Dampak Dan Akibat Buruk Dari Tidur Setelah Sahur

Bulan puasa sudah hampir menginjak pertengahan, mungkin anda juga sudah terbiasa bangun jam 03:00 untuk sejenak bersantap sahur yang notabene adalah sunat. Makan sahur sepagi itu pasti dengan kondisi mata masih ngantuk kan ?

Itulah mengapa ketika makan sahur bawaannya ingin cepat-cepat untuk tidur kembali, dan akhirnya anda setelah selesai makan langsung pergi ke kamar untuk meneruskan tidur kembali, ini memang sudah tradisi dari zaman nenek moyang kita.
Tetapi saya melakukan riset dan penelitian terhadap orang yang tidak tidur lagi setelah makan sahur dan orang yang suka dan sering tidur lagi setelah makan sahur, perbedaanya sungguh luar biasa dan ternyata banyak sekali dampak buruk bagi anda yang suka tidur lagi setelah makan sahur.

1. Shalat Subuh Kelewat
Orang yang tidur setelah makan sahur pasti kelewatan waktu shalat subuh, kalaupun shalat subuhnya tidak terlewat pasti shalat subuhnya telat, nah ini yang jadi masalah, puasa kita mau digantungkan dimana pahalanya ? sementara kan shalat itu tihangnya agama, hisaban pertama juga shalat.

Ada hadist juga yang mengatakan bahwa tidak ada amal baik yang akan dihitung jika tanpa shalat. Ini sungguh merupakan kerugian besar jika anda sampai menjalankan puasa tanpa melaksanakan shalat. Pahala yang anda dapatkan hanya haus dan lapar.

2. Terlambat Pergi Sekolah / Kerja
Oran yang suka tidur setelah sahur juga cenderung suka terlambat pergi ke sekolah (jika pelajar) atau pergi ke tempat kerja (jika pekerja), alhasil mereka yang suka tidur setelah sahur selalu terlambat, karena memang mereka tidur pulas.

Mereka terburu-buru pergi dan melupakan banyak hal yang penting untuk dibawa jadi lupa untuk dibawa karena memang tidak dipersiapkan dengan matang.

Tetapi sebenarnya dua hal itu hanyalah sebuah intermezzo saja, meskipun hanya sekedar intermezzo tetapi ada benarnya juga kan ? hhayoo ngaku ?

Selain dari kedua intermezzo tadi, saya pun akan menuliskan beberapa dampak dan akibat buruk dari tidur setelah sahur diantaranya :

1. Berat Badan Naik Drastis
Setelah makan maka tubuh kita perlu sedikit waktu untuk mencerna semuanya, tetapi jika anda setelah makan langsung pergi tidur lagi maka makanan tersebut tidak akan bisa dicerna dengan baik oleh tubuh anda, mengakibatkan lemak anda bisa terkumpul hanya didalam perut, tidak menjadi energi. Dan berat badan anda pun akan cepat naik.

Sebenarnya trik ini sudah lama dipakai oleh orang yang ingin menaikan berat badan dengan cepat, tetapi lemak yang terkumpul tersebut tidak membuat berat badan menjadi ideal, hanya akan membuat perut anda buncit, karena lemak yang terkumpul tadi.

2. Refluks Asam Lambung
Makanan yang tadinya sudah berada dilambung bisa berbalik arah ke kerongkongan karena efek tidur anda atau dinamakan dengan refluks. Jika ini terjadi maka kerongkongan akan menjadi panas dan merasa sangat pahit, pasti sangat tidak nyaman jika setelah sahur mengalami hal demikian.

3. Berisiko Terkena Stroke
Ada sebuah penilitian yang menyatakan, rentang waktu tidur dengan makan yang cukup jauh akan mengurangi resiko tekena serangan penyakit Stroke, kesimpulannya jika anda tidur setelah makan mungkin resiko besar terkena serangan stroke semakin besar.

Ada solusinya Tidak A ?
Jika memang anda butuh waktu tidur setelah sahur, usahakan untuk membuat jarak dari makan sahur tadi selama 2 jam, nah setelah 2 jam tersebut anda boleh tidur jika memang jam sekolah dan jam kerja anda kosong.

Mungkin itu saja yang bisa saya tuliskan, mencegah lebih baik dari pada mengobati, jadi hindari saja tidur setelah makan sahur untuk tidak terkena dampak seperti yang saya tuliskan diatas, hanya itu yang bisa saya katakan. Terima kasih.
Tags :

Related : Dampak Dan Akibat Buruk Dari Tidur Setelah Sahur

0 Response to "Dampak Dan Akibat Buruk Dari Tidur Setelah Sahur"

Post a Comment

PERHATIAN !!!

Terima Kasih Telah Berkunjung.
Saya sangat senang dengan pengunjung saya yang memberikan komentar setiap kali selesai membaca artikel saya, itu adalah cara untuk memberitahu saya bahwa dia telah membaca artikel saya, dan membuat saya dengan senang hati akan mengunjungi blog pengunjung tersebut (jika pengunjung mempunyai blog)

- Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan
- No Link Aktif
- Boleh Rekomendasi
- Suka ? Bagikan !