Hukum Ijab Qabul Dalam Jual Beli, Jangan Pernah Disepelekan, Bahaya !!

Hukum ijab qabul atau sering ditulis juga dengan ijab kabul dalam jual beli adalah sesuatu yang sangat sakral dan wajib dilakukan dalam berjual beli, karena itulah yang akan menjadi tanda syah kepemilikan barang, atau syah-nya anda berjual beli, jika tidak dilakukan bahaya akibatnya, pada diri anda dan keseharian anda.
Bagaimana proses ijab qabul jual beli itu ? ijab adalah perkataan sang pembeli, dan qabul adalah perkataan sang penjual, sebagai contoh ketika proses jual beli akan berakhir maka si pembeli harus mengatakan "Saya terima barangnya, dan ini uangnya", maka si penjual harus mengatakan penerimaan seperti ini "Terima kasih, saya terima uangnya dan saya serahkan barangnya".

Tetapi akhir-akhir ini sulit sekali untuk melakukan hal demikian, karena memang banyak sekali pasar modern yang tidak memungkinkan untuk melakukan ijab qabul tersebut. Padahal hal itu bisa kita siasati dengan menyebutkan "Ini uangnya mbak", maka si mbak kasih akan mengatakan "Terima kasih", nah itu adalah perkataan untuk menyiasati ijab qabul yang tidak memungkinkan.

Kenapa ijab qabul sangat penting dan harus dikerjakan ? karena ijab qabul adalah sesuatu sangat harus dilakukan, karena itulah yang membuat jual beli anda menjadi syah dan halal.

Semalam saya mendengar sebuah kisah dari ustadz saya, begitu terkejutnya saya mendengar hukum ini jika tidak dikerjakan, salah satunya :
  1. Jika anda membeli barang untuk dimakan tetapi tidak ijab qabul dalam jual belinya, maka makanan yang anda beli hukumnya haram.
  2. Jika anda sering nongkrong diwarung, dan kebiasaan orang Indonesia ketika nongkrong adalah mendahulukan makan dari pada menghitung, dan membayarnya belakangan, maka itu juga termasuk haram.
  3. Jika anda membeli pakaian di Mall atau Swalayan, otomatis anda tidak akan ijab qabul karena tidak memungkinkan, maka pakaian yang anda gunakan untuk Shalat, maka shalat anda akan ditangguhkan, atau amalan shalat anda akan dihalangi oleh ijab qabul yang tidak syah.
  4. Dan masih banyak yang lainnya.
Betapa dahsyatnya hukum kecil ini jika tidak dikerjakan, karena inilah yang membuat anda syah menjadi pemilik suatu barang tersebut.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan kali ini, semoga menjadi pelajaran bagi anda yang membacanya, terima kasih.
Tags :

Related : Hukum Ijab Qabul Dalam Jual Beli, Jangan Pernah Disepelekan, Bahaya !!

0 Response to "Hukum Ijab Qabul Dalam Jual Beli, Jangan Pernah Disepelekan, Bahaya !!"

Post a Comment

PERHATIAN !!!

Terima Kasih Telah Berkunjung.
Saya sangat senang dengan pengunjung saya yang memberikan komentar setiap kali selesai membaca artikel saya, itu adalah cara untuk memberitahu saya bahwa dia telah membaca artikel saya, dan membuat saya dengan senang hati akan mengunjungi blog pengunjung tersebut (jika pengunjung mempunyai blog)

- Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan
- No Link Aktif
- Boleh Rekomendasi
- Suka ? Bagikan !