Republik Nauru, Negara Paling Kecil Di Dunia, Lebih Kecil Dari Kota Bandung

Pasti anda belum tau negara ini, saya saja baru mengetahuinya setelah ada tayangan televisi yang mengulas tentang negara paling kecil di dunia, luasnya tidak lebih besar dari Kota Bandung.  
Negara yang mempunyai nama lengkap Republik Nauru ini beribukota di Yaren, dan mempunyai tetangga (Negara tetangga) yaitu : Papua Nugini disebelah barat daya.
Nauru ditemukan oleh seorang Navigator asal Inggris tahun 1798 dan sempat dijadikan negara bagian Jerman, Negara Nauru ini sempat dijajah oleh Jepang juga, ketika Jepang sedang menjajajah Indonesia, dan berhasil merdeka pada tahun 1968. Dan bergabung dengan PBB pada tahun 1999 dan tercatat sebagai negara republik terkecil di dunia.

Negara ini mempunyai beberapa keunikan, yang sangat menarik untuk diketahui :

1. Luas Wilayah
Nauru hanya memiliku luas sebesar 21,5 Km persegi, jika dibandingkan dengan salah satu kota di Indonesia yaitu bogor, jelas Bogor lebih besar dari pada Negara tersebut, Bogor mempunya luas sekitar 167,7 Km. Kecilkan Negaranya ?

2. Populasi
Sama seperti luas Negaranya yang kecil, Nauru tidak mempunyai banyak warga, populasinya hanya sebanyak 10.085 jiwa. Dan juga tercatat di PBB bahwa Nauru ini adalah anggota PBB yang mempunyai warga paling sedikit.

3. Negara Tergemuk
Keunikan lainnya adalah, meskipun tingkat populasi Negara ini sedikit, tetapi Nauru mempunyai predikat negara tergemuk di dunia. Indeks Massa Tubuh rata-rata warganya adalah 34 hingga 36, padahal normalnya BMI adalah 18 sampai 23.

4. Penghasilan tertinggi
Meskipun wilayahnya kecil dan warganya sedikit, tetapi penghasilan Nauru sangatlah tinggi, ini dari Export fosfat yang sangat tajam di negara tersebut, disebutkan bahwa fosfat Nauru adalah yang terbaik, tetapi setalah banyak fosfat yang diexport, maka fosfat di Nauru habis, dan sekarang predikat terbesar tidak lagi menjadi milik Nauru.

5. Transportasi Terpendek
Anda mungkin tidak bisa menghitung berapa panjang jalur kereta api di Indonesia, atau berapa panjang jalan raya di Indonesia, tetapi Nauru mempunyai keunikan lain, jalan raya disana hanya sekitar 30Km, dan jalur kereta api disana hanya 5Km.
Mungkin itulah sekilas tentang Republik Nauru, semoga semakin menambah pengatahuan anda tentang negara ini, terima kasih.
Tags :

Related : Republik Nauru, Negara Paling Kecil Di Dunia, Lebih Kecil Dari Kota Bandung

0 Response to "Republik Nauru, Negara Paling Kecil Di Dunia, Lebih Kecil Dari Kota Bandung"

Post a Comment

PERHATIAN !!!

Terima Kasih Telah Berkunjung.
Saya sangat senang dengan pengunjung saya yang memberikan komentar setiap kali selesai membaca artikel saya, itu adalah cara untuk memberitahu saya bahwa dia telah membaca artikel saya, dan membuat saya dengan senang hati akan mengunjungi blog pengunjung tersebut (jika pengunjung mempunyai blog)

- Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan
- No Link Aktif
- Boleh Rekomendasi
- Suka ? Bagikan !