Garut Menjadi Kota Termahal Di Indonesia, Menurut Survey

Garut menjadi kota termahal di Indonesia dari hasil survey liburan lebaran kemarin, salah satu grup Facebook mengumumkan hasil tersebut dengan penuh nada yang sangat memberatkan, belum lagi komentar para wisatawan yang sangat memprotes harga wisata ke kota Garut yang cukup merogoh kocek.
Garut Kota Mahal
Tidak hanya menerapkan harga mahal ada wisatawan diluar Garut, bahkan wisatawan lokal asli garut juga menyesalkan hal demikian :
Yan Adietya Yudistira tong mah masyarakat luar garut simkuring ge calik d kaki gunung papandayan ayeuna mah mayar pmi bade lebet k papadayan teh mahal dih teu jiga ka pungkur hyong ameng k ppandayan teh kantun kersa na mapah ge ngabring sareng rerencangn gratis....duhhh karunya teuing anak incu hese rek menikmati papandayan teh.
Arti dari komentar Yan Adietya adalah : Bukan hanya wisatawan diluar garut, saya yang tinggal di kaki gunung papandayan masih diminta bayaran untuk masuk ke daerah saya sendiri, itu inti dari komentar tadi.
Abu Kansa Kireina An-nazwa Kuring urang cisurupan rek asup ka papandayan di penta 90rebu, padahal indit make motor ngabonceng istri jeung putra 1, asa mahal2 teuing.
Artinya : Saya orang Cisurupan (Daerah Garut dekat Papandayan) mau masuk ke papandayan dimintai 90ribu, padahal berangkat naik motor membonceng istri dan anak, mahal banget.

Memang, wisata ke Garut sangatlah mahal, untuk saat ini Pemerintah memang menerapkan harga untuk setiap wisata ke Garut, itu bertujuan untuk menambah pendapatan daerah, tetapi jika mahal begini bagaimana nasib wista Garut kedepannya.

Garut dijuluki kota termahal bukan hanya dari survey, tetapi para warga masyarakat Garut juga mengutarakan hal demikian, ada beberapa faktor yang membuat Garut menjadi kota termahal di Indonesia, diantaranya :
  • Mau bikin KTP, Akte dan KK harus bayar 100-500 ribu rupiah, ke oknum disdukcapil, padahal sesuai perundang-undangan gratis.
  • Mau proyek yang didanai APBD, mesti nyogok sana sini, ke eksekutif, ke legislatif, ke parpol. Jangan lupa sewa beking LSM dan preman. Tentunya keluar duit puluhan hingga ratusan juta.
  • Menjelang lebaran / musim mudik, ongkos akan naik 100-400%. Jangan heran kalau Garut kota-Pameungpeuk ongkosnya 200ribu.
  • Gas elpiji 3 Kg harganya bisa mencapai 45ribu di pelosok Garut. Itupun kalau ada. Nah, kalau langka?
  • Mau masuk objek wisata mahal amat, karena semua diprivatisasi. Penginapan paling mrah 500rb perkamar permalam, padahal di kota lain yang lebih bagus pelayanannya bisa 100ribu perkamar permalam. Belum lagi tukang parkir, dan preman lokal di setiap tikungan.
  • Mau wisata alam sekarang hanya untuk yang berduit. Papandayan yang milik hak publik, dieksploitasi swasta dibekingi preman, disokong pemerintah. Camping semalam bisa 150ribu, untuk lokal. apalagi untuk bule.
Menurut Akun Fans Page Facebook Indonesia ID Garut : Sejak setahun lalu, kami menjadi komunitas pariwisata terdepan yang menginformasikan, mensosialisasikan dan mempromosikan pariwisata Kota Garut tercinta ini, silakan scroll ke bawah. Namun, beberapa komplain terkait Garut selalu kami dapatkan, kebanyakan berkaitan dengan harga-harga yang cukup tinggi melebihi kota lain. Komplain ini datang dari masyarakat lokal, maupun wisatawan yang datang ke Garut. Pemerintah daerah terkesan diam dengan ini semua, termasuk pengelola pariwisata dan perhotelan-nya. Kritik yang disampaikan ke pemerintah daerah seolah dianggap angin lalu. Puncaknya, komersialisasi wisata alam Gunung Papandayan menjadi trending topik nasional, membuat kami semakin geram. Mudah-mudahan dengan postingan ini, didukung kekuatan media sosial, dapat menjadi bahan INTROSPEKSI bagi kita semua, dan mari kita TAUBAT MASSAL untuk kembali menghadirkan Garut yang laik huni dan bersahaja, bagi masyarakat lokal maupun wisatawan.
Perlu sedikit diperhatikan, bahwa Garut harus selalu menjadi pusat para wisatawan dalam Negeri ataupun Bule, jangan sampai okmun membuat Garut menjadi sepi para wisatawan karena harganya yang sangat mahal.
Tags :

Related : Garut Menjadi Kota Termahal Di Indonesia, Menurut Survey

2 Responses to "Garut Menjadi Kota Termahal Di Indonesia, Menurut Survey"

PERHATIAN !!!

Terima Kasih Telah Berkunjung.
Saya sangat senang dengan pengunjung saya yang memberikan komentar setiap kali selesai membaca artikel saya, itu adalah cara untuk memberitahu saya bahwa dia telah membaca artikel saya, dan membuat saya dengan senang hati akan mengunjungi blog pengunjung tersebut (jika pengunjung mempunyai blog)

- Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan
- No Link Aktif
- Boleh Rekomendasi
- Suka ? Bagikan !