Kenapa Jangan Terlalu Percaya Kepada Tulisan Master ?

Pada kesempatan ini saya ingin sedikit berbagi tentang pertanyaan salah satu pengunjung blog saya yang membantah semua yang saya tuliskan, meskipun yang saya tuliskan adalah apa yang telah saya lakukan dan apa yang telah saya dapatkan.

Dalam percakapan itu saya kutip beberapa yang dia (pengunjung blog saya) katakan kepada saya " Maaf a, kata blog (... blog si master..) hal seperti yang Aa katakan tersebut bertentangan, saya rasa Aa terlalu mengada-ngada dan menjebak para pemula".

Saya tersenyum melihat tulisan seperti itu, saya hanya menjawab begini "Kalau begitu anda tinggal ikuti apa yang ditulis master, lupakan tulisan saya, simple". Karena saya tidak ingin panjang berdebat.
 
Saya heran saja ada saja orang yang menerima pelajaran mentah-mentah tanpa dia pelajari dulu sebelum menyerang orang dan menvonis tulisan orang lain salah, padahal saya menuliskan semua yang ada diblog saya ini dengan apa yang saya lakukan (pengalaman) dan apa yang sudah saya dapatkan.

Saya tidak seenaknya menuliskan apapun, saya menulis dengan apa yang saya dapatkan. Saya tidak melarang untuk percaya kepada master, membaca tulisan dari siapapun seharusnya anda tidak memakan mentah-mentah tulisan tersebut, tetapi anda harus mencoba terlebih lagi anda mesti mempelajarinya sebelum anda menelan dan membuat vonis tulisan itu benar dan tulisan lain salah.

Soal tutorial, pasti setiap blogger mempunyai jalan masing-masing, mungkin jika saya memberikan sebuah analogi begini "Anda dari pulau jawa, dan tujuan anda adalah pulau sumatra, anda bisa menggunakan beberapa opsi, diantaranya menggunakan jalur laut atau jalur udara". 

Nah seperti itu juga sifatnya tutorial, setiap blogger yang melakukan experimen terlebih lagi menuliskannya diblognya pasti berbeda (jika bukan hasil copas), karena mereka termasuk saya membuat jalan sendiri, karena jalan yang dituliskan blogger terdahulu tidak berhasil. Begitu pak !

Jadi bukan berarti tulisan saya salah karena berbeda cara dengan tulisan dari blog panutan anda, karena jelas saya dan pemilik blog panutan anda beda orang, beda kepala, beda keberuntungan dan yang pasti beda hal yang dipelajari.

Dan kenapa jangan terlalu percaya kepada tulisan master ? Ingat mereka master, master berarti orang yang sudah expert atau ahli dibidangnya, jika hal yang sulit mereka buat mudah tidak berarti mudah juga untuk anda, mereka hanya menuliskan pengalaman.

Sebelum anda memakan mentah-mentah tulisan tersebut, ada baiknya anda melakukan study banding dengan blog master lain, karena anda pun pasti tau master juga manusia, manusia bisa saja salah, setuju ?

Saran saya jika anda serius belajar tentang blogger sebaiknya anda pelajari sendiri, atau yang sering disebut ngulik sendiri, dan jadikan blog master hanya sebagai gambaran bukan untuk mentah-mentah diikuti.

Terlebih dalam mempelajari google adsense, sejatinya google adsense tersebut adalah misteri, sebuah keberuntungan lebih tepatnya untuk bermain google adsense, master menyebutkan berbagai kriteria dan larangan untuk mendaptar google adsense, tetapi tidak sedikit orang yang justru sukses diterima adsense tanpa memperdulikan larangan dan kriteria dari master.

Mungkin itu saja yang bisa saya tuliskan kali ini, semoga semakin membuka pikiran anda, bahwa dalam belajar kita terkadang membutuhkan guru, tetapi dalam memahami ilmu dari sang guru ada sebuah praktek yang mesti dilakukan, bukan langsung percaya tanpa anda melakukan atau mencobanya sendiri, terima kasih.
Tags :

Related : Kenapa Jangan Terlalu Percaya Kepada Tulisan Master ?

0 Response to "Kenapa Jangan Terlalu Percaya Kepada Tulisan Master ?"

Post a Comment

PERHATIAN !!!

Terima Kasih Telah Berkunjung.
Saya sangat senang dengan pengunjung saya yang memberikan komentar setiap kali selesai membaca artikel saya, itu adalah cara untuk memberitahu saya bahwa dia telah membaca artikel saya, dan membuat saya dengan senang hati akan mengunjungi blog pengunjung tersebut (jika pengunjung mempunyai blog)

- Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan
- No Link Aktif
- Boleh Rekomendasi
- Suka ? Bagikan !