplyDelete
  5. Trimakasi untuk informasinya maju terus publisher indonesia

    ReplyDelete
  6. Matur suwunnn mas...jd lega stlah baca , monggo mas mampir ke blog saya....

    ReplyDelete
  7. gan, mau tanya nih, google adsense ane knpa ya kok rpm laman 0 rupiah dan pps tayangan 0 rupiah juga, padahal tayangan dan tampilan laman terisi.
    kenapa ya gan?

    ReplyDelete
  8. apakah ada ketentuan kita harus membayar kepada adsense atas segala hal ?

    ReplyDelete
  9. Gan, blogku sudah terdaftar google adsense tapi di bagian pengaturan tidak ada menu untuk melihat penghasilan. Hanya bisa dilihat kalau log in ke akun adsense. Apa memang begitu ya?

    ReplyDelete

PERHATIAN !!!

Terima Kasih Telah Berkunjung.
Saya sangat senang dengan pengunjung saya yang memberikan komentar setiap kali selesai membaca artikel saya, itu adalah cara untuk memberitahu saya bahwa dia telah membaca artikel saya, dan membuat saya dengan senang hati akan mengunjungi blog pengunjung tersebut (jika pengunjung mempunyai blog)

- Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan
- No Link Aktif
- Boleh Rekomendasi
- Suka ? Bagikan !