Pokemon Go Akan Diblokir Di Indonesia, Karena Dianggap Sangat Berbahaya

Game populer Pokemon Go bisa saja diblokir pemerintah jika terbukti melanggar aturan dan membahayakan keamanan cyber. Apa benar game augmented reality ini berbahaya?

Setelah baru-baru ini keminfo berwacana ingin memblockir YouTube dan Google, sekarang giliran Game Pokemon Go yang masuk daftar blacklist dari keminfo, ada apa dengan pemerintahan ini ?

Tempo hari pengamat keamanan Cyber, Pratama Persadha, mengungkapkan bahwa game ini tidak akan diblokir di Indonesia, beliau mengungkapkan bahwa tidak ada alasan bahwa Pokemon Go harus diblokir, meskipun pihak pemerintah membuat wacana bahwa Pokemon Go harus berakhir dan dilenyapkan di Indonesia.
BACA JUGA : List Smartphone Support Pokemon GO, 100% Lancar Dalam Memainkannya
Tetapi pengamat Cyber menyatakan bahwa tidak ada alasan game ini harus diblokir karena tidak ada satupun UU ITE dan Peraturan mentri yang memberatkan Pokemon Go harus diblockir di Indonesia.
"Soal blokir memblokir ini sebenarnya ada payung hukum, Permen 19 tahun 2014. Namun aturan tersebut hanya mengatur tentang situs bermasalah dengan konten radikalisme, pornografi dan SARA. Jadi perlu dilihat juga mana yang dilanggar Pokemon Go di sini," Jelas Pratama Persadha. 
pokemon go diblokir
Hal itu jelas bahwa game pokemon ini tidak berhak diblokir di Indonesia meskipun banyak sekali warga Indonesia dan pemerintah yang kontra atas game ini, alasan game ini diblokir adalah berbahaya, berbahaya disini dikelompokan kedalam 2 bagian, yaitu :

1. Bahaya dari Segi Cara bermainnya.
Pemerintah menyatakan bahwa memainkan game ini berbahaya, karena kita ditugaskan untuk mencari pokemon lewat handphone kita, jelas kita akan terus fokus pada handphone tanpa memperdulikan kiri dan kanan kita atau disekeliling kita, padahal hal ini kembali pada penggunanya lagi.

Tidak semua pengguna hanya terfokus pada game ini, tingkat kehati-hatian setiap orang jelas berbeda, meskipun memang ketika kita fokus ke handphone tidak jarang kita melupakan sekeliling kita, tapi hal ini tidak serta merta hanya game pokemon penyebabnya, banyak sekali akun sosial media yang membuat kita terfokus selain game pokemon ini.

2. Bahaya dari Segi Keamanan Data
Di Indonesia memang game ini belum resmi rilis, alhasil kita harus mendownload Pokemon Go lewat aplikasi pihak ketiga bukan dari Playstore yang disediakan di smartphone android, hal ini jelas dari segi keamanan data bisa saja bocor, dan data kita bisa diserap sebanyak-banyaknya dari handphone kita.

Nah, inilah yang menyebabkan game pokemon diwaspadai oleh pengamat cyber, karena kebocoran data yang sangat tinggi, para pengguna pokemon go yang mendownload game ini dari selain playstore akan merasakan kerugian dari segi data, dan data dari mulai Password PIN dan yang lainnya akan mudah didapatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Solusi dari bahaya poin dua ini adalah anda sebainya menunggu Pokemon Go resmi rilis di Indonesia, jangan sampai anda menggunakan game pokemin ini dari downloadan yang menyebar luas di Internet, sejatinya Pokemon Go meminta hak akses tingkat tinggi pada para penggunanya, sebaiknya anda hati-hati.

Jika anda memang tidak sabar menggunakan game ini, sebaiknya anda gunakan email akun yang berbeda, jangan menggunakan email penting anda, karena keamanan cyber akan lebih terjaga.

Related : Pokemon Go Akan Diblokir Di Indonesia, Karena Dianggap Sangat Berbahaya

0 Response to "Pokemon Go Akan Diblokir Di Indonesia, Karena Dianggap Sangat Berbahaya"

Post a Comment

PERHATIAN !!!

Terima Kasih Telah Berkunjung.
Saya sangat senang dengan pengunjung saya yang memberikan komentar setiap kali selesai membaca artikel saya, itu adalah cara untuk memberitahu saya bahwa dia telah membaca artikel saya, dan membuat saya dengan senang hati akan mengunjungi blog pengunjung tersebut (jika pengunjung mempunyai blog)

- Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan
- No Link Aktif
- Boleh Rekomendasi
- Suka ? Bagikan !