Hati-hati, Flash Kamera Berbahaya Bagi Mata Bayi, Akibat Fatalnya Kebutaan

Pernahkah anda mendengar kisah seorang bayi asal negeri china yang mengalami kebutaan gara-gara orangtuanya ingin mengambil foto ukuran full wajah si bayi dan lupa mematikan flash pada kamera handphonenya.

Sungguh malang bayi yang belum mempunyai nama tersebut, mengalami kerusakan pada matanya karena mata sang bayi masih rentan pada cahaya flash yang terdapat pada kamera. 

Orangtuanya menembakan kamera pada wajah si bayi pada jarak kira-kira setengah meter, kemudian setelah menjepret gambar si bayi, orangtuanya melihat suatu keanehan pada wajah si bayi, seperti yang dipaparkan oleh People's Daily Online.
Kerusakan pada mata si bayi terus bertambah, dan dokter memvonis bahwa penglihatan si bayi pun semakin berkurang dan bahkan vonis dokter juga menyebutkan bahwa kerusakan tersebut bersifat permanen dan kemungkinan akan terus bertambah.

Cahaya flash sudah merussak sel makula, yang notabene adalah bagian mata yang bertugas untuk mengambil fokus cahaya dan sinar. Kerusakan sel tersebut memang menyebabkan hilangnya penglihatan, tambah sang dokter.

Memang pada dasarnya mata bayi telah mempunyai refleks untuk menutup mata ketika terkena cahaya, tetapi tingkat refleks pada mata bayi tidak secepat mata orang dewasa. Kata para ahli dan dokter mata.

Mereka (Para Ahli) juga menghimbau kepada para orangtua bayi agar hati-hati ketika ingin memotret bayinya, jangan sampai memotret dengan flash, apalagi ketika menggunakan flash pada ruangan yang minim cahaya, itu bisa berakibat fatal.

Dari kisah memilukan diatas, kita bisa mengambil sebuah pelajaran penting, bukan hanya untuk orangtua bayi, tetapi bagi kita semua yang mempunyai adik kecil atau sepupu yang masih bayi.

Segemes-gemesnya kita kepada bayi tersebut jangan sampai mengambil gambar si bayi dengan flash, apalagi pada ruangan yang minim cahaya, jangankan pada bayi, ketika kita memotret pada ruangan yang minim cahaya, orang dewasa pun akan sedikit merasakan sakit pada matanya.

Inti dari postingan kali ini hanya sekedar mengingatkan, boleh anda bicara "Ko saya pernah memotret bayi dengan flash tapi baik-baik saja", jangan punya anggapan seperti itu, karena fakta dan riset para dokter dan ahli telah memaparkan bahaya cahaya berlebih pada mata, apalagi mata bayi yang sangat rentan dan masih tahap penyesuaian.

Semoga kisah tersebut tidak terjadi pada kita semua, dan semoga kisah itu adalah kisah terakhir dan tidak ada lagi yang mengalami kemalangan seperti bayi tersebut. aamiin.
Tags :

Related : Hati-hati, Flash Kamera Berbahaya Bagi Mata Bayi, Akibat Fatalnya Kebutaan

0 Response to "Hati-hati, Flash Kamera Berbahaya Bagi Mata Bayi, Akibat Fatalnya Kebutaan"

Post a Comment

PERHATIAN !!!

Terima Kasih Telah Berkunjung.
Saya sangat senang dengan pengunjung saya yang memberikan komentar setiap kali selesai membaca artikel saya, itu adalah cara untuk memberitahu saya bahwa dia telah membaca artikel saya, dan membuat saya dengan senang hati akan mengunjungi blog pengunjung tersebut (jika pengunjung mempunyai blog)

- Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan
- No Link Aktif
- Boleh Rekomendasi
- Suka ? Bagikan !