Ghost Spam Kembali Hadir, Haruskah Blogger Panik ?

Kita sebagai blogger tentunya akan senang sekali jika mengalami lonjakan trafik, dilihat tetapi lonjakan tersebut terasa tidak wajar karena anda tidak melakukan trik peningkatan trafik apapun atau dengan kata lain anda tidak share artikel, juga tidak menggunakan teknik SEO apapun.

Anda juga harus teliti jika mendapati lonjakan trafik dari Google Analytic atau dari dashboard blogger real time, anda harus menelitinya karena bisa saja trafik tersebut berasal dari website spam.

Hal itu disebut sebagai Ghost Spam, karena mereka yang menjadi trafik anda sebenarnya tidak pernah sekalipun mengakses blog atau website anda, nah maka dari itu kejadian ini disebut dengan Ghost Spam karena sifatnya yang seperti hantu.
Ada nama lain dari Ghost Spam ini, Ghost Spam sering juga disebut dengan Referer Bombing, karena sifatnya juga yang sering mengakibatkan ledakang pengunjung dan trafik dalam jumlah besar dalam waktu sangat singkat, tetapi ini sebenarnya tidak wajar karena secara nyata tidak ada satu pun pengunjung yang mengunjungi blog kita, tetapi dari data analytic blog kita mendapatkan kunjungan yang sangat banyak.

Cara Kerja Ghost Spam
Kita sebagai pemilik website pasti merasa heran kenapa tiba-tiba blog atau website kita mendapatkan banyak pengunjung secara tiba-tiba, dan kenapa blog kita terkena blog spam ? Ada sebuah riset yang menyatakan bahwa ghost spam ini bekerja dengan bantuan Measurement Protocol.

Measurement Protocol ini bekerja sebagai pemilik hak akses dan yang mempunyai izin kuat untuk mengirimkan data langsung ke analytic blog yang dipilih secara random tanpa tau situs tersebut dan nama situs tersebut.

Ini artinya Measurement Protocol menyerang tanpa tujuan kepada salah satu blog, hanya membuat sebuat generate pada kode google analytic yang di traking secara acak. Contoh jika kode analytic blog saya adalah UA-XXXXX-1. Nah Measurement Protocol mengirimkan semua data pengunjung ke tarking code tersebut, yang jelas pengunjung yang dikirim ke blog tersebut adalah palsu alias tidak pernah ada pengunjung yang datang meskipun ada data dan jejak di blog kita.

Tujuan Ghost Spam
Tidak diketahui pasti apa tujuan dari para spammer mengirimkan data kunjungan palsu dan trafik yang jelas-jelas bukan trafik real, tidak diketahui juga apakah dampak pada blog kita jika terkena ghost spam.

Menurut saya tujuan dari ghost spam adalah untuk membuat senang para blogger karena mendapatkan pengunjung yang sangat banyak, padahal yang namanya spam apa pun itu yang pasti merugikan, entah itu penilaian google atau pengunjung blog juga pemilik blog.

Tetapi anda harus tau apa yang menyebabkan blog anda terkena ghost spam atau terserang spammer, itu karena blog anda menggunakan product pihak ketiga, seperti widget-widget yang disimpan di blog anda, bisa saja menyimpan sebuah script yang merugikan dan bisa juga membahayakan blog anda.

Haruskah Blogger Panik ?
Blog yang terkena ghost spam memang akan mempunyai bounce rate yang sangat tinggi, bisa saja blog tersebut mempunyai 100% bounce rate karena memang mereka hanya mengunjungi 1 artikel kita dan itu pun hanya hitungan detik, karena mereka tidak nyata masuk ke blog kita.

Jika dilihat dari data google analytic tentunya blog kita mempunyai 100% bounce rate juga durasi kunjungan bisa mencapai hitungan detik atau 0.sekian detik, sangat tidak mengenakan jika kita sedang mendalami SEO.

Jika dalam perhitungan SEO blog yang mempunyai angka bounce dan durasi yang jelek seperti diatas, tentu saja akan gagal dalam pengembangan SEO-nya, dan jika artikel kita sudah terindex di SERPs bisa saja Deindex menimpa blog anda.

Tetapi anda jangan khawatir jika terkena ghost spam ini, sejatinya google telah menyiapkan dan membuat sebuah persiapan atas serangan spammer seperti ini, meskipun data analytic sangat merugikan, tetapi anda coba perhatikan metrix dari google analytic, tidak akan tercatat dan dihitung di metrix google analytic.

Ini artinya blog yang terkena ghost spam masih aman, dan tidak berpengaruh pada blog atau posisi blog dan artikel kita di SERPs. Tidak perlu panik karena google lebih tau mana data real dan data spam, lagipula ghost spam akan hilang dengan sendirinya jika blog kita sudah rutin mendapatkan trafik organik google secara besar.

Itu saja yang bisa saya sampaikan kali ini, semoga membantu dan menambah pengetahuan anda, terima kasih dari saya, semoga bermanfaat.
Tags :

Related : Ghost Spam Kembali Hadir, Haruskah Blogger Panik ?

2 Responses to "Ghost Spam Kembali Hadir, Haruskah Blogger Panik ?"

  1. Setelah membaca pendapat ini saya yang newbie mulai tenang, soalnya beberapa hari lalu sepertinya sempat di hampiri spamer juga. sempat pusing tujuh keliling. Makasih gan pencerahannya

    ReplyDelete

PERHATIAN !!!

Terima Kasih Telah Berkunjung.
Saya sangat senang dengan pengunjung saya yang memberikan komentar setiap kali selesai membaca artikel saya, itu adalah cara untuk memberitahu saya bahwa dia telah membaca artikel saya, dan membuat saya dengan senang hati akan mengunjungi blog pengunjung tersebut (jika pengunjung mempunyai blog)

- Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan
- No Link Aktif
- Boleh Rekomendasi
- Suka ? Bagikan !