Saatnya Mengenal Content Marketing, Ini Penjelasannya

Sebagai blogger kita seharusnya mengenal content marketing dari sejak menjadi blogger pemula, nah bagi anda sebagai blogger pemula, inilah saat yang tepat untuk berkenalan dengan konten marketing. Lalu apa yang dimaksud dengan konten marketing tersebut ?

Content Marketing pada dasarnya adalah sebuah konten yang dikhususkan untuk pemasaran, fokusnya jelas adalah menyebar atau mengshare artikel dan postingan blog anda untuk menarik pembaca anda, jelas tujuan utamanya adalah menghasilkan keuntungan, baik dari segi visitor dan trafik juga dari segi materi (dollar).

Content marketing mempunyai strategi yang cukup menantang, yaitu mengarahkan dan membawa pembaca anda untuk mengikuti pola pikir serta pemahaman yang anda tulis, tetapi konten yang anda jadikan viral ini haruslah konten yang berkualitas dan bermutu, karena pasar juga tidak akan menerima pemasaran konten yang biasa-biasa, atau tidak menarik.

Jujur saja, saya sering merlihat strategi yang dibangun oleh para blogger rata-rata bersifat sama, hanya mengshare artikel dan postingan di media sosial, padahal bentuk dari strategi yang lebih bagus dan menjajikan tidak melulu dari media sosial, banyak sekali strategi yang mudah dan menjanjikan, tinggal menggali dan mempelajari lagi.

Hal Utama Dalam Membangun Content Marketing
Membangun segala sesuatu hal perlu sebuah tujuan yang jelas, dalam hal ini kita sebut goal yang harus dicapai, kita sebut saja tujuan utama yang harus anda capai dalam membangun content marketing adalah :
  1. Membangun reputasi, semakin baik reputasi anda, semakin banyak pula orang yang mendengar tentang konten atau blog anda yang langsung mempercayai apa yang anda tulis, ini sangat penting karena keberhasilan suatu strategi adalah kepercayaan.
  2. Menjadikan Populer, Pasti anda sangat ingin konten anda dishare di berbagai medsos, dan juga ingin ketika mereka yang melihat artikel atau postingan anda, mereka langsung mengklik tombol berbagi, dengan anda populer ini hal yang sangat mudah di dapatkan.
  3. Followers, jika anda sudah mendapatkan 2 hal diatas, bukan tidak mungkin point ini pun akan anda miliki dalam jumlah banyak, karena dengan banyaknya followers anda, kemungkinan besar brand anda juga akan setahap demi setahap menjadi lebih besar.
Lantas Bagaimana Caranya Membangun Content Marketing Tersebut ?
Anda bisa menerapkan beberapa cara untuk membangun tujuan anda, dalam hal ini adalah content marketing yang mempunyai tujuan jelas, seperti yang kita bahas diatas, dan cara untuk mendapatkan semua itu adalah dengan cara :

1. Kuasai Media Sosial Anda
Seharusnya dari awal anda membangun blog anda, anda harus membuat juga fanspage blog anda di Facebook, ini memungkinkan anda untuk tidak terlalu bergantung pada SEO, karena kemungkinan juga dengan telah lamanya Fanspage anda berdiri, anda pun akan banyak mendapatkan pengikut, dan setiap orang yang mengukuti anda adalah orang yang benar-benar mengakui kualitas konten anda.

Anda mungkin berfikiran bahwa media sosial hanyalah tempat berbagi, tetapi menurut saya media sosial lebih baik dari pada search engine dalam menguasi pengunjung, jika pengunjung dari mesin pencari ketika selesai menangani masalah mereka, mereka langsung cabut dan entah kapan kembali lagi, tetapi bayangkan followers anda di media sosial, mereka akan selalu diberian update oleh anda dari setiap konten yang anda bagikan.

2. Sempatkan Menulis Artikel Di Blog Lain (Guest Blog)
Tidak ada ruginya menjadi penulis tamu diblog lain, selain anda dapat terus mengasah keahlian anda dalam menulis, anda juga akan mendapatkan pelajaran penting dari menjadi penulis tamu.

Ini karena rata-rata blog yang menyediakan penulis tamu menerapkan sistem approve, alias ketika konten kita baik maka akan di publish, dan jika post kita jelek maka jangan harap yang telah kita tulis bisa tampil diblognya, sekaligus mengukur keahlian tulisan anda.

Dan ini sangat berguna sekali jika anda ingin membangun content marketing, anda bisa menanam backlink yang menuju blog anda dari tulisan anda yang anda tulis diblog tadi, ini adalah teknik sambil menyelam minum kopi, karena anda pun tau backlink relevan akan memperkuat SEO pada blog anda.

Lagi pula jika blog yang anda lamar untuk anda tulis adalah blog yang populer, maka keuntungan anda untuk lebih mudah membangun konten marketing, karena para pengikut blog populer tersebut akan tertarik mengunjungi blog anda, jika konten yang anda tulis diblog tadi sangat menarik dan membantu mereka, tidak menutup kemungkinan pula mereka menjadi pengikut blog anda.

Blog yang menerima penulis tamu adalah blog yang sudah populer bahkan bisa dibilang blog TOP, dan pasti blog tersebut adalah blog yang setiap artikelnya adalah langganan page one google.

Ini akan memungkinkan apa yang anda tulis diblog tersebut menempati page one, dan pengunjungnya akan mengenal penulis dari artikel tersebut, dan membuat anda populer juga kan ?

Selain itu backlink yang anda tanam tadi juga kebagian jatahnya, blog anda semakin bagus dimata google karena mendapatkan backlink dari blog yang mempunyai reputasi dan tingkat popularitas tinggi.

Mungkin itu yang bisa saya bagikan kali ini, semoga anda berhasil dalam membangun content marketing dan memperkuat brand blog anda. Terima kasih.
Tags :

Related : Saatnya Mengenal Content Marketing, Ini Penjelasannya

0 Response to "Saatnya Mengenal Content Marketing, Ini Penjelasannya"

Post a Comment

PERHATIAN !!!

Terima Kasih Telah Berkunjung.
Saya sangat senang dengan pengunjung saya yang memberikan komentar setiap kali selesai membaca artikel saya, itu adalah cara untuk memberitahu saya bahwa dia telah membaca artikel saya, dan membuat saya dengan senang hati akan mengunjungi blog pengunjung tersebut (jika pengunjung mempunyai blog)

- Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan
- No Link Aktif
- Boleh Rekomendasi
- Suka ? Bagikan !