Kenapa Blogger Harus dan Wajib Menghargai Hak Cipta

Sebuah karya adalah harta bagi para penciptanya, maupun itu dari segi karya jadi alias karya seni, maupu  karya tulis yang dituangkan menjadi berbagai sumber pelajaran yang sangat bermanfaat, dan semua hasil karya tersebut wajib mencantumkan hak cipta, sebagai ciri keras perjuangan menghasilkan karya tersebut.
Untuk menciptakan sebuah karya yang baik, salah satu hal yang harus dipertimbangkan dan senantiasa kita hargai adalah hak cipta. Hak cipta adalah sebuah tanda atau identitas kepemilikan dari sebuah karya, baik identitas tersurat maupun tersirat (Mahfudin Indra Wijaya, 2015). 
Dengan terciptanya sebuah karya otomatis hak cipta pun ikut dibuat sebagai alat untuk melindungi karyanya tersebut, dan kita sebagai penikmat karya tersebut wajib dan harus menjaga dan menghargai hak cipta itu sendiri, sebagai tanda kita menghargai sebuah karya milik orang lain.
Begitupun dengan blogger yang harus selalu menjaga dan menghargai hak cipta karya orang lain dengan cara tidak mengcopy paste karya orang lain tanpa sepengetahuan orang yang membuat karya tersebut.

Adapun jika kita memang ingin menggunakan karya tersebut sebagai salah satu postingan kita, kita wajib meminta izin kepada pemilik karya tersebut dan membubuhkan link sumber pada blog kita, itu adalah cara sederhana menghargai hak cipta dan karya orang lain.

Kenapa blogger harus menghargai hak cipta ? Karena kita tau membuat satu karya tulis itu sangatlah tidak mudah, perlu kerja keras dan pemikiran yang tidak sedikit, selain menghargai hak cipta yang ditulis oleh blogger lain, kita pun patut memperhatikan hak cipta yang lainnya.

Tentu saja disini kita harus memperhatikan hak cipta yang menyangkut dengan pendukung tulisan kita, contohnya gambar, video dan lain sebagainya.

Hak cipta disini tidak hanya menyangkut merk dagang mereka, gambar atau photo artis sekalipun jika photografernya menggunakan hak cipta sebagai tanda bahwa photo tersebut adalah karyanya, maka kita tidak boleh menggunakannya tanpa izin, dan ada pelanggaran jika kita bersikukuh ingin menggunakannya pada postingan blog kita.

Selain dalam segi menghargai, blogger menghargai hak cipta itu sangatlah penting, karena jika kita melanggar hak cipta, maka ada beberapa sanksi yang sangat merugikan bagi kita, parahnya blog kita akan dinonaktifkan oleh google jika kita ketahuan melanggar hak cipta atau si pemilik karya melaporkan kita sebagai pelanggar hak cipta.

Mungkin itu saja yang bisa saya tulisan kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi perhatian khusus bagi kita sebagai blogger.
Tags :

Related : Kenapa Blogger Harus dan Wajib Menghargai Hak Cipta

1 Response to "Kenapa Blogger Harus dan Wajib Menghargai Hak Cipta"

  1. mantap bang ane juga gak suka kalau langsung copas mentah. setuju

    ReplyDelete

PERHATIAN !!!

Terima Kasih Telah Berkunjung.
Saya sangat senang dengan pengunjung saya yang memberikan komentar setiap kali selesai membaca artikel saya, itu adalah cara untuk memberitahu saya bahwa dia telah membaca artikel saya, dan membuat saya dengan senang hati akan mengunjungi blog pengunjung tersebut (jika pengunjung mempunyai blog)

- Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan
- No Link Aktif
- Boleh Rekomendasi
- Suka ? Bagikan !