9 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Anda Membangun Blog atau Memulai Menjadi Blogger

Menjadi seorang blogger memang susah-susah tapi mudah, bisa juga menjadi mudah-mudah tetapi sulit. Hal ini tergantung cara kita menyikapinya sendiri. Mungkin anda sekarang sudah menjadi blogger atau anda mau memulai menjadi seorang blogger. Dan anda sudah tepat membaca artikel ini sebelumnya.

Blogger (Penulis blog) adalah seseorang yang menulis blog, meskipun baru 1 - 2 artikel, memang hal ini bertentangan dengan master blog yang mengatakan kalau 1 - 20 artikel belum menjadi blogger, tapi kenapa saya berani menyebutkan bahwa yang mempunyai blog 1 - 2 artikel sudah layak disebut blogger ? 
  1. Sudah berani menulis dan di publish, ini patut dihargai.
  2. Karena mereka butuh support bukan malah dibuat menyerah sebelum tampil.
  3. Mereka adalah blogger yang masih belajar, kalian master pun tidak bisa langsung menjadi blogger, anda pasti masuk tahap ini kan ? sudah pantas anda menghargainya, karena anda juga pernah menjalaninya.
Terlepas dari semua itu, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan sebelum menjadi blogger, atau mulai membangun blog anda hingga nanti akan menjadi blog sukses.

1. Fokus Pada Satu Blog
Ini penting di perhatikan, bahwa membangun sebuah harapan lebih mudah dari pada membangun banyak harapan, anda bisa memulai blog berniche bebas, dan anda hanya perlu satu blog jangan lebih.

2. Konsistensi
Apakah anda sudah siap untuk konsisten nulis blog, maka segeralah membuat blog, karena blog butuh sebuh konsistensi tingkat tinggi, jangan sampai anda hanya mencoba-coba kemudian anda tinggalkan.

3. Jangan Bingung Soal Topik
Inilah yang selalu saya sarankan, agar anda membangun sebuah blog yang bertemakan gado-gado, alias segala bisa dibuat menjadi sebuah artikel dan bahan blog anda, jangan sampai anda kebingungan menulis blog anda karena memilih satu tema. Akhirnya konsistensi anda hilang.
BACA JUGA : Alasan Memilih Blog Gado-gado
Saya berikan sebuah contoh, kita ambil 2 blog. Yang pertama adalah blog gado-gado, kedua adalah blog bertema kesehatan atau komputer bisa juga blogging.

Blog yang bertema gado-gado, bisa menuliskan tentang kesehatan, komputer dan blogging, karena tidak terbatasi dengan tema, ini artinya ketika anda mulai kehilangan ide untuk tema tertentu, anda bisa beralih ke tema yang lain.

Beda lagi jika anda membuat tema yang hanya membahas itu-itu saja, ketika anda kehilangan ide, anda mentok akhirnya blog anda tidak terupdate, dan apa yang terjadi ? Pikirkan lagi hal ini.

4. Hindari Copy Paste
Inilah penyakit blogger baru, karena mereka masih tahap belajar, alhasil jadinya mereka memilih untuk mengcopy artikel orang lain, padahal ini adalah perbuatan hina yang sehina-hinanya. Lihat link dibawah ini, sesungguhnya Copy Paste adalah bagian terhina.
BACA JUGA : Tingkatan Kasta Para Blogger, Anda Termasuk Yang Mana ?
5. Buatlah Design User Friendly dan Nyaman Full Navigasi
Design blog adalah pancaran dari blog anda sendiri, jika tampilan anda bagus maka blog anda akan sangat bagus dimata pengunjung, gunakan juga navigasi blog yang keren, misal anda gunakan related post, atau popular post, dan berikan juga daftar isi, anda bisa membuat sebuah daftar isi dengan mengikuti tutorial dari saya.
BACA JUGA : Cara Membuat Daftas Isi Blog Keren dan Responsive
6. Hilangkan Pikiran Tentang Penghasilan
Meskipun tujuan anda membangun blog adalah mencari penghasilan, tapi untuk 3 bulan pertama saya sarankan untuk melupakan terlebih dahulu tujuan anda tersebut, yang terpenting adalah anda harus membangun blog anda minimal sampai mendapatkan traffic organic dari google.

Perlu diketahui juga, setelah lama saya ngeblog, baru sekarang saya mencoba mendaftarkan blog saya ke adsense.

7. Kembangkan Cara Penulisan Anda
Cara menulis adalah sebagai ciri khas blog anda, meskipun penulisan di blog tidak ada aturan khusus, tetapi buatlah tulisan anda nyaman dibaca pengunjung.

Jangan buat paragraf yang sangat panjang, karena akan mudah membuat lelah mata pengunjung, jika memang pembahasan anda panjang, buatlah pembahasan tersebut kebebrapa paragraf, ini akan lebih membuat pengunjung mengerti dari pada anda buat dalam satu paragraf.

8. Lupakan SEO
Anda mungkin pernah mendengar SEO (Search Engine Optimization). Jika anda baru ngeblog saya sarankan lupan dulu hal ini, karena selain pembelajaran yang sangat rumit, anda pun akan mengabaikan penulisan, saya sarankan untuk menggunkan hanya mendaftarkan blog anda ke google webmaster, cukup itu untuk sementara.
BACA JUGA : Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster Tools

9. Anda Tambahkan Disini.
(.....)

Mungkin sekian dulu dari saya, sebenarnya masih banyak yang bisa anda terapkan sebelum membangun blog anda hingga sukses, tapi 8 poin diatas juga sudah cukup mewakili persiapan anda untuk menjadi seorang blogger profesional.

Untuk yang mau menambahkan tips yang berkaitan dengan tips yang saya berikan, silahkan masukan di kolom komentar, jika memang masuk akal dan bermanfaat saya akan tambahkan di poin 9 dan no sekian, dan saya akan mencantumkan nama anda di point tersebut. Terima Kasih. 
Tags :

Related : 9 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Anda Membangun Blog atau Memulai Menjadi Blogger

3 Responses to "9 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Anda Membangun Blog atau Memulai Menjadi Blogger"

  1. terima kasih, tipsnya akan saya semua, tapi saya masih mikir tema apa yang cocok untuk blog saya nanti

    Program Klinik

    ReplyDelete
  2. artikel yang sangat memotivikasi saya , terimakasih tadinya saya fokus buat blog untuk keperluan adsense setelah baca artikel ini saya sadar dan ingin menjadi blogger sejati seperti blog ini , terima kasih

    ReplyDelete

PERHATIAN !!!

Terima Kasih Telah Berkunjung.
Saya sangat senang dengan pengunjung saya yang memberikan komentar setiap kali selesai membaca artikel saya, itu adalah cara untuk memberitahu saya bahwa dia telah membaca artikel saya, dan membuat saya dengan senang hati akan mengunjungi blog pengunjung tersebut (jika pengunjung mempunyai blog)

- Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan
- No Link Aktif
- Boleh Rekomendasi
- Suka ? Bagikan !