Ikatan Hadroh Marawis Garut (IHMAGA) Wadah Para Musisi Islami Garut

Ikatan Hadroh Marawis Garut (IHMAGA) - Banyak sekali wadah komunitas musik yang bertebaran di Indonesia, di Garut juga terdapat banyak sekali komunitas musik yang ada, namun kita jarang sekali melihat komunitas musik Islami yang menjadi wadah bagi para musisi Islami.

Tanggal 29 November 2013 menjadi langkah awal bangkitnya syiar Islam melalui seni di Kabupaten Garut. Sebuah komunitas positif telah terbentuk. IHMAGA, Ikatan Hadroh Marawis Garut. Sebuah forum dakwah para penggiat seni hadroh dan marawis di Kabupaten Garut. Mencoba hadir memberikan kontribusi untuk Islam melalui seni.
Inilah dakwah. Dakwah tidak melulu hanya bi lisan wa af'al. Seni menjadi media dakwah yang cukup efektif untuk mengajak kepada kebenaran.

Bertempat di Komplek Yayasan As Sanusiyah Ponpes Al Muhajirin, Ciparay Jeruk Kec. Karangpawitan, para utusan grup marawis Garut berkumpul untuk membentuk kepengurusan. Kesempatan ini tak disia-siakan para peserta. Satu sama lain para penggiat seni spontanitas bercengkrama tanpa jeda, inilah komunitas, inilah silaturahim. 

Tujuan dari pembentukan IHMAGA ini adalah untuk mengkoordinir grup hadroh dan marawis yang ada di Kabupaten Garut. Karena selama ini, grup marawis yang ada di Garut belum terikat secara keorganisasian. Sayang bila dibiarkan. Padahal euforia terhadap seni Islami ini sangatlah bagus.

Adapun visinya adalah untuk Membangkitkan Syiar Islam dengan Syair.

Budaya Islam semakin dipengaruhi dengan budaya barat yang tak lagi bisa terbendung. Inilah peran IHMAGA, mencoba mengimbangi budaya barat semakin lama merusak generasi Qur'ani.

Tentang IHMAGA
IHMAGA atau Ikatan Hadroh Marawis Garut merupakan suatu komunitas penggiat seni Hadroh dan Marawis yang ada di Kabupaten Garut. Bertujuan untuk mengkoordinir seluruh grup Hadroh dan Marawis yang ada di Garut.

SK DISBUDPAR
  • Nomor: 431/192/Disbudpar/2013
VISI:
  • "MEMBANGKITKAN SYIAR ISLAM DENGAN SYAIR"
MISI:
  • Mengimbangi pengaruh Budaya Barat yang kontra dengan Budaya Islami.
  • Memasyaratkan Shalawat, Menyalawatkan Masyarakat.
  • Menjungjung tinggi eksistensi Islam
PROGRAM:
  • => Mengagendakan mengadakan EVENT tahunan
  • => Saling bertukar ilmu pukulan marawis
  • => Pendidikan dan Pelatihan Alat Hadroh & Marawis
  • => Pendidikan & Pelatihan Arak-arakan Pengantin
  • => Pendidikan & Pelatihan Tari Zapin
PROGRAM BULANAN:
Mengadakan Pengajian Keliling tiap Kecamatan

Ketua IHMAGA 

Kontak IHMAGA
Ihmaga juga meskipun komunitas grup musik islami, tidak ketinggalan soal tekhnologi, terbukti dengan website IHMAGA yang menjadi pusat informasi dan juga grup Facebook yang selalu up to date dalam menyampaikan informasi. Anda bisa mengunjungi website IHMAGA dengan masuk ke alamat (www.ihma.ga).

Jika anda atau pesantren dan daerah anda mempunyai grup marawis atau hadroh, bisa anda daftarkan grup anda ke grup facebook IHMAGA. Mungkin itu saja informasi tentang Ihmaga yang bisa saya bagikan, terima kasih.
Tags :

Related : Ikatan Hadroh Marawis Garut (IHMAGA) Wadah Para Musisi Islami Garut

3 Responses to "Ikatan Hadroh Marawis Garut (IHMAGA) Wadah Para Musisi Islami Garut"

PERHATIAN !!!

Terima Kasih Telah Berkunjung.
Saya sangat senang dengan pengunjung saya yang memberikan komentar setiap kali selesai membaca artikel saya, itu adalah cara untuk memberitahu saya bahwa dia telah membaca artikel saya, dan membuat saya dengan senang hati akan mengunjungi blog pengunjung tersebut (jika pengunjung mempunyai blog)

- Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan
- No Link Aktif
- Boleh Rekomendasi
- Suka ? Bagikan !