Blogger.com Akan Mematenkan HTTPS Untuk Blog BerDomain Blogspot.com, Kabar Baik

Pagi ini seperti biasa diawali dengan minum kopi dan sebatang rok*, lanjut membuka laptop dan siap-siap untuk menulis kembali, ada beberapa materi yang akan saya tuliskan tapi ketika membuka dashboard blogger saya, saya melihat sebuah notif yang bunyinya seperti ini :
Hadir di akhir April! Semua pengunjung akan dapat melihat blog domain Blogspot Anda melalui sambungan terenkripsi dengan mengunjungi https://<your-blog>.blogspot.com. Tautan dan bookmark yang ada ke blog Anda akan terus bekerja. Sebagai bagian dari perubahan ini, Ketersediaan HTTPS akan ditiadakan, dan blog Anda akan selalu memiliki versi HTTPS.
Ini menjadi perhatian bagi saya karena menarik untuk dibahas, dimana semua pemilik blog yang menggunakan jasa dari blogger.com atau blog dari google akan lebih profesional dan terjamin keamanan blog nya tanpa menambahkan keamanan pihak ke-3.

Fitur ini akan mulai dikatifkan pada akhir april tahun ini, ini artinya bahwa HTTP yang kita gunakan sedang dalam masa penghapusan dari fitur blogspot yang akan mematenkan fitur HTTPS.

Berita Baik Untuk Pengguna Blogspot
Semua domain yang menggunkan sub-domain (contoh : imam.blogspot.com), akan melewati jalur enkripsi yang sangat aman yaitu menggunakan HTTPS, ini akan membuat pemilik blog mendapatkan pelayanan lebih aman dari blogger.com tanpa perlu khawatir kebocoran data yang diakibatkan oleh seorang peretas.

Fitur HTTPS Tambahan Akan DIhilangkan
Pertama saya membaca ini sedikit kecewa kenapa HTTPS untuk blogspot harus dihilangkan, dan ternyata hal tersebut bukan dihilangkan, melaikan setiap subdomain blogspot akan langsung mempunyai jalur aman menggunakan HTTPS dan tidak menggunakan HTTP lagi. Ini artinya HTTPS dihilangkan karena jalur otomatis untuk untuk blogspot sudah pasti melewati jalur HTTPS.

Custom Domain Bagaimana ?
Untuk blogspot yang sudah di custom domain pun kabarnya akan mendapatkan fitur https ini, yang sebelumnya tidak mendapatkan fasilitas ini, tetapi belum ada kejelasan lebih lanjut apakah benar atau tidaknya domain yang di custom akan mendapatkan fitur HTTPS ini.

Bagaimana Untuk LINK yang Sudah Terlanjur Menyebar ?
Konsep perubahan HTTPS ini akan sama dengan konsep berubahnya blogspot.com menjadi blogspot.co.id, jadi pemilik blog tidak usah khawatir, karena memang blogspot sudah membuat perubahan jalur otomatis.

Apakah Lebih Menguntungkan ?
Perdebatan ini sering terjadi, tapi inti dari HTTPS ini adalah tingkat keamanan yang akan membuat blog kita lebih aman, khususnya dari kebocoran data ketika data sedang dikimkan, layaknya pengiriman barang yang dibungkus dan tidak dibungkus, jauh lebih aman barang yang dibungkus, tapi perlu sedikit di ingat, bahwa semakin tinggi tingkat keamanan, akan semakin ribet dan repot pula. Intinya HTTPS ini sangat menguntungkan.

So, tidak perlu khawatir dengan adanya fitur HTTPS yang dipatenkan dalam blogspot. Google adalah perusahaan besar, mereka lebih tau bagaimana melayani pelanggannya dengan baik. 
Tags :

Related : Blogger.com Akan Mematenkan HTTPS Untuk Blog BerDomain Blogspot.com, Kabar Baik

5 Responses to "Blogger.com Akan Mematenkan HTTPS Untuk Blog BerDomain Blogspot.com, Kabar Baik"

  1. makasih, atas infonya, jadi lebih ngerti, krn barusan juga agak bingung bacanya

    ReplyDelete
  2. Oh... begitu maksud versi HTTPS. Tadinya saya juga bingung maksudnya apaan. Terima kasih infonya sobat...

    ReplyDelete
  3. Great to see that someone still understand how to create an awesome blog.
    The blog is genuinely impressive in all aspects.
    Good job, I like this blog.
    mgmdomino

    ReplyDelete

PERHATIAN !!!

Terima Kasih Telah Berkunjung.
Saya sangat senang dengan pengunjung saya yang memberikan komentar setiap kali selesai membaca artikel saya, itu adalah cara untuk memberitahu saya bahwa dia telah membaca artikel saya, dan membuat saya dengan senang hati akan mengunjungi blog pengunjung tersebut (jika pengunjung mempunyai blog)

- Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan
- No Link Aktif
- Boleh Rekomendasi
- Suka ? Bagikan !