7 Kesalahan Fatal Dalam Penulisan Judul Artikel (Postingan)

Judul adalah sebuah induk dan gambaran tentang isi dari apa yang kita tulis, banyak sekali blogger yang melupakan pentingnya judul bagi artikel anda, banyak kesalahan yang terdapat pada artikel-artikel kebanyakan blogger, termasuk blogger pemula, dan saya dulu.

Judul harus dibuat semenarik mungkin dan harus menggambarkan betapa pentingnya artikel yang anda tulis, dan harus padat informasi sebagai gambaran pada isi dari artikel anda.

Banyak hal sepele yang akan berakibat sangat fatal yang sering diabaikan oleh para blogger, dan saya telah merangkumnya dalam artikel ini, seperti berikut :

1. Pemakaian tanda baca yang salah diakhir judul artikel
Banyak saya temukan titik pada judul artikel atau postingan, padahal titik tidak digunakan dalam penulisan judul, ini bukan paragraf tapi judul, seharusnya memang tidak menggunakan tanda baca pada akhir judul tersebut.

Contoh : Polisi Telah Menangkap Perampok Bank. (memakai titik)
Seharusnya : Polisi Telah Menangkap Perampok Bank (tidak pakai titik)

2. Tanda tanya tidak dipakai pada judul yang mengandung pertanyaan
Judul tidak melulu soal pernyataan, terkadang judul sebuah artikel adalah pertanyaan, dan ini memang di perbolehkan, tetapi terkadang kalimat pertanyaan pada judul tidak membubuhkan pertanyaan, ini jelas sebuah kesalahan.

Contoh : Siapakah beliau Ini (tidak memakai tanda tanya)
Seharusnya : Siapakah beliau Ini (memakai tanda tanya)

3.Double Kata Jamak dalam Bentuk Jamak
Sering juga terlihat judul yang mempunyai double kata jamak, padahal kalau bisa diperbaiki kalimatnya akan lebih baik dan bisa lebih dipahami.

Contoh : 10 Ciri-Ciri Blogger yang Akan Sukses
Seharusnya : 10 Ciri Blogger yang Akan Sukses

4. Kalimat Double Sinonim
Banyak juga judul yang mempunyai double sinonim, padahal kata tersebut itu adalah sama artinya dengan kalimat yang telah dituliskan, yang menjadi pembeda adalah kalimat sinonim.

Contoh : Blogger Adalah Merupakan Sebuah Profesi
Seharusnya :  Blogger Adalah Sebuah Profesi

5. Judul yang Tidak Logis
Banyak juga yang menuliskan judul secara tidak logis, logis tersebut adalah akal sehat, dan kalimat yang tidak logis adalah kalimat yang tidak bisa diterima oleh akal sehat anda.

Contoh : Rumah Ibadah Itu Bediri Setelah Menggusur Rumah Warga Disekitarnya
Judul tersebut tidak logis, karena memang tidak mungkin ada rumah ibadah yang bisa mengusur rumah warga, karena faktanya rumah ibadah tersebut adalah benda mati. Bagaimana seharusnya itu dituliskan. Seprti ini :
Seharusnya : Rumah Ibadah Itu Berdiri setelah Rumah Warga Disekitarnya Digusur

6. Melupakan kapasitas judul di Search Engine
Saya adalah salah satu blogger yang melakukan kesalahan ini, tapi saya memang menargetkan kalimat panjang tersebut bukan untuk search engine tetapi sebagai acuan untuk menarik pengunjung dari share media sosial. Dan banyak yang menuliskan judul panjang yang menargetkan untuk search engine, ini jelas salah karena judul akan terpotong.

Contoh: 7 Kesalahan Kecil Berakibat Fatal Dalam Penulisan Judul Artikel (Postingan)
Seharusnya : 7 Kesalahan Fatal Dalam Penulisan Judul Artikel (Postingan)

7. Struktur yang tidak benar
Struktur yang tidak benar yang biasa digunakan adalah kata "Dimana", itu adalah menujukan sebuah kejadian, padahal penggunakan kata tersebut lebih tepatnya untuk menunjukan tempat.

Contoh : Blog Aa Imam Adalah Tempat Dimana Kita Belajar SEO
Seharusnya : Blog Aa Imam Adalah Tempat Belajar SEO

Mungkin itulah kesalahan yang sering dilakukan dalam penulisan judul, sebaiknya beberapa hal diatas yang patut anda hindari.

Ada lagi yang lainnya ? Share dibawah sini. Terima Kasih.
Tags :

Related : 7 Kesalahan Fatal Dalam Penulisan Judul Artikel (Postingan)

1 Response to "7 Kesalahan Fatal Dalam Penulisan Judul Artikel (Postingan)"

PERHATIAN !!!

Terima Kasih Telah Berkunjung.
Saya sangat senang dengan pengunjung saya yang memberikan komentar setiap kali selesai membaca artikel saya, itu adalah cara untuk memberitahu saya bahwa dia telah membaca artikel saya, dan membuat saya dengan senang hati akan mengunjungi blog pengunjung tersebut (jika pengunjung mempunyai blog)

- Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan
- No Link Aktif
- Boleh Rekomendasi
- Suka ? Bagikan !