Langkah-langkah Cara Buat Vlog Keren dan Siap Terkenal

Di jaman modern ini, teknologi berkembang semakin cepat. Apalagi dalam bidang komunikasi, kini internet telah menjadi fasilitas nomor satu yang digunakan untuk berkomunikasi. Tak hanya untuk berkomunikasi, saat ini banyak orang yang menggunakan fasilitas internet untuk mendapatkan uang. Ada banyak cara yang dapat dilakukan dalam mendapatkan uang dengan menggunakan internet. Salah satunya adalah dengan Buat vlog. Sudah tahukah apa itu vlog? Vlog adalah video blog, yang mana ini dikembangkan dari blog, yang berarti dokumentasi jurnalistik berupa gambar bergerak dan audio yang berisi tentang kehidupan, pikiran, opini, dan ketertarikan.
Vlog diunggah oleh vlogger di situs video sharing, misalnya YouTube. YouTube saat ini menjadi situs yang paling diminati untuk urusan vlog. Banyak orang yang kini menjadi vlogger untuk sekedar profesi sampingan atau memang dijadikan sebagai profesi utama. Namun, untuk menjadi vlogger professional, tentunya tidak asal-asalan dalam Buat vlog. Vlog harus dibuat semenarik mungkin agar mendapatkan banyak viewers dan disukai banyak orang. Untuk Buat vlog yang menarik, tenth saja ada langkah-langkahnya. Nah, berikut ini mari kita simak langkah-langkah cara Buat vlog:

1. Apa tujuan kamu Buat vlog?
Sebelum melangkah ke pembuatan vl, pertanyaan ini harus kamu jawab. Apa tujuan kamu Buat vlog? Apakah hanya untuk bersenang-senang atau memang ingin menjadi vlogger professional? Sudah saatnya kamu harus mengatur jadwal antara kegiatan vlog dan kegiatanmu yang lain. Jadi nantinya kamu bisa fokus dalam Buat vlog.

2. Menentukan bahasan vlog
Sebelum Buat vlog pastinya kamu harus menentukan bahasan apa dalam vlog kamu nanti. Pilihlah kategori yang kamu sukai dan sekiranya kamu mampu, agar nanti kamu bisa secara rutin terus berkarya dalam Buat vlog. Ini karena jika kamu memilih kategori yang di luar kemampuanmu kemungkinan lama-lama kamu akan bosan dan kesulitan dalam Buat vlog.

3. Buat nama channel vlog yang bagus
Buatlah nama channel vlog yang mewakili ide-ide dan kategori vlogging yang kamu pilih di situs YouTube. Nama channel vlog juga akan mempengaruhi ketertarikan viewers untuk melihat vlog kamu. Nama channel vlog harus benar-benar kamu pikirkan agar di masa mendatang kamu tidak menyesal telah Buat nama channel itu. Hubungkan channel YouTubemu itu dengan Google AdSense (Ads) karena itulah jalan kamu akan mendapatkan uang.

4. Memilih kamera yang bagus
Untuk menghasilkan vlog dengan kualitas yang bagus, pastinya vlogging dengan menggunakan kamera yang bagus. Sebaiknya pilihlah kamera dengan kualitas HD, karena YouTube sudah bisa menampilkan video dengan kualitas HD bahkan 4K. Jadi kamera HD adalah syarat minimum. Dengan menampilkan video dengan kualiatas HD, maka penonton yang jaringannya lambat bisa dengan mudah menonton video dengan kualitas rendah. Sebaliknya penonton yang jaringannya lancar bisa menonton video dengan kualitas HD. Jangan khawatir, jaman sekarang ini kamu bisa mendapatkan kamera dengan kualitas HD seharga 1-3 juta. Sekarang ini banyak kamera saku atau bahkan handphone yang sudah mempunyai kualitas HD.

5. Berlatih vlogging
Langkah selanjutnya yang kamu lakukan adalah berlatih vlogging, yaitu berlatih berbicara di depan lensa kamera dan menyampaikan bahasan di setiap kegiatan yang kamu jadikan vlog. Pilihan kata, gaya bicara, dan intonasi bicara harus diperhatikan agar penonton mengerti apa maksud dari yang kamu sampaikan. Yang terpenting adalah buatlah penonton terhibur, tidak merasa bosan, dan mengerti apa yang kamu sampaikan.

