Trafik Dan PageView Lumayan Tinggi Tapi Penghasilan Adsense Rendah

Kita awali postingan kali ini dengan bertanya, kenapa penghasilan google adsense saya rendah, padahal trafik dan pageview saya lumayan tinggi ? Mungkin pertanyaan seperti itu sering dijumpai diberbagai forum dan komentar blog para master.

Kenapa saya tau banyak sekali orang atau publisher adsense yang menanyakan hal demikian ? Karena saya sedang mengalaminya sendiri, maklum saya baru beralih dari publisher adsense for youtube menjadi publisher adsense for content.

Mengingat penghasilan saya kecil tersebut membuat saya melakukan investigasi besar-besaran hehe. Padahal pageview dan trafik saya lumayan tinggi, dan bisa disebut sudah masuk daftar standard penghasilan adsense PO tiap bulan.

Tetapi ternyata kenyataannya tidak sama dengan apa yang dikatakan para master, yang menyebutkan tarfik 1000/hari bisa PO tiap bulan, tiap hari trafik lebih dari 1000, tetapi penghasilan hanya 0.sekian dalam satu hari, saya bertanya why ?
Hasil investigasi saya dari berbagai sumber telah memberikan pencerahan dan jawaban atas pertanyaan saya mengenai hal ini, ternyata penyebabnya adalah :

1. CPC Rendah
Blog bahasa Indonesia memang mempunyai CPC rendah, hanya $0.11 sampai dengan $0.20, Berbeda dengan blog bule yang mempunyai CPC lumayan tinggi, kisaran $1 keatas. Nah hal inilah yang menyebabkan penghasilan blog Indonesia mempunyai penghasilan minim.

2. Posisi Iklan
Posisi iklan juga menentukan pengahasilan dan penghasilan kita, kenapa ? karena iklan yang mudah dijangkau pembaca akan cenderung mendapatkan klik yang lumayan banyak, tetapi jika posisi iklan susah dijangkau maka hasilnya pun sedikit.
BACA JUGA : Cara Tepat Meningkatkan CTR Google Adsense
3. Jenis Iklan
Jenis iklan juga sangat mempengaruhi penghasilan, iklan besar text dan gambar banyak diminati dan justru inilah yang membuat penghasilan besar, tetapi terkadang blogger sendiri enggan memasang iklan jenis ini, apalagi responsive yang banyak memenuhi tampilan blog kita, dan memilih iklan kecil di slidebar dan iklan text di postingan, padahal jika iklan besar dislidebar dan iklan bergambar dipostingan akan lebih menjanjikan.

4. Jumlah Blog
Blog hanya satu tentu akan sedikit untuk menarik dollar, berbeda dengan publisher yang mempunyai banyak blog, nah jika anda merasa aneh dengan penghasilan adsense anda, jelas saja anda hanya mempunyai 1 blog dengan bahasa Indonesia, kemudian masalahnya ada di No.1.

5. Faktor Hosting
Selain banyak faktor diatas, faktor hosting juga menentukan penghasilan, karena jika hosting kita down, maka otomatis iklan kita tidak akan tampil, kalau pun tampil tidak akan maksimal, jadi perhatikan juga hosting yang anda gunakan.

Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan, terima kasih, semoga menjawab pertanyaan-pertanyan anda.
Tags :

Related : Trafik Dan PageView Lumayan Tinggi Tapi Penghasilan Adsense Rendah

9 Responses to "Trafik Dan PageView Lumayan Tinggi Tapi Penghasilan Adsense Rendah"

  1. Bagus, perkembangannya sangat pesat. Saya sampai ketinggalan, he
    faktor konten memang sangat berpengaruh ya? soalnya iklan yang muncul tidak sesuai dengan topik yang kita bahas. Udah CPC murah, jarang yang klik lagi. hadeuh,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu lupa saya bahas, tingkat relevansi iklan sama konten yang dibahas, makasih master tambahannya hehe

      Delete
    2. Jangan panggil master, saya malu. he
      Topik dan target pembaca juga sangat mempengaruhi, kalau topiknya tentang SEO, AdSense, blogging yang target pembacanya blogger semua jangan heran kalau earningnya minim bingit. CMIIW

      Delete
    3. ia kang, ternyata nulis topik ini minim pisan, ketulungan sama artikel islaminya kang, lumayan kalo diitung2 mah earningnya hehe
      makasih suhu hehe

      Delete
  2. Sebelumnya, terimakasih atas artikelnya gan, sangat membantu, nanti saya coba terapkan di blog saya :)

    Sebagai referensi, jika berkenan, silahkan baca panduan yang saya buat, berikut daftarnya:
    Cara Mendaftar Google Adsense Melalui YouTube Terbaru!
    Penghasilan dan Bukti Gajian Google Adsense Saya per Bulan-nya
    Alasan Penolakan Google Adsense Beserta Solusi-nya
    Kriteria Blog Yang Disukai Oleh Google Adsense

    Barangkali dapat membantu :)

    ReplyDelete
  3. sy sdh melalikan spt yg dsenaraikn d atas mas . tp penghasilanya tetap sedikit. sila kunjung website sy myeidos.com

    ReplyDelete
  4. Sama persis seperti yang saya alami, pv 5000 per hari tapi gak bisa PO tiap bulan. Makasih tips-tipsnya....

    ReplyDelete

PERHATIAN !!!

Terima Kasih Telah Berkunjung.
Saya sangat senang dengan pengunjung saya yang memberikan komentar setiap kali selesai membaca artikel saya, itu adalah cara untuk memberitahu saya bahwa dia telah membaca artikel saya, dan membuat saya dengan senang hati akan mengunjungi blog pengunjung tersebut (jika pengunjung mempunyai blog)

- Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan
- No Link Aktif
- Boleh Rekomendasi
- Suka ? Bagikan !