6. Mempelajari teknik pengambilan gambar
Cobalah untuk mengambil gambar dengan menggunakan kamera dari berbagai posisi sampai kamu menemukan posisi yang pas untuk mendapatkan gambar yang bagus. Jangan lupa untuk mengecek settingan ISO jika gambar kurang terang, atau apakah suara kurang keras. Dengan terus mempelajari kamu semakin lama akan semakin mahir.

7. Perhatikan audio
Jangan lupa untuk memperhatikan audio juga, apalagi saat kamu vlogging di luar ruangan atau di tempat yang ramai. Karena jika audionya tidak bagus, penonton tidak mendengar apa yang kamu bicarakan sehingga mereka akan bosan menonton videomu. Mungkin kamu pernah melihat vlogger yang sedang vlogging di luar ruangan, mereka selalu memegang handphone dan memakai headset, itu adalah alat perekam yang mereka gunakan di luar ruangan agar suara terdengar lebih jelas. Kamu juga bisa menggunakan audio record eksternal agar suara benar-benar bersih dan jelas.

8. Perhatikan pencahayaan
Pencahayaan juga harus kamu perhatikan. Video dengan pencahayaan yang tidak bagus atau terlihat gelap pastinya akan Buat penonton merasa tidak nyaman dan bosan. Jika kamu berada di dalam ruangan dengan cahaya yang minim, kamu bisa menyalakan semua lampu atau bisa juga menggunakan bantuan perangkat pencahayaan.

9. Proses editing video
Setelah kamu merekam semua kegiatan untuk vlogmu, langkah selanjutnya yang kamu lakukan adalah mengedit video. Dalam hal editing video, kemungkinan ada beberapa hal yang kamu lakukan, misalnya crop video, transisi video, memberikan efek-efek tertentu, memberi gambar-gambar supaya terlihat menarik, dan lain-lain. Saat kamu pertama kali akan mengedit video, mungkin kamu binging software apa yang akan kamu gunakan dan bagaimana cara menggunakan software itu. Ada beberapa software editing video yang bisa kamu gunakan, yaitu Adobe Premiere, Sony Vegas, dan Final Cut Pro. Kamu tidak perlu bingung bagimana cara menggunakan ketiga software tersebut. Ketiganya sama, hanya penempatan tool-tool editingnya saja yang berbeda. Jika kamu masih bingung kamu bisa melihat tutorial editing video. Kamu bisa mencarinya di YouTube. Selanjutnya, cobalah melihat beberapa vlog orang lain, sehingga kamu akan tahu apa saja yang harus diperbaiki dari vlogmu itu. Untuk bagian audio, kamu perlu menambahkan backsound agar vlogmu tidak terlihat garing dan penonton tidak merasa bosan hanya disuguhi ocehanmu. Gunakan audio yang free copyright atau tidak berhak cipta, jadi kamu bisa bebas menggunakan audio tersebut tanpa harus takut nantinya ada peringatan. Cobalah untuk selalu bereksperimen dalam mengedit video sehingga nanti lama-kelamaan kamu akan semakin mahir.

10. Unggah videomu ke channel YouTube
Setelah kamu selesai mengedit video dan menurutmu sudah bagus, unggah videomu ke channel YouTube yang sudah kamu buat. Dan langkah selanjutnya, kamu bisa promosikan vlogmu itu dengan cara share vlogmu itu di sosial media seperti Facebook, Twitter, Path, Instagram, dan lain-lain sehingga nanti akan ada viewers yang menonton vlogmu.

Demikian beberapa langkah cara Buat vlog. Teruslah berlatih dan berkarya agar hasilnya semakin baik. Semoga bermanfaat.
Tags :

Related : Langkah-langkah Cara Buat Vlog Keren dan Siap Terkenal

0 Response to "Langkah-langkah Cara Buat Vlog Keren dan Siap Terkenal"

Post a Comment

PERHATIAN !!!

Terima Kasih Telah Berkunjung.
Saya sangat senang dengan pengunjung saya yang memberikan komentar setiap kali selesai membaca artikel saya, itu adalah cara untuk memberitahu saya bahwa dia telah membaca artikel saya, dan membuat saya dengan senang hati akan mengunjungi blog pengunjung tersebut (jika pengunjung mempunyai blog)

- Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan
- No Link Aktif
- Boleh Rekomendasi
- Suka ? Bagikan